life

Pegang Australia Temporary Partner Visa, Bisa Apa Aja?

November 15, 2019


source
Bisa macem-macem sebenernya. Dan Temporary Visa gw ini basis nya adalah partner, jadi ada beberapa kondisi yang berbeda dengan temporary visa basis lainnya.

Kebetulan visa gw (sub class 820) ini sudah bisa ngapa-ngapain.




Boleh Kerja

Buat yang udah bosen nggak kerja, dengan ter-granted-nya visa ini, udah bisa mulai-mulai cari kerja. Tapi, selalu cek lagi "kondisi izin visa" kalian. Kebetulan visa gw dapat "kondisi izin visa" yang memperbolehkan gw kerja tanpa batasan waktu (unlimited work entitlements). Artinya izin kerja gw udah sama seperti Permanent Resident (PR) atau Citizen sini.

source
Saran gw sih, karena cari kerja di Aussie itu nggak sama seperti di Indonesia, banyak banget temen-temen Indonesia banting stir begitu dapet izin kerja di sini (dengan visa yang sama seperti gw). Ada yang bilang, kerja apa aja di Aussie, karena tenaga kita bener-bener di hargai.

Sistem pembayaran gaji di Aussie itu dihitung per jam, dan juga kita bisa milih jenis jadwal kerja yang dimau. Di Australia, para pekerja bisa memilih jenis pekerjaan dengan jadwal full time, part time, atau  casual

source
Full time di sini ya sama lah seperti kerjaan-kerjaan pada umumnya, Senin sampai Jumat (kadang Sabtu), dan bekerja dari jam 9 (ada yang jam 8 juga) sampai jam 5 (jam 4 kalau mulai dari jam 8 pagi). 

Tapi pengalaman gw sih, susah banget buat "orang baru" seperti gw dapat pekerjaan full time.

Alternatifnya adalah cari part time. Part time di sini itu nggak cuma kerja setengah hari aja, tapi bisa juga milih kerja beberapa hari aja. Bisa milih kerja tiap hari (Senin - Jumat) dengan jam kerja cuma 4 jam, atau kerja 8 jam per hari, tapi cuma 3 atau 4 hari. Pilihan ini biasanya banyak dipilih sama ibu-ibu yang baru punya anak, atau sudah punya anak tapi masih pengen punya me time dengan si anak.

Ada juga casual, yang mirip-mirip sama part time. Kalau part time biasanya fix, setiap minggu dapet hari kerja, dan biasanya dapet hak yang sama dengan full time worker. Biasanya sih jaminan (asuransi) kesehatan. Casual walaupun nggak ada, tapi tetep loh, keselamatan kerja jadi hal yang paling utama di sini.

Jadi, tergantung sama peruntungan, dan juga kemauan sih. Kalau mau kerja, harus siap dengan kondisi "siap kerja apa aja". Kerja apa aja di sini juga bukan berarti di bayar apa aja. Hehehe. Mereka yang bekerja mengandalkan tenaga, seperti cook, age care, child care dibayar lumayan besar loh.

Boleh Sekolah

Buat yang memilih untuk melanjutkan sekolah, atau memilih ingin tetap bekerja di posisi sebelumnya, tapi butuh "ijazah Australia", status temporary visa 820 juga udah bolehin kerja (unlimited study entitlements). 

source

Di Aussie banyak banget kursus yang mempersiapkan kita masuk dunia kerja. Mereka menyebutnya TAFE. Selain itu, juga bisa ikutan kursus-kursus singkat, mulai dari kursus barista, sampai kursus singkat business administration.

Masalah harga, masih ikutan harga internasional (karena status visa yang masih temporary).

Tapi ada juga kok kursus yang bisa diikutin gratis. Kebanyakan sih kursus Bahasa Inggris.

source

Pemerintah Australia sendiri punya program kursus Bahasa Inggris gratis buat pendatang baru Australia, namanya AMEP.

AMEP ini mempersiapkan mereka yang ingin studi lanjut ataupun mereka yang ingin mempersiapkan diri di dunia kerja Aussie. 

************

So, tinggal pilih aja, mau yang kerja atau mau sekolah.

Karena gw mau mempersiapkan diri studi lanjut sekaligus mau cari kerjaan yang lebih permanen, gw sih tetep ambil AMEP ini. Selain gratis, kursus ini membantu banget untuk paham nilai-nilai hidup di Australia itu seperti apa.

Asal mau open minded dan juga nggak membandingkan hidup di Australia dengan di negara lainnya.





sharing is caring

You Might Also Like

1 comments

  1. Kereeennn
    Kunjungi balik blog https://www.lemari-literasiku.blogspot.com

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.