Journey

Hello Straya: Short Date at Cranbourne Royal Botanical Garden

August 12, 2016

CLICK HERE FOR ENGLISH VERSION

Good day all,

Kunjungan gw ke tempat Mas pacar waktu itu memang waktu musim gugur. Jadi udaranya bener-bener dingin, dan hampir setiap hari hujan. Kalau di Indonesia, hujan lebat pun masih ada yang berani hujan-hujanan kan ya, kalau di sana... eummm entahlah, dinginnya aja sudah bikin mengigil.

Suatu hari, mungkin karena kita bedua bosan akut, akhirnya siang hari Mas pacar ngajak dating di tempat yang nggak jauh dari rumah. Namanya Cranbourne Royal Botanical Garden. Sekitar 15-30 menit untuk sampai ke sana.

NARSIS is a MUST

Apa itu Royal Botanical Garden. Gampangannya ini adalah kebun botani yang luas, dan ditanamin berbagai macam tanaman, dan indahnya tiap tanaman ditanam sesuai dengan tema dari kebun-kebun kecil di dalamnya. Kebun ini buka dari jam 9pagi dan tutup jam 5 sore TENG! Pokoknya bule itu on time abis. Hehehe... Karena kita datangnya jam setengah empat, jadi penjelajahannya nggak sampai jauh banget. Tapi kebun ini keren, dan lagi, masuknya HRATIS TSAAYYYYY... alias GRATIS!! Walaupun gratis, tetap kita nggak bisa berbuat seenaknya aja di dalam kebunnya.
So, what will you do in Australia Garden?

Gw kasih beberapa tips yang harus diingat waktu berkunjung ke kebun ini:
  • Kalau punya sampah,jangan di buang di area kebun, simpan dan bawa pulang
  • Selalu berjalan - jalan di jalur yang sudah ditentukan ya
  • Jangan beri makan hewan yang ada di dalam kebun
  • kalau mau naik sepeda, selalu harus berada di jalur sepedanya
  • Semua hewan peliharaan dilarang di bawa, ditinggal aja di rumah
  • Nggak boleh metik atau ngambil bunga atau tanaman yang ada di dalam kebun
  • Kalau mau mainan yang berhubungan dengan bola, sudah disediakan tempat khususnya

Dan seperti yang kalian tau, warga Australia itu patuh hukum. Jadinya mereka nggak bakalan littering atau corat coret atau merusak kebun. Mas pacar bilang sayang kebunnya, capek-capek dibuat indah, terus dirusak. Apakah kita punya mental yang sama dengan mereka?????


Pertama masuk ke kebunnya, kita sudah disambut dengan hamparan tanah berwarna merah dengan beberapa tanaman di tengahnya, kesannya seperti ada di planet mars. Sejauh mata memandang memang hamparan "planet mars" ini luasssssss banget. Eits ingat, ini adalah kebun, jadi nggak boleh masuk untuk ngambil tanaman yang ada di dalamnya. Ada papan petunjuk di setiap kebunnya, jadi nggak usah khawatir akan kehilangan informasi.
The Red Garden

Selain itu kita juga bisa melihat berbagai macam kebun-kebun kecil yang diprediksikan jadi kebun masa depan. Kita juga bisa menikmati pemandangan kebunnya dengan main-main di sebuah sungai kecil, yang deket sama kebun mars tadi. Adalah Rockpool Waterway, dimana kita bisa main air sepuasnya sampe kaki mengkerut, selama mainnya diantara bendera dan nggak boleh berenang. Kalau mau tau bentuknya, sama seperti sungai buatan di Bandung yang dibuat buat mainan anak-anak itu. Aliran airnya kenceng, jadi kalau mau bawa anak mainan di sini, always keep an eye on them yes ;)
Rockpool Waterway

Selain bisa main air, kebun ini sangat kids friendly deh, jadi mereka nggak bakalan bosan keliling kebun ini. Karena mereka juga bisa sambil mainan di kebun ini. Ada salah satu kebun yang diisi dengan mainan outdoor buat anak-anak, dan dipadu padankan sama tanaman yang ada di kebun ini, bagus banget.
Let's play the sliding
yes we have to go trough these branches
There is the slide, right in the edge
ready for sliiiiiide...

Nah buat yang ingin menyalurkan bakat coret mencoretnya, mereka juga nyediain papan yang bisa dibuat coret-coret gitu. Ada meja nya juga, dan disediakan kapur tulis segala. Ada panggung kecil juga, dan lain sebagainya deh.
You can have your art soul pour in here

Masuk lebih dalam lagi, kita bisa lihat danau buatan yang luasssss banget. Semua hewan yang ada di sana bebas berkeliaran. Sekali lagi, kita dilarang untuk kasih makanan ke hewan-hewan yang berkeliaran di sana, bisa mengganggu keseimbangan ekosistem di kebun itu sendiri.
Clean lake

Black swan swimming at the lake

Oh, Cranbourne Botanical Garden itu tempat hewan-hewan liar tinggal, jadi kadang kita sering lihat beberapa rambu tentang berhati-hati terhadap hewan liar yang tiba-tiba melintas. Di perjalanan pulang ke rumah, nggak sengaja nemu wallaby yang lagi nyari makan, kan lucu...
Lost wallaby, hehehe...

Jadi, kalau jalan-jalan ke Cranbourne, jangan lupa untuk mampir ke tempat ini ya... Free entry dan lumayan buat melepas penat di sini.
Cek aja website nya di SINI

Masih ada cerita menarik di blog ini.
Ditunggu post terbarunya ya...
Feel free to comment and ask...

sharing is caring

You Might Also Like

0 comments

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.