Critical Thinking

Happy Easter Everyone...

April 03, 2010



Minggu ini buat temen2 kristiani, adalah minggu suci menyambut paskah. Hari raya yg merayakan kebangkitan dari Yesus Kristus. Ritual2 pun mereka laksanakan mulai dari Rabu abu, Kamis Putih, Jumat Agung, hingga bertemu dengan sabtu paskah.

Dihari yg dianggap suci buat teman2 kristiani, gw sempet mendengar tentang kisah teman gw di tempat asalnya, yg nun jauh disana. Temen gw itu cerita susahnya mereka untuk beribadah di kampung mereka sendiri.

Proses untuk membangun gereja saja, sudah sampai lima belas tahun, dan belum ada titik terangnya sama sekali. Tiga kali ganti bupati pun, masih dengan janji-janji saja, pondasi yang di pasang pun hanya tinggal pondasi. Setiap mau di bangun, selalu di hancurkan. Kenapa? Ada yg salah dengan teman2 yg memiliki keyakinan berbeda?

Ibadah mereka pun hanya di lakukan di gudang, untung saja gudang itu muat untuk mereka beribadah. Dengan seadanya pun akhirnya mereka beribadah.

Di saat ini, dengan berbagai macam keragaman yang kita miliki, kenapa harus dikotori dengan salah satu keyakinan yg menganggap mereka lah yg paling hebat. Tidak ada agama dan keyakinan yg mengajarkan untuk berbuat jahat, wahai saudaraku.

Mereka yg memiliki kepercayaan yg berbeda, bebas untuk beribadah. Bukankah di dalam Undang Undang Dasar Negara 1945 pun sudah di tuliskan? Bahwa semua berhak untuk memilih keyakinan mereka. Negara kita adalah negara berkeTuhanan, Tuhan yg diyakini pun berbeda-beda. Kenapa harus menganggap kepercayaan dan agama lainnya lebih rendah daripada agama yg sudah kalian yakini.

Wahai saudaraku, kita walaupun berbeda keyakinan, namun tinggal di tanah air Indonesia. Negeri yang, katanya, cinta damai, dan demokratis. Jangan nodai semua itu hanya dengan nafsu belaka akan kepercayaan yg dimiliki. Biarkan lah teman2 kita yg memiliki kepercayaan ini melakukan ibadah mereka, dan memiliki tempat ibadah.

Setau gw pun keyakinan mereka tidak salah, apapun ajaran yg diberikan tidak terkait dengan permusuhan. Jika kalian mendengar doa2 mereka, mereka pun mendoakan kita, mendoakan pemimpin bangsa kita, mendoakan Negara tercinta kita ini.

Wahai saudaraku, janganlah kalian menanamkan benih kebencian kepada mereka yg berbeda, karena dengan perbedaan itulah semua akan menjadi lebih indah. Tidak perlu menganggap siapa yg paling benar, keyakinan mana yg paling benar Tuhan siapa yg paling berkuasa.

Hiduplah dengan damai, hormatilah keyakinan orang lain yg berbeda, karena itu semua adalah hak dari semua individu. Keyakinan yg mereka miliki adalah keyakinan yg mereka yakini dari dalam hati, dan janganlah dipersalahkan.

Teman2 ku yg merayakan paskah, diberkatilah kalian semua, dan damai selalu berada dikalian. Selamat Hari Raya Paskah^^

sharing is caring

You Might Also Like

0 comments

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.