entertainment

AliExpress Haul Bag 1

August 31, 2018



CLICK HERE FOR ENGLISH VERSION

Gw salah satu pelanggan Aliexpress. Selain harganya murah-murah, selama ini barang yang datang pun nggak begitu mengecewakan. 

Pertama kali beli barang di Aliexpress itu dulu waktu gw bingung cari mantel. Karena dulu di Indonesia tempat tinggal terakhir rada jauh dari peradaban, jadi agak susah memang cari yang namanya mantel buat musim dingin.

Akhirnya beli di Aliexpress. Waktu itu sih masih Super Small sih ukuran badan gw, jadi mantelnya masih cucok meong gitu kalau di pakai. Sekarang mah udah sempit di bagian lengan, plus kancing cuma bisa dipasang satu, hahaha.

Setelah itu hampir tiap bulan selalu order sesuatu dari Aliexpress. Oh iya, beberapa boots yang jadi benda kesayangan juga belinya di Aliexpress. 

Nah setelah beberapa tahun puasa belanja, akhirnya setelah dapat kerja (casual doang*), gw akhirnya memberanikan diri untuk beli beberapa barang di Aliexpress lagi.
*Casual working pendeknya adalah kerja sewaktu waktu kalau dibutuhkan sama perusahaan.

Cara Kerja Aliexpress

Di bagian pertama ini, gw bakalan kasih testimoni beberapa barang untuk Duke, kucing gw, di beberapa seller yang ada di Aliexpress. Oh iya, kenapa beberapa seller, karena Aliexpress ini sistemnya mirip-mirip sama beberapa online shop di Indonesia seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, BukaLapak, dll. Jadi ada berbagai macam Seller di satu web.

Setelah kita order, dan bayar pesanan kita. Kita juga bisa tracking pesanan kita, udah sampai mana. Dari Aliexpress nya sendiri punya sistem tracking gitu, jadi kita nggak perlu lagi buka-buka website shipping company yang digunakan sama penjual di Aliexpress.

Tapi, ada juga beberapa tracking yang nggak bisa dilacak begitu keluar dari negara pengirim. Dan itu terjadi di beberapa orderan gw. Mentok aja sampai di depart to origin country. Kalau sudah begini sih gw nya berharap syukur-syukur barangnya sampai. Udah nggak mikir berapa lama lagi di perjalanan. 

Ngomong-ngomong tentang shipping, beberapa penjual di Aliexpress ini kasih gratis biaya pengiriman loh, dan hampir semua. Karena kebanyakan penjual di Aliexpress ini kasih gratis biaya pengiriman, kadang kalau nggak teliti, kita bisa kena mereka yang nggak kasih gratis biaya pengiriman. Jadi saran gw sih jangan buka dan pesan Aliexpress kalau lagi buru-buru. 

Karena gratis biaya pengiriman. Sampai ke kitanya pun lumayan lama. Standar luar negeri lah. Karena gw di Australia, jadi minimal itu 14 hari kerja. Dulu waktu di Indonesia bisa sampai 3 bulan. Bisa jadi karena udah milihnya gratis biaya pengiriman, dan gw tinggalnya di antah berantah. 

Mau yang cepat pengirimannya? Bisa juga kok, tapi nggak gratis. Beberapa penjual di Aliexpress menawarkan private shipping company seperti DHL atau FedEx. 

Jangan heran kalau misalnya buka tracking record ada barang yang dikirim pakai Singapore post atau Laos Post, atau post yang nggak berasal dari Cina, karena memang seller nya nggak harus domisili di Cina sih. 

Selain itu, free shipping ini biasanya pakai post negara gitu. Jadi beberapa barang pesenan gw dikirim sama Australia Post, kalau di Indonesia pakai Pos Indonesia (EMS). Jadi bukan private shipping company


1. Cat Costume & Brush Gloves

Dua benda ini gw beli di satu seller, nama tokonya Idefun Store. Dan ratting nya pun bagus. Toko ini punya 98.8% positive feed back. Dan dari kecepatan pengiriman, komunikasi, dan kemiripan barang, semuanya dapat point 4.8 dari 5 point. So, gw awalnya yakin bet beli di sini memuaskan.

Yang pertama gw beli itu kostum bajak laut untuk kucing. Lucu yaaa... Gw sebenernya udah lama banget pengen beli beginian buat Duke. Lucu kan ya ngeliat kucing jalan-jalan pakai kostum. Akhirnya beli lah gw. 

Karena harganya murah, dan rating penjualnya pun bagus, gw jadi pesen deh ukuran M untuk Duke. Cuma AU$ 6.80 aja untuk kostum ukuran M (Sekitar IDR97,000an). 

Tapi karena ada kebijakan dari Australia yang setiap barang yang datang ke Australia kena pajak, jadi kostum ini kena pajak sebesar AU$0.70 (IDR700). Lumayan sih.


Yang kedua, gw beli sarung tangan untuk menyisir bulu kucing gitu. Ini juga gegara Duke makin gede, dan udah mulai nebar bulu di mana mana. Selain itu, kalau bentuknya sarung tangan gini, berasa lebih mudah dan efektif. 

Harganya pun cuma AU$3.62 (sekitar IDR 4,000an), dan cuma satu ukuran doang sih. Nah kalau sarung tangan ini dipajakin sekitar AU$0.37 (sekitar IDR400an). 

Jadi di toko ini, untuk dua benda yang gw order, jumlah totalnya AU$11.44 (sekitar IDR 12,000an).

Gw order tanggal 21 Juli 2018, dan baru mulai dikirim tanggal 24 Juli nya. 

Komunikasi

Setelah dikirim, gw dapat email dari seller nya, yang intinya sih mereka bilang terima kasih sudah order barang di tempat mereka, dan barang dalam perjalanan. 

Seller di toko ini juga kasih tau kalau misalnya ada apa-apa gw bisa kontak langsung ke mereka, terutama untuk masalah order. 

Menurut gw, cara mereka berkomunikasi udah oke banget sih. 

Tracking Record

Karena gw milihnya yang gratis biaya kirim, mereka juga sudah kasih tau kalau estimasi pengiriman sekitar 23 - 45 hari. Jadi, memang gw sudah siap jiwa dan raga kalau bakalan lama banget sampainya. 

Tapi, 
Mereka kasih tracking number buat kita ngelacak sampai mana barang yang kita pesan. 

Selain itu, mereka juga punya tracking sendiri, yang nggak harus buat gw buka Australian Post website untuk tau sampai mana barang gw. 

you could see this tracking at your order detail

you could see this tracking detail at your track order
Kalau sama penjual yang ini sih, gw nggak harus buka Australian Post, soalnya udah detail banget, dan selalu update. 

Lama Pengiriman

Walaupun sudah dikasih tau kalau lama pengiriman sekitar 23 sampai 45 hari, tapi sejauh ini, kalau pesen ke Australia, cuma 14 harian. Jadi gw nya sih berharap datangnya sekitar 2 minggu setelah gw pesan. 

Dan.
.
.
Barangnya sampai tanggal 13 Agustus siang. 14 hari lebih sehari alias 15 hari kerja udah nyampe. 




Karena pesennya di satu toko, jadi barangnya dijadiin satu paket. Nah, dipaket nya sendiri udah tertera barangnya apa aja. Dan ada keterangan custom declaration nya juga.

Real Picture

Untuk dua produk ini barangnya 100% mirip sama yang di gambar. Dan juga fit sama Duke








2. Laser Toy

Barang yang kedua mainan laser buat Duke. Karena di sini belum nemu yang kecil, plus murah, hehehe.



Harganya murah pakai banget, cuma AU$0.95 (sekitar IDR10.000).

Komunikasi

Seller yang ini nggak kasih komunikasi apa-apa. Yang ada dari pihak Aliexpress nya yang kasih tau kalau barang yang gw pesen sudah dikirim, ataupun sudah sampai di Australia.

Tracking Record

Seller ini ternyata dari Laos, jadi pengirimannya pakai Laos pos. Sama dengan kostum di atas, waktu check out dikasi tau juga kalau waktu pengiriman sekitar 30 - 50 hari. Dan mereka minta waktu untuk proses selama 3 hari. Jadi 3 hari setelah order, baru dikirim.

Tracking

Seller ini juga kasih tracking number yang cuma dikasih tau kalau tracking information nya  baru bisa diakses 5-10 hari setelah pengiriman.

Sayangnya, nomor tracking nya, nggak masuk di data Australian Post, dan cuma bisa ke-track sampai di keterangan "arrive at destination country."







Jadi setelah sampai di keterangan sampai di Negara tujuan, ya tinggal menghitung hari deh.

Lama Pengiriman

Oke, gw order tanggal 21 Juli 2018 dan sampainya tanggal 14 Agustus 2018. 17 hari sampai, ya sekitar 2 mingguan lebih memang sampainya. Jadi masih termasuk lumayan cepet sih. Standar 2 mingguan kalau ngirim ke Australia.



Paketnya pun ringkes. Mungkin karena barangnya kecil aja sih, jadi paketnya nggak dibuat aneh-aneh.

Real Picture



Awalnya agak takut sih, karena ada komentar yang bilang lasernya nggak begitu terang. Jadi kucingnya nggak bisa main. Jadi takut-takut. Plus ngeri juga kalau tau-tau sembarangan bungkusnya.

Ternyata enggak. Dibungkus bagus pakai plastik juga. Walaupun nggak pakai bubble wrap. Plus dikasih bonus tiga baterai buat mainan. Puas deh Duke mainan kejar kejaran pakai laser ini.

Sayangnya laser ini nggak tahan lama. Mungkin karena baterainya lama kali ya. Jadi setelah empat hari dipakai buat mainan, udah mulai redup lasernya. Hehehe.

3. Lion Hair

Yang ini, gw langsung beli tanpa liat-liat soalnya lucu liat ada wig buat kucing gitu. 


Harganya lumayan sih, AU$3.88 atau sekitar IDR 40.000an. Tapi kalau lihat gambarnya kan lucu kan ya. Hehehe. Jadilah gw beli yang warna abu-abu, karena Duke warnanya nggak gelap banget plus ada warna putihnya. 

Komunikasi

Nggak ada komunikasi sama sekali dari seller ini. Pemberitahuan kalau barangnya sudah dikirim atau dalam proses, dll, nggak ada sama sekali. 

Tracking Record

Dan yang baru gw sadari, tracking record nya pun paling nggak lengkap diantara barang-barang yang gw pesen. 





Tapi paling simple diantara yang lain. Bisa jadi sih karena ini dikirimnya dari Laos, bukan dari Cina. 

Lama Pengiriman

Nah, tadi kan gw tulis kalau gw baru sadar tracking record nya paling nggak lengkap. Itu karena, barangnya paling cepet sampainya. 

Gw pesen tanggal 21 Juli 2018, sampainya tanggal 28 Juli dooooong. Seminggu doang. 

Makanya gw nggak cek tracking nya, karena pengalaman belanja di AliExpress ini, barangnya nggak pernah sampai super cepat. Eh ini cepet pake banget. Seminggu bo!



Lupa poto bungkus paketnya. Tapi kurang lebih sama seperti yang lainnya. Ada custom declaration juga. Dan gw rasa sih, di cek juga sama custom nya Australia. 

Real Picture

Agak sedih juga sih ternyata kegedean dan rambutnya juga nggak sepanjang yang di gambar. Jadi waktu masang di kepalanya Duke, dia goyang dikit aja udah lepas.. Tapi karena semacam di tempel gitu, gw sih agak ngepasin di kepalanya Duke, terus di tempel di rambut-rambutnya. 





Kadang gw lapisin sama topi bajak lautnya, biar nggak lepas-lepas. Menurut gw sih bikin kepala Duke jadi anget, apalagi lagi musim dingin di sini.

*Continue to part 2...

sharing is caring

You Might Also Like

0 comments

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.