food

Culinary Vacation : Bakso Bakwan Bintang Malang di Samarinda yang Endes

September 30, 2016



Kali ini gw mau cerita tentang warung bakso favorite gw semenjak kecil sampe sekarang. Gw lahir dan dibesarkan di Samarinda, Kalimantan Timur. Yes, gw cewek Kalimantan berdarah Jawa yang doyan makan dan melanglang buana. Nah, jadi Bakwan Bintang Malang ini sudah ada dari jaman gw kecil dulu. Karena dari dulu gw itu suka banget makan, jadi setiap makan di tempat ini, paling enggak gw nambah lah ya pentol nya.


Apa sih yang bikin bakso ini enak? Rumah makan yang terletak di ruko di seberang pasar segiri, Jl. Dr. Soetomo Samarinda ini, menyajikan berbagai macam jenis pentol bakso di dalamnya. Biasanya di satu mangkok itu ada pentol halus, pentol kasar (urat), tahu bakso, siomay basah, siomay kering, sama bakso goreng. Walaupun dikasih berbagai macam jenis pentol di dalamnya, soal rasa, rumah makan ini nggak sembarangan. Semuanya berasa dan padat. Sampai kuahnya pun terasa gurih.


Sama seperti bakso malang lainnya. Bakso ini menyediakan piring kecil untuk kita kasih saus tomat, sambal, dan kecap. Selain saus tomat dan sambalnya bisa dicampur di kuah baksonya, kita juga bisa cocol pentol baksonya di dalam piring kecil dengan racikan saus tomat, sambal dan kecap ala kita sendiri.
A bowl of Bakwan Bintang Meatball portion ;9
Untuk menemani semangkok bakso ini, kita bisa memesan teh panas atau dingin, atau jeruk panas atau dingin, atau minuman botol (jaman gw dulu nggak ada nih minuman botol, banter juga teh botol sosro). Sekarang mereka punya menu baru, selain menyediakan semangkok bakso, mereka juga menyediakan menu lainnya, antara lain mie ayam (yang selalu disandingkan dengan bakso) dan rica-rica bebek.


Buat kalian yang sedang berkunjung di Samarinda, bolehloh mampir di tempat ini. Masalah harga, walaupun nggak seperti warung bakso lainnya, tapi untuk semangkok bakso yang endes, harga menyesuaikan dong ya. Gw lupa sih, kalau nggak salah sekitar 20k-25k.


Nah, waktu gw kecil, dia belum punya cabang, cuma satu aja rumah makannya. Ya di depan pasar segiri itu. Mungkin karena ruangannya kecil, dan penikmatnya semakin banyak, akhirnya buka cabang juga di daerah Air Putih (mau ke arah Sempaja). Sempet gw liat ada di Jl. Antasari, tapi sekarang sudah nggak ada lagi.


So, jangan sampai terlewatkan kuliner ini kalau kalian ke Samarinda ya... Cheers

sharing is caring

You Might Also Like

3 comments

  1. banyak ya campuran dalam satu mangkok... Bakso emang kuliner yang gak membosankan.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, puas kalau makan di sini... bener banget, bakso mmg nggak pernah bikin bosan :)

      Delete
  2. malem-malem dan ujan liat pentol, ngiler :(

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.