food

Resep: Soto Betawi

August 14, 2018




Bahagia loh Indonesia punya banyak banget kuliner khas yang wajib di coba. Salah satu must try kuliner Indonesia selain rendang yang super terkenal itu, tentunya Soto Betawi. 

Padahal Mas Bojo sendiri belum pernah ke Jakarta untuk mencicipi Soto Betawi asli. Tapi kan nggak perlu ke padang buat cicipin rendang padang kan ya. Hehehe...

Jadi Minggu ini, gw bikin Soto Betawi untuk dikenalkan ke Mas Bojo.

Nah, di sini gw mau coba bikin dengan cara yang lebih gampang dan nggak bikin ribet buat gw yang tinggal di Melbourne ini. Salah satunya adalah mengganti bumbu dengan yang lebih mudah di dapat dan lebih murah. 

Karena lebih mudah dan murah beli bumbu yang dalam bentuk bubuk, seperti jahe, ketumbar, pala, dan jinten, jadi belinya yang bumbu bubuk aja. Dikemas di botol, dan bisa dipakai berkali kali. 

Selain itu, karena batang serai sebiji AU$ 3 dan bisa beli botolan dengan harga yang sama, dan bisa dipakai sampai beberapa kali. Begitu pula dengan daun jeruk. 

Oh iya, 
Dari namanya sudah pasti tahu dong, kalau Soto Betawi ini asalnya dari Jakarta dengan daging khas nya adalah daging sapi. 

Di sini gw nggak pakai sengkel, karena daging yang dijual di sini ya daging beneran, nggak pakai yang banyak lemaknya, atau tulangan. Susah juga carinya di sini. Tapi gw pernah baca di salah satu artikel, mau cuma pakai daging doang, atau pakai jeroan juga, yang penting bumbunya.

Selain itu, tomatnya nggak gw masukkin ke dalam bumbu sotonya. Mas Bojo lebih seneng sayurannya lebih segar. Katanya kalau dimakan lebih kriuk gitu, dan rasanya lebih enak. Jadilah tomatnya gw taruh di mangkuk bareng nasi, dan disiram dengan kuah sotonya.





sharing is caring

You Might Also Like

2 comments

  1. Suka banget Soto Betawi. Rasanya kaya. Mungkin karena bumbunya banyak, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seger, dan hangat. Pas banget kalau dimakan pas cuaca lagi dingin... hehe

      Delete

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.