food

Hello Straya: Makanan Yang Dicoba di Australia

August 26, 2017

CLICK HERE FOR ENGLISH VERSION


Kebiasaan orang Indonesia adalah meminta oleh-oleh ke temen-temennya yang lagi berkunjung ke luar negeri. Kebiasaan ini yang juga nggak bisa gw hindari, "sudah tradisi" kata mereka. Biasanya beberapa temen gw seneng-seneng aja dikasih oleh-oleh apapun itu. Ada juga yang minta oleh-oleh khusus. Salah satunya makanan. Selama gw bolak-balik Indonesia - Melbourne ini, pastilah temen-temen "nitip oleh-oleh" ke gw. Nggak cuma temen-temen sih, Orang tua gw juga. Satu permintaan yang menurut gw susah banget gw kasih ke mereka adalah memberikan makanan sebagai oleh-oleh dari Melbourne ke mereka. Kenapa? Sepanjang gw kenalan sama makanan Australia, cuma ada beberapa jenis makanan yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Di post ini gw mau kasih tau beberapa makanan yang baru gw rasain saat gw di Melbourne. Mungkin beberapa dari makanan ini bukan makanan khas Australia, mengingat Australia adalah Negara dengan latar belakang masyarakat yang berbeda. 

Australian Lolly (Permen Australia)

Lolly adalah sebutan mereka untuk permen, yang di telinga kita terbiasa dengan candy. Nah, makanan ringan ini yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Ada banyak jenis permen yang menjadi ciri khas disini. Tenang aja, permen khas Australia ini nggak pernah kita temuin di Indonesia kok. Menurut gw, ini bisa jadi salah satu makanan oleh-oleh khas Australia. Salah satunya adalah permen kenyal yang kalau dilihat dari bentuknya, permen khas Australia ini sebenernya nggak jauh beda dari permen merk "Yupi" di Indonesia, kenyal dan berbagai macam bentuk. Terus yang bikin beda apa dong? Yang bikin beda adalah; bentuknya yang nggak sama dengan permen di Indonesia; dan juga rasanya yang jauh sekali dari permen di Indonesia. Kalau di Indonesia, permen semacam ini didominasi dengan rasa manis ditambah perasa macam-macam, sesuai dengan bentuknya, kalau Australian Lolly ini punya rasa dan bentuk yang unik banget.
chico
Sebut saja Chicos,salah satu jenis permen yang banyak sekali penggemarnya. Bentuknya seperti orang. Kalau dilihat permen kenyal ini punya rasa coklat manis kan, tapi, chicos ini rasanya coklat banget, kita seperti makan coklat, tapi kenyal. Lalu ada candy banana, bentuk dan warnanya seperti pisang. Rasa dari candy banana ini berbeda dengan permen kenyal lainnya, rasanya jangan dibayangkan rasa pisang ya, rasanya manisss banget (ini kesukaan gw), teksturnyapun berbeda, walaupun kenyal, tapi bisa lumer di mulut. Lalu ada berbagai macam jenis lainnya seperti, killer pythons yang paaaaaanjang dan warna warni, milk bottle yang bentuknya seperti botol susu, racing car, red frogs, snakes alive, tapi ada juga yang bentuknya setengah lingkaran dan rasa buah-buahan. 
candy banana
Selain menjual per bentuk per kemasan, mereka juga jual kok kemasan yang isinya campur. Hampir semua jenis ada di kemasan ini, mereka menyebutnya party mix. Permen ini bisa ditemui disemua supermarket. Selain menjual produk dari brand terkenal (seperti Allen's, produk Nestle di Australia khusus untuk permen ini), masing-masing supermarket juga menjual versi mereka masing-masing. 
party mix
killer phyton
Satu lagi permen di Australia, yang sebenarnya bukan asli Australia, tapi banyak banget penggemarnya (termasuk Mas Bojo, dan anak-anaknya). Namanya LIQUORICE. Selama gw tau, permen ini ada dua warna merah dan hitam. Ada yang bentuknya panjang, ada juga yang pendek,ada yang twist ada juga yang biasa aja. Menurut Mas bojo rasanya enak, tapi pas gw rasain.... Enggak ada rasa manisnya sama sekali loh. Liquorice ini juga bisa ditemukan di kemasan party mix
red liquorice
black liquorice

TimTam

source: http://aws143-uat-web2.aws-143.aws.melbourneit.com.au/products/tim-tam/

Siapaaaa coba yang nggak kenal TimTam. Ternyata biskuit coklat lezat ini asalnya dari Australia. Untuk rasa sudah bisa dibayangkan lah enaknya seperti apa. Tapi, yang bikin beda TimTam yang dijual di Indonesia sama TimTam yang dijual di Australia itu adalah jenis variannya. Kalau di Indonesia, kita bisa temuin TimTam klasik seperti rasa original, dark chocolate, white chocolate, double coat, ataupun chewy caramel. Nah, di Australia, mereka juga jual varian rasa yang lain seperti Messina Salted Caramel & Vanilla, Messina Black Forest, Messina Choc Mint, dan Messina Coconut & Lychee. Ini juga bisa dijadiin salah satu oleh-oleh loh, dijual dengan range harga AUD 4-6 di supermarket-supermarket besar seperti K-Mart, Coles, Woolworhs, dll.

Vegemite

Selai yang super duper terkenal ini, memang sudah jadi ciri khas Australia ya. Kata Mas Bojo, semua orang yang lahir dan besar di Australia pasti suka sama selai ini. Gw suka, temen gw di Amerika yang dulu pernah tinggal di Australia pernah bilang ke gw kalau dia kangen banget samaVegemite. Padahal, selai yang aslinya  dari Inggris ini (nggak heran sih), rasanya nggak seperti selai-selai yang ada di Indonesia.

Rasanya nggak ada manis-manisnya sama sekali. Warnanyapun nggak menarik sama sekali, hitam pekat. Tapi, vegemite ini sudah jadi makanan nasional di sini. Eh, orang Australia bangga loh punya vegemite. Rasanya itu campuran dari rasa asin, getir, dan mengigit. Disarankan untuk nggak mengoleskannya banyak-banyak di roti.

Terbuat dari sisa-sisa ekstrak ragi untuk membuat minuman anggur, vegemite ini sehat loh, karena kaya akan vitamin B.Walaupun rasanya asin, vegemite ini cuma terdiri dari 3.45% sodium, dan juga nggak ditambahkan gula, lemak, ataupun animal content. Dan halal, karena sudah disertifikasi halal pada tahun 2010. Vegemite ini dijual dimana mana, jadi gampang banget nyarinya. Selain itu, kemasan vegemite ini ada berbagai macam, mulai dari travel tube sampai ukuran 2.5kg. 

Aussie Pie

Berbeda dengan pie yang kita lihat di film Amerika, Aussie Pie ini berbentuk lebih kecil, dan lebih gemuk. Aussie Pie nggak berisi apel ataupun berry, melainkan daging. Daging sapi, daging babi, daging ayam, daging kangguru. Semuanya ada. Karena bentuknya yang lebih kecil dari pie yang biasa kita lihat di film-film Amerika, Aussie Pie ini sangat gampang dibawa-bawa, ataupun disajikan di acara-acara. 
Aussie Pie normal size

Nggak usah susah-susah buat, karena dijual dimana-mana. Mulai dari supermarket sampai bakery shop. Pie ini menurut gw jadi salah satu makanan wajib di toko roti di sini. Gampang banget nyarinya. Walaupun bentuknya mini, ternyata ada bentuk yang lebih mini lagi, party pie namanya. Isinya sudah pasti daging. 
Aussie Pie mini size
Rasanya enak banget. Cocok banget buat temen makan siang, dicampur dengan saus tomat, atau saus barbecue. Walaupun bisa dimakan dengan berbagai macam cara,tapi cara paling aman adalah dengan membuka crust paling atas, dan kuah dagingnya disendok pake crust nya. Kenapa? Biasanya pie ini disajikan panas, walaupun crust nya nggak begitu panas,beda banget sama kuah dagingnya, jadi buka bagian atasnya juga membantu biar kuah dagingnya cepat dingin. Selain itu, karena kuah dagingnya nggak begitu kental, ini juga meminimalisir biar makannya nggak bleber

Sama seperti makanan yang umum ditemukan di Australia, Aussie Pie ini bisa ditemukan di supermarket juga. Nyarinya di bagian makanan beku ya, pasti nemu.

Aussie Burger

Apa yang bedain burger yang biasa kita makan di restoran fast food Indonesia sama Aussie Burger? Isinya. Kalau kalian berpikir isi burger itu daging, keju, selada doang, Aussie Burger punya isian yang lebih unik. Nggak seperti kebanyakan burger, Aussie burger ini juga diisi sama buah bit, telur mata sapi, dan buah nanas. Dagingnya pun bukan sembarangan, melainkan daging terbaik dari peternakan sapi Australia. Aussie Burger ini bener-bener kerasa Aussie nya. 
Grill'd version of Aussie Burger

Carinya gampang banget, restoran fast food di Australia banyak kok jual ini. Sebut saja Mc.Donald & Hungry Jack. Kalau mau burger di restaurant lainnya, coba deh dateng ke Grill'd, mereka menyediakan berbagai macam burger, tinggal pilih. Dimana tempatnya? Paling gampang cari aja di Collin St. Melbourne.

Lamington

Dasarnya ini adalah sponge cake. Yang bikin beda, di tengahnya dikasih vanilla cream lalu dicelupkan ke coklat, dan ditaburi sama parutan kelapa. Lembut, manis, dan nagih. Salah satu makanan kesukaan gw. Lamington ini juga selalu ada disetiap acara-acara loh. Selain karena rasanya yang enak, lamington ini juga gampang banget ditemuin. Setiap supermarket pasti ada. 

Saran gw sih mending nggak usah dijadiin oleh-oleh, karena karakter sponge cake yang lembut, kalau dijadiin oleh-oleh takutnya kepenyet, akhirnya jadi hancur nggak berbentuk. Tapi kalau mau coba dibawa buat oleh-oleh, jangan lupa liat tanggal kadaluarsanya ya. 

Fairy Bread

Ini makanan khas Australia yang gampang banget buatnya. Tinggal ambil roti tawar, olesin pakai mentega, terus taburin deh sama sprinkle. Semakin banyak sprinkle nya, semakin bagus. Habis itu potong jadi segitiga. Jadi deh. Katanya sih, fairy bread ini makanan kesukaan anak-anak, mungkin karena ada sprinkle nya yang warna warni itu kali ya.


Fairy Bread Ice Cream
Sprinkle yang dimaksud bukan meises ya, walaupun bentuknya warna warni. Bentuknya lebih bundar dan nggak ada rasa coklatnya. Jadi kalau mau coba buat sendiri, jangan sampai salah. Kalau berasa ribet buatnya, tenang aja, supermarket di Australia selalu punya yang sudah jadi. 

Anzac Biscuits

Biskuit manis yang terbuat dari gandum dan kelapa ini awalnya adalah biskuit yang dikirimkan oleh istri tentara Australia ke suami mereka yang berperang pada Perang Dunia I. Nama Anzac sendiri diambil dari nama tentara Australia dan New Zealand, Australia and New Zealand Army Corps

Pada masa sekarang, biskuit ini sudah diproduksi secara masal, seperti yang lainnya, biskuit ini bisa ditemukan di supermarket-supermarket besar Australia. Selain itu, biskuit ini juga dijadikan sebagai salah satu kue untuk amal dan pengumpulan dana untuk RSA (Royal New Zealand Returned Service's Association) dan RSL (Returned and Service League of Australia)

Boston Bun

Nggak ada hubungannya dengan kota Boston di Amerika, kue ini populer di Australia. Gw suka banget sama kue ini. Dengan campuran kismis di dalamnya, dan lapisan gula dicampur kelapa, gw bisa ngabisin satu boston bun sendirian dalam sehari. 

Biasanya dijual di Coles supermarket dengan harga AUD 4-8, kue ini bisa dijadikan makanan ringan temen nonton di malam hari. Sayangnya, kue ini nggak bertahan lama, paling lama dua hari, setelah itu, kuenya akan mengeras dan lapisan gula dan kelapanya mencair. 

Chiko Roll

Mirip seperti lumpia, dan ternyata terinspirasi dari lumpia isi ayam, Chiko roll adalah salah satu snack yang populer di Australia. Isinya juga kurang lebih sama dengan lumpia, hanya isian dagingnya lebih ke daging cincang. Bentuknya juga lebih besar dan lebih panjang. Kulitnya lebih tebal dari kulit lumpia, jadi nggak gampang hancur waktu di gigit. 
source: http://www.smithjournal.com.au/blogs/history/2714-grease-bomb-the-true-history-of-the-chiko-roll

Yakin deh, makan satu aja sudah kenyang, dan gw nggak bisa ngabisin lebih dari dua. Soalnya selain panjang, isiannya juga padet banget dengan daging. Walaupun namanya chiko yang diasosiakan sama chicken atau ayam, sebenernya daging yang dipakai adalah daging domba. 

Pavlova

Berbahan dasar meringue yang krispi dan lembut di dalamnya, juga dengan toping buah-buahan segar, pavlova jadi makanan penutup idola di Australia. Nama Pavlova sendiri ternyata diambil dari salah satu ballerina terkenal dari Rusia yang waktu itu berkunjung ke New Zealand, dan seorang baker membuat makanan penutup ini. 
Source: http://www.recipetineats.com/pavlova-recipe/

Rasanya manis dan lembut, apalagi dicampur dengan buah-buahan segar seperti strawberry dan kiwi, menjadikan rasa dari pavlova enak banget. Cocok dimakan setelah makan malam, barengan dengan segelas anggur putih. 

Mereka bilang pavlova ini gampang banget dibuat, tapi buat yang males nyoba buat, apalagi ke Australia buat berlibur, gw saranin untuk pergi ke Coles ataupun Woolworths, karena mereka punya pavlova dengan berbagai macam ukuran.

Daging Kangguru

Banyak yang nanya bisa nggak sih daging kangguru dimakan? Jawabannya bisa banget. Supermarket di Australia banyak menjual daging kangguru. Tenang, walaupun kita bisa melihat mereka di kebun binatang di Australia, populasi kangguru itu sangat amat banyak. Jadi, daging mereka boleh kok dikonsumsi.
kangaroo steak

Rasanya seperti apa? Melihat kangguru yang tegap dan banyak ototnya, pertama kali gw pikir daging kangguru itu bakalan alot, ternyata enggak. Dagingnya lembut banget, seperti daging ayam, bahkan seratnya pun hampir mirip sama daging ayam. Sedangkan rasanya seperti jeroan, enak. Salah satu cara menikmati daging ini tentu saja dengan dibakar, atau dijadikan steak. 

Twiggy


Australia itu surganya daging. Untuk sosis aja, mereka punya banyak jenis, twiggy adalah salah satunya. Enaknya lagi,twiggy ini langsung dimakan. Kita bisa juga milih mau yang biasa atau yang pedas. Pas banget buat teman nyemil, atau disajikan pas pesta. 

Neenish Tart

Source: http://www.foodtolove.com.au/recipes/neenish-tarts-11455

Enaknya tinggal di Australia itu, supermarketnya selalu menyediakan makanan khas mereka setiap saat. Neenish Tart salah satu yang bisa ditemukan di supermarket mereka. Kue ini bentuknya seperti mini pie, yang diisi pakai cream icing sugar, dan selai strawberry, terus di atasnya dilapisi dengan dried icing sugar yang biasanya kombinasi dua warna coklat dan putih. 

Fredo Frog Chocolate 

Coklat yang diproduksi sama Cadburry ini bentuknya seperti kodok, dan di tengahnya ada selai berry nya. Enak? Pastinya. Sebenarnya coklat ini untuk pasar anak-anak, beli AUD 1 dapat 3 biji. Coklat unik ini juga cocok untuk dijadiin oleh-oleh.

Walaupun aslinya dari Australia, ternyata coklat ini bisa ditemukan di Inggris juga, karena Cadbury adalah perusahaan dari Inggris.

Chicken Parmigiana

Chiken Parmigiana atau Mas Bojo sukanya make nama "chicken parma" sebenarnya bukan makanan asli Australia, tapi di Australia, ini adalah salah satu menu yang bisa dinikmati di sini. fillet ayam yang digoreng kemudian dikasih toping saus tomat, kentang goreng dan salad jadi temannya, atau terkadang sayuran rebus. Jenis chicken parma yang seperti ini yang sering ditemui di sini.
Normal size Chicken Parma

Kalau ada waktu, bisa buat sendiri. Menurut gw, yang agak rempong cuma nyiapin ayamnya, selebihnya gampang kok. Kalau nggak pengen makan di rumah, bisa pergi ke restoran-restoran terdekat, mereka pasti nyediain menu ini. Kalau nggak mau ke restoran, bisa juga kok cari di bagian frozen food di supermarket, kalian bisa nemuin chicken parma yang cuma dimasukkan ke microwave selama lima menit. 
Microwave size Chicken Parma

Golden Gaytime

Australia terkenal dengan nama makanan yang mengejutkan. Salah satunya Golden Gaytime ini. Ini adalah nama salah satu produk es krim keluaran street atau di Indonesia dikenal dengan nama Walls. Kombinasi dari toffee dengan vanilla di tengahnya, dan dicelupkan ke coklat dan remah biskuit bikin eskrim ini sempurna. 

Selain bentuk stik, gw juga sempet ngerasain yang cone. Tapi, menurut gw yang bikin es krim ini enak adalah campuran toffee, vanilla,coklat dan remahan biskuit nya, di bentuk cone nya nggak ada remahan biskuitnya, jadi rasanya kurang nendang. 
Golden Gaytime cone shape
Selain itu, golden gaytime ini juga jadi salah satu minuman andalan di KFC Aussie loh, namanya Golden Gaytime Krusher. Enak banget, kalian wajib coba es krim yang satu ini. 
Golden GaytimeKrusher by KFC
Source:https://www.kfc.com.au/menu/drinks/golden-gaytime-krusher

MILO

Siapa sangka, ternyata selain TimTam, Milo ini juga ternyata produk Australia loh. Tentu saja sekarang semua negara di dunia menikmati bubuk coklat ini. Kalau mau ngerasain Milo asli, boleh kok beli Milo Australia. Hehehe...

Ginger Beer by Bundaberg


Walaupun ada "Beer" dinamanya, tapi minuman ini 100% bebas alkohol loh. Minuman bersoda ini dibuat dari  ragi fermentasi, dan jahe. Rasanya seger banget. Berbeda dengan minuman jahe lainnya, ginger beer ini lebih enak kalau diminum pas dingin. Ada banyak produk ginger beer dijual di sini, tapi kalau mau yang enak coba deh ginger beer yang dibuat oleh Bundaberg. 


at frozen food isle, you can find lots of variants of food
Nah, itu dia beberapa makanan (dan minuman) yang gw temuin di Australia. Beberapa memang bukan makanan asli Australia, beberapa asli dan sudah menyebar di seluruh dunia. Menurut kalian apa ada makanan (atau minuman) Australia yang pernah kalian dengar, tapi belum gw sebutkan di sini?

sharing is caring

You Might Also Like

2 comments

  1. ternyata banyak banget makanan yang bisa dicoba di Australia. aku penasaran sama fairy bread ice cream nya. kok menggoda ya :D hehe. Kalau yang daging kangguru, kok aku kayaknya gak tega buat makannya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mbak Balqis, terima kasih sdh mampir ya. Iya nih mbak, makanannya banyak banget yg bisa di icip-icip hehehe... Ini juga masih separo dari yg pernah gw coba.

      Fairy bread ice cream-nya mmg enak hehe. Ice cream vanilla ditutup pake coklat putih terus ditaburin sama sprinkle. ini favorit gw yg kedua, yg pertama golden gaytime, sumpah enak.

      Nggak tega makan daging kangguru karena keliatannya mereka lucu ya? Hehehe... klo kangguru yang di kebun bintang lucu dan aman mbak, klo di alam liar jangan harap deh, galakan mereka dari manusia. :D

      Delete

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.