Journey

Ngurus Perpanjangan Passport Secara Online

February 26, 2016

Dikarenakan passport gw sudah uzur alias nggak kepake lagi + ada rencana pergi ngunjungin si Abang Bule, akhirnya gw harus dan kudu memperpanjang passport gw.


Awalnya gw agak bingung, gimana caranya gw mau perpanjang passport, lah gw dimana, KTP gw dimana.
Setelah browsing sana sini akhirnya gw tau sekarang itu ngurus passport bisa online, dan bisa dimana aja. Maksudnya dimana aja itu KTP asal mana, tapi sekarang kerja dimana (seperti gw lah). Caranya...
Buka aja website Ditjen Imigrasi Republik Indonesia, terus pilih deh layanan passport online, yang ada di halaman depan website ini...



Setelah masuk, pilih yang paling gede, yang ada gambar orangnya en tulisan "pra permohonan personal". Abis itu kita ditunjukan halaman berikutnya, yang mana kita diminta buat ngisi data-data jenis passport apa yang mau kita buat, apakah passport baru, memperpanjang passport, dll...
Karena gw milihnya memperpanjang passport, gw harus isi nomor passport lama gw, setelah gw isi jumlah halaman passport yang gw mau. Sebenarnya sih, cuma ada satu pilihan 48 halaman.

Abis ngisi semuanya, terus klik "lanjut", dan kita diminta untuk ngisi semua data diri kita. Isi aja yang penting (yang dikasih tanda bintang merah). Gampang kan.
Nah, dari situ udah deh, kita tinggal milih kapan kita mau wawancara, terus tinggal bayar deh. Untuk bayarnya, mereka baru menyediakan di BNI, dan walaupun bisa pake ATM, tapi kartunya itu harus kartu dari BNI, kalau bukan dari BNI nggak akan ada pilihan untuk membayar. Jangan lupa, habis bayar, boleh di ATM atau teller nya, kertas bukti bayarnya dibawa ke kantor imigrasi pas tanggal yang udah kamu tentuin sendiri. Karena gw kerjanya di wilayah Samarinda, jadi gw milihnya di kantor imigrasi Samarinda, boleh kok, walopun KTPnya bukan Samarinda.


Ini nih enaknya kalau kita mau memperpanjang atau bikin passport yang daftarnya secara online. Tinggal dating ke kantor imigrasi, bawa foto kopi KK, KTP, karena gw mau memperpanjang passport, passport lama gw juga harus di bawa, terus tips aja sih, bawa materai, karena kita akan disuruh ngisi surat pernyataan gitu, yang intinya kita mau buat passport dan semua data yang sudah diberikan (kalau melalui online, ya data yang kita isi di form itu; kalau enggak, keliatannya kita harus isi lagi form yang dikasih sama mereka). Nah, semua dokumen yang kita bawa, tinggal dikasih deh ke teller nya, abis itu di cap sama mereka, tentu saja dengan basa basi seperti "mau kemana mbak?", "pergi sendiri aja?", dan lain sebagainya. Jawab singkat aja "Aussie", "iya sendiri", terus kalo mereka berusaha ngajak ngobrol, udah senyumin aja... kesian yang ngantri di belakang kita.


Nah, kalau berkas-berkas udah di cap, gw dikasih nomor antrian buat foto. Tinggal nunggu dipanggil deh nomornya. Enaknya lagi, ternyata layanan untuk pendaftar online di kantor imigrasi Samarinda ini memang ada jalurnya sendiri, nomor antrian kita dibedain juga, dan lebih cepet. Cuma ada 2 nomor sebelum gw, setelah itu gw. Dan semua serba cepet dan gampang, setelah berkas-berkas lo diperiksa (lagi) foto deh. Karena gw memperpanjang, jadi si karyawannya punya data passport lama gw, terus dicocokin lagi, nggak lama kok, bentar doang. Abis poto, selesai deh, dan lo bisa ambil passport lo 3-4 hari setelahnya.


Nah hari ke empat, gw balik lagi ke kantor imigrasi Samarinda, eh passport gw dah jadi dooooong... bahagiak!!
Habis itu, ternyata gw boleh dong minta passport gw yang lama kembali, tapi dengan syarat, halaman depan di passport lama gw harus dipotong... Mungkin biar gw nggak pake lagi kalik ya, gw nggak nanya sih kenapa... hehehe, terlalu bahagia karena passport gw jadi. Tinggal ngurus VISA nya lagi deh nanti, yang penting satu langkah sudah selesai :)


Oiya, passport baru ini ternyata halamannya beda dengan passport lama gw, well... karena passport lama gw dibuat di 2009, dan gw buat passport baru di 2016. Vakum nya terlalu lama, jadi nggak tau kalo passport sekarang beda. Garuda Indonesianya di tengah dan besar, warnanya juga Tosca gitu. Halamannya ada macam-macam heritage Indonesia, menurut gw sih bagus ehehehe...





sharing is caring

You Might Also Like

0 comments

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.