DIY

(DIY) Birthday Card for the Second Time

October 15, 2017

CLICK HERE FOR ENGLISH VERSION



Berapa hari yang lalu Mas Bojo ulang tahun. Nggak usah ditanya berapa umurnya lah. Yang pasti ulang tahun kali ini gw sudah tinggal di Melbourne. Tahun lalu gw bikin kartu ucapan ulang tahun plus kado. Tahun lalu sih masih gampang, gw masih kerja, jadi nyediain bahan-bahan perlengkapan buat kartunya juga lebih mudah, dan Mas Bojo nggak bakalan tau.

Tahun ini sedikit susah, karena apa-apa masih minta ke Mas Bojo. Jadi agak susah bergerak. Beli barang-barangnya pun akhirnya sesederhana mungkin (dan dia tau kalau gw mau bikin kartu). 

Gw sih seneng bikin kartu ucapan begini, walaupun masih di level novice. Tapi, gw memang paling seneng bikin-bikin sesuatu. 

Jadi,
Kartu yang mau gw buat kali ini berbeda dengan kartu ucapan standar yang lainnya.  Kartu ini gw namakan kartu lipat zig zag. Karena hasilnya seperti zig zag. Gw akan membagikan cara bikin kartu ini. 

Bahan-bahannya:
  • Kertas karton A4
  • Kertas origami, atau kertas karton seukuran kertas origami
  • berbagai macam gambar sesuai tema yang diinginkan yang bisa diambil dari internet. Karena gw pakai tema landscape, jadi tema seperti pohon pohonan dan juga berbagai macam benda yang ada di langit. Gambar-gambar ini nantinya di print berwarna terus nantinya jadi hiasan. 
  • ATK seperti pensil/ pulpen, lem kertas, gunting,dll.
Langkah pertama, pada kertas A4 ukur di ujung kiri bawah ke atas sepanjang 6.5cm, lalu ujung kanan atas ke bawah 6.5 cm, lalu tarik garis. Setelah jadi, lalu dipotong, dan kalian jadi punya dua calon kartu.

Langkah kedua, dari ujung paling rendah, ke kanan, ukur jarak sepanjang 9,9cm dan 19,8cm. Setelah itu lipat bagian tersebut satu ke kiri satu ke kanan sampai terbentuk lipatan zig zag
Langkah berikutnya, kalau gw dengan menambahkan kertas berwarna lainnya sebagai peramai. 

Setelah selesai, tinggal dihiasi pakai gambar-gambar yang sudah didapatkan di internet sebelumnya. Atau menggunakan gambar yang lainnya. Atau sesuai dengan kreatifitas.Lalu di bagian kertas yang kosong tinggal ditulis ucapan selamat ulang tahunnya. 

Mudah kan, selamat mencoba.

Follow my blog with Bloglovin

sharing is caring

You Might Also Like

0 comments

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.