DIY

(DIY) Mini Photo Studio

September 25, 2017

Designed by Freepik
Buat para blogger ataupun tukang photo bukan profesional, salah satu yang bikin lama mau nge post blog, ataupun hasil jepretannya kadang adalah ngedit hasil jepretannya. Apalagi yang kek gw gini. Modal cuma hape, dan cukup bahagia dengan lighting alami, alias sinar matahari, plus editing ala kadarnya. Jadi maklum aja kalau hasil jepretan gw di blog ini ala kadarnya. 

Sampe suatu hari, di laci lemari tersimpan "seonggok" kardus indomie dua bulan yang lalu. Iyes, indomie. Mas Bojo itu penggemar Indomie banget. Kalau gw sih indomie itu gantinya nasi. Apalagi kalau di sini tiba-tiba kangen sama rasa khas Indonesia, ya tinggal bikin indomie aja. Jadi, Mas Bojo suka banget nyediain indomie satu kardus. Kek nyokap, dia dulu juga suka nyediain indomie satu kardus. 

Anyway, karena kardus indomie ini nggak dibuang-buang, dan Mas Bojo juga sudah beli indomie lagi satu kardus, gw jadi kepikiran untuk buat sesuatu dari kardus ini. Akhirnya muncullah ide untuk buat mini studio. Lumayan lah buat bikin hasil jepretan yang sedikit keren.

Yang dibutuhin untuk buat mini studio photo ini antara lain:
  • kardus bekas, terserah mau kardus apa aja, yang penting kardusnya cukup untuk diisi barang-barang yang nantinya mau kalian jadiin modelnya. Semakin besar calon modelnya, kardunya juga semakin besar.
  • Kertas tissue. Kertas ini gunanya untuk menutup lubang-lubang di pinggir dan atas kardus. Kalau nggak ada bisa diganti pakai kertas jagung. Pokoknya kertasnya tipis
  • Kertas tebal sekitar 250gr atau 600gr. Ukuran A3
  • ATK seperti gunting, selotape, cutter, pensil, dan lem kertas


Langkah pertama adalah membuang keempat sisi kardus yang digunakan sebagai penutup di bagian atas kardus. Setelah keempat sisi kardus sudah dibuang, tinggal dibuat lubang di bagian samping kiri, kanan, dan juga bagian atas.

Jarak lubang dari bagian depan kardus dibuat 5cm, sedangkan sisi kanan, kiri, dan belakang dibuat 3cm, untuk semua bagian atas, kanan, dan kiri. 

Setelah ada lubang, kemudian semua lubang ditutup pakai kertas tisu. Kertas tisu yang menutupi lubang di kardus tadi kencang-kencang ya, jangan sampai ada bekas lipatan atau lecek yang kelihatan. Hati-hati juga, karena kertas tisu ini amat sangat tipis.
Kalau sudah, di bagian dalam, tinggal di lem kertas tebal A3 tadi.Gunanya sebagai background dan dasar photo nanti. Kertasnya dibuat vertikal ya, jadi bakalan ada sisa kertas yang keluar dari kardus. Nggak apa-apa, malah ini berguna loh, jadi hasil photonya nggak keliatan lipatan kertas.

Jadi deh studio photo mini-nya. Untuk dapetin hasil terbaik, tinggal dikasih cahaya dari sisi yang dikasih kertas. Paling mudah, studio photonya tinggal ditaruh membelakangi sinar matahari,sambil dipasang beberapa pencahayaan di sisi kanan dan kirinya. Untuk pencahayaan di malam hari, usahakan pencahayaan untuk photo lebih terang dibandingkan cahaya yang datang dari arah belakang kita. 

Selamat mencoba

ini hasilnya... lumayan kan :)


sharing is caring

You Might Also Like

0 comments

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.