food

I'm Cooking Baked Honey Garlic Chicken Wings & Potato Fries

September 05, 2017




Sebenernya untuk urusan masak memasak setelah pindah jadi sedikit gampang. Selain perlengkapan di dapur sangat lengkap, kalau gw mau nyobain resep (selain resep Indonesia), cari bumbunya juga super gampang. Hampir semua bumbu bisa didapat di sini. Bumbu Indonesia juga ada, cuma nyarinya juga agak susah. Di supermarket besar, biasanya bumbu yang gw butuhkan untuk masakan Indonesia ada di bagian Asian Alley yang mana di sana kebanyakan bumbu India, dan Jepang. Kalau mau cari toko yang lumayan lengkap untuk bumbu masakan Indonesia, gw harus nyari di Asian Store. Kalau di tempat ini, selain bumbu dan produk Indonesia, mereka juga jualan produk dari negara Asia lainnya, seperti Malaysia, Phillipina, China, Jepang, Korea, dll. 

Mas Bojo suka banget belanja di Fruit & Veggie Market. Menurut dia,dengan harga yang jauh lebih murah, kita bisa dapat banyak banget barang. Pernah dia beli satu box sebesar box Indomie yang isinya berbagai macam sayuran segar, dan dia cuma bayar AUD 3. Selain itu, dia juga suka beli Indomie goreng satu box di tempat ini dengan harga AUD 12 aja. Sama dengan daging-dagingan. Karena Mas Bojo tau banget gw suka banget sama ayam, jadi beberapa kali dia beli ayam di tempat yang sama dengan harga yang jauh lebih murah dari beli di supermarket. Mas Bojo bisa beli 3 kilo sayap ayam dengan harga AUD6. 

Suatu hari, gw pengen banget makan sayap ayam yang berbeda. Kebetulan juga, di dapur ada kentang rada banyak, semacam beli satu pack yang dipakai cuma 3 biji, jadi sisa banyak. Setelah browsing banyak resep dan di compare dengan bumbu apa aja yang kita punya, akhirnya pilihan gw jatuh ke dua menu untuk sayap ayam dan kentang nya. 

Baked Honey Garlic Chicken Wings

Resep ini gw dapet dari pinterest. Selain gampang (sebenernya hampir semua resep yang gw liat gampang banget, cuma dimasukkan ke oven doang), bumbunya juga sudah ada di lemari. Sebenernya paling bagus memang mendiamkan bumbu meresap ke dalamayamnya selama sehari di dalam kulkas, tapi kalau nggak sempat, bisa didiamkan di dalam kulkas minimal selama satu jam.

Tentu aja bahan utama yang diperlukan adalah sayap ayam. Untuk resep ini, sayap ayam yang gw sediain ada 7 potong. Bisa juga sih dicampur dengan bagian ayam yang lain seperti paha ayam. Yang penting di cuci bersih dulu sebelum dimasak yaaa...

the mixture spice for chicken wing
Bumbu yang dicampur:
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 1 sendok teh garlic powder di sini gw pakainya minced garlic 
  • 3 sendok makan saus tomat
  • 1/2 sendok teh rosmary
  • 1 sendok teh papprika pepper
  • 1 sendok teh saus sambal
Setelah semua bumbu tercampur, lalu masukkan sayap ayam, dan diamkan sampai bumbu meresap. Metode gw adalah dengan mengoleskan bumbu di sayap ayamnya. Tapi cara yang lebih baik adalah dengan mencampur bumbu dan ayam di satu wadah, dan ditutup, lalu dibiarkan hingga bumbu meresap.
the chicken wing that has been spiced up
Panaskan oven sekitar 150 - 200 derajat celcius selama 10 menit. Lalu dimasukkan deh ayamnya. Setelah 15 menit, balik semua sayap ayamnya, dan panggang lagi selama 15 menit, biar masaknya merata.

Baked Potato Fries

Aslinya sih resepnya pake sweet potatoes, tapi karena di rumah cuma ada kentang biasa, bisa juga kok dipakai. Kenapa memasangkan kentang ini sama sayap ayamnya? Karena selain ada protein dari ayam dan karbohidrat dai kentang, bumbu yang digunakan juga hampir sama. 

Sebelumnya, kentang di potong panjang, seperti kentang goreng. Lalu dicampur dengan bumbu yang dicampur sebelumnya.

Bumbu yang dicampur:
  • 1 sendok makan olive oil disini gw pake peanut oil (LOL)
  • 1 sendok teh garlic powder gw pake 1/2 sendok teh minced garlic
  • 1 sendok teh garam, atau sejumput sea salt 
  • 1 sendok teh merica bubuk
Semua bumbu tadi dimasukkan ke ziplock atau wadah yang ada tutupnya, lalu masukkan kentang ke dalam wadah/ ziplock. Kocok wadah / ziplock sampai semua bumbu tercampur ke kentang. Setelah semua bumbu tercampur, jejerkan kentang ke baking tray yang sudah dilapisi dengan alumunium foil. 
The ready to bake potatoes
Panaskan oven dengan suhu 150 derajat celcius selama 10 menit, lalu masukan kentang tadi. Panggang sampai kentang kering dan krispi (kurang lebih selama 20 menitan). Jadi deh.


Nah kalau gw, yang duluan di panggang kentangnya dulu. Jadi, sembari nunggu bumbu ayamnya terserap, gw nyiapin kentangnya. Motong kentang, nyampur bumbu dan kentang sampai manggang kentangnya berkisar 30 menitan, setelah 30menit, kentangnya diangkat dari oven, lalu oven di matikan. Setelah 30 menit kemudian, nggak perlu lagi manasih ovennya, karena oven masih hangat dari kentang tadi. 

The Result, I bake it a little too much time, but it still good tho

sharing is caring

You Might Also Like

0 comments

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.