entertainment

Anime Review: Cardcaptor Sakura Clear Card-Hen

February 15, 2018

Masih ingat anime* Cardcaptor Sakura yang dulu pernah tayang di salah satu televisi swasta di Indonesia? Kira-kira ada yang sudah nonton sampai habis nggak sih? Kalau gw enggak nonton anime-nya sampai habis di televisi kita, tapi nonton di streaming anime gitu. 

Kalau belum tau apa itu Cardcaptor Sakura, ceritanya tentang seorang murid perempuan di sekolah dasar Tomoeda, yang nggak sengaja menemukan buku ajaib di perpustakaan pribadi ayahnya. Yang ternyata buku itu isinya kartu-kartu ajaib buatan Clow yang namanya Clow Card, dan dijaga oleh dua penjaga, Cerberus (Keroberos) dan Yue. Yang pada akhirnya, semua Clow Card berubah menjadi Sakura Card.

Setelah tamat beberapa tahun yang lalu, CLAMP buat sequel nya. Namanya Cardcaptor Sakura - Clear Card Hen (CCS Clear Card Hen).

Di sini, gw mau bikin post tentang anime nya ya. Anime CCS Clear Card Hen ini. Karena belum nemu manga* nya di sini, tapi sudah bisa streaming anime-nya.

Ceritanya pasti sambungan dari CCS yang dulu. Awalnya gw pikir ini seperti Sailor Moon Crystal yang di upgrade jadi ngikut perkembangan jaman, tapi ceritanya sama seperti di awal. Ternyata memang ini sequel nya.

*anime = kartun biasanya buatan Jepang
*manga = komik yang kebanyakan buatan Jepang, tapi di Indonesia sudah ada mangaka dan manga buatan Indonesia


Manga

Manga CCS Clear Card- Hen ini sebenernya sudah terbit dari bulan Juli 2016. Masih dengan CLAMP sebagai pembuatnya, dan Nakayoshi sebagai majalah manga nya. Manga dari serial ini sudah berjalan 3 volume dan masih on going. Yeah, talking about Japanese Manga. Jadi ingat manga Detective Conan sama Inuyasha yang belum tamat-tamat. 

Anime


Berbeda dengan manga-nya, anime CCS Clear Card-Hen ini mulai mengudara di bulan Januari 2018. Gw waktu it seneng banget tiba-tiba di program anime streaming  gw muncul gambarnya di folder "new release". Ahey... Jadi inget jaman dulu nangis-nangis gegara manga nya nggak balik.

Karena baru mulai, jadi anime nya juga baru sedikit episode nya. Sampai post ini dibuat juga masih lima episode yang sudah mengudara. Jadi hampir tiap minggu gw pantengin folder "new release" di program anime streaming gw.

Baca Juga: Blend S

Jalan Cerita

  • Sakura Sudah SMP (Yay!)
Selain setting tempatnya masih sama di Tomoeda, rumah Sakura dan orang-orang sekitarnya juga sama, termasuk kebiasaan terlambat bangunnya Sakura dan panggilan "monster" Touya ke Sakura juga nggak berubah sama sekali. Yang berubah cuma nggak semua teman-teman Sakura sekolah di SMP Tomoeda. Rika, salah satu teman Sakura yang dekat dengan guru mereka, sekolah di sekolah swasta.

Selain itu Walaupun yang lainnya sekolah di tempat yang sama, Chiharu dan Yamazaki berada di kelas yang berbeda. Oh iya, Li Shaoran sekelas sama mereka berdua. Jadi Sakura, Tomoyo, sama Naoko masih sekelas (talking about how I am a big fans of this anime).

Yeps, Shaoran kembali ke Jepang setelah "menyelesaikan urusannya di Hong Kong." Jadi bisa kembali bareng-bareng Sakura lagi deh. Kali ini mereka, walaupun masih malu-malu, sudah bisa saling terbuka kalau suka satu sama lain.


  • Mimpi Aneh (lagi) dan Sakura Card yang Berubah
Agak-agak mirip sama cerita sebelumnya, awal dari cerita ini pasti mimpi aneh Sakura. Kali ini bukan Clow yang dateng, tapi sosok lain yang bertudung menutupi semua bagian tubuhnya. Selain itu, saat di mimpi, kunci sakura berubah.

Di dunia nyata, selain kunci nya yang berubah, semua Sakura Card juga berubah, jadi transparan tanpa gambar sama sekali. 

Selain itu, Sakura, yang sudah punya kekuatan magic, Kero, dan Yue yang seharusnya bisa mendeteksi adanya kekuatan sihir atau tidak sama sekali nggak merasa ada kekuatan sihir sama sekali. 

  • Muncul Kartu Baru

Oh yeah, selain Sakura Card yang berubah transparan, tiba-tiba ada kartu baru muncul. Munculnya kartu-kartu baru ini juga sama seperti dulu-dulu. Ada aja yang aneh tiba-tiba muncul di sekeliling Sakura dan teman-temannya. 

Kartu baru ini juga transparan, dengan gambar yang benar-benar baru. 

  • Yukito (Yue) & kero vs. Touya
Yue nggak berubah dari dulu, tetep aja dingin. Tapi Yukito berubah banget. Dia nggak lagi makan dengan porsi yang luar biasa, dan nggak lagi tiba-tiba ketiduran dimana aja. Selain itu, Yukito juga tau kalau dia punya sisi lain (Yue), jadi dia nggak kaget kalau liat Kero.

Kalau kero biasa aja di depan Yukito, bahkan sering muncul di depan Yukito, beda lagi dengan Touya, kakak Sakura. Di depan Touya, Kero tetap pura-pura jadi boneka, dan Touya tetap aja curiga, kalau Kero sebenarnya bukan boneka.


  • Karakter Baru
Nggak ada karakter baru yang muncul sampai episode 5. Di episode 5 ini Sakura punya teman baru namanya Akiho Shinomoto. Sekilas dia mirip banget sama Rika loh. Namanya juga mirip-mirip Sakura. Karena Sakura ini karakternya bubbly  sama gampang banget berteman sama orang baru, jadinya dia jadi deket gitu sama Akiho. 

Waktu Li Shaoran tanya ke Eriol mengenai teman baru ini, Eriol bilang dia nggak merasakan adanya kekuatan sihir dari Akiho. Tapi Eriol bilang mereka harus hati-hati sama Akiho. Penasaran banget. Apalagi di CCS Sakura yang dulu, nggak ada karakter antagonis sama sekali loh. 

Nggak Ada yang Baru Banget

Jalan ceritanya jelas beda banget. Bukan upgrade-an dari cerita awalnya. Memang ceritanya bener-bener baru. 

Karena ini sequel jadi nggak banyak ada karakter yang baru banget di cerita baru ini. Selain Rika yang nggak ada lagi sejak awal (cuma muncul potonya doang, dan sekali telepon Sakura, tapi nggak dilihatkan mukanya). Nggak ada yang berubah dari kombinasi pertemanan Sakura.

Geng Sakura tetap yang dulu, minus Rika. Sakura juga tetap duduk bersebelahan dengan Tomoyo. Selain itu Tomoyo juga masih sama, masih suka bikinin kostum buat Sakura dan Kero, masih suka rekam semua "aksi heroik" Sakura. 

Selain updgrade gadget, seperti masing-masing dari mereka sudah pakai smartphone layar sentuh. Kero juga masih suka main game. Beberapa kali mereka juga menyebutkan kalimat yang biasa banget kita temui di jaman sekarang. Seperti "video call" atau "kirim gambar" alias selfie. Memang upgrade nya lumayan lah, ngikutin perkembangan jaman.

Penambahan karakter baru sepertinya juga jadi bagian dari cerita CCS Clear Card Hen ini. Apalagi karakter Akiho yang pernah bilang punya seseorang yang selalu dekat dengan dia. 


Dubber Sama (?)

Karena gw nontonnya streaming dengan dubbing Jepang, gw agak kaget gitu, soalnya suaranya masih sama banget. Semuanya. 

Padahal kalau di pikir-pikir seri pertama CCS ini kan selesai di awal tahun 2000-an. Bisa ya mereka punya suara yang mirip banget. 

Worth to Wait

Buat gw, dan fans setia yang lainnya, pasti sudah lama banget kan nungguin sequel dari seri ini? Ya paling enggak buat gw. Dulu sih memang pengen banget Sakura ada sequelnya. Dan begitu ada, pastinya seneng banget lah ya.

Dan yes, worth to wait sih menurut gw. Walaupun para karakternya nggak ada yang berubah, sepertinya bakal ada beberapa karakter baru di episode-episode yang lainnya. Selain itu, karena gw nggak baca manga-nya, jadi nggak tau ending nya seperti apa. 

Terus terang aja, gw juga nggak bisa nebak apa dan siapa di serial CCS Clear Card-Hen ini. Mengingat karakter Eriol yang misterius. Terus Li Shaoran yang belakangan komunikasi dengan Eriol di belakang Sakura. Dan Eriol yang selalu bilang "akan ada saatnya", bener-bener bikin penasaran.

Apalagi mimpi Sakura yang setiap episode selalu elevated. Paling enggak di episode 5 ini, di mimpinya, Sakura berhadapan langsung dengan sosok bertudung itu. Walaupun di mimpi Sakura (sepertinya) melihat siapa dibalik tudung, pas di dunia nyata, dia nggak ingat sama sekali. Sama lah seperti di serial pertamanya. 

Tapi tetep aja yang begini bikin penasaran.

sharing is caring

You Might Also Like

9 comments

  1. Anonymous5:45 PM

    Aku juga suka banget dengan anime cardcaptor sakura dulu, ampe apal lagunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nonton sequel nya sis... tapi ya harus di streaming sih hehe

      Delete
    2. iya, udah jarang banget sih skrg nonton anime sejak Korea mania, haha.

      Delete
    3. hehehe... iya korea dimana mana... Lebih enak juga ya, soalnya nggak harus nunggu setiap minggu untuk episode baru.

      Delete
    4. iya, aku memang lebih seneng streaming skrg dibanding nonton tv. ga suka sinetron dari dulu.

      Delete
  2. Ya Allah Mba. Ini film favorotku dulu waktu SD. Tidak terasa waktu cepat sekali berlalunya. Lihat postingan ini jadi bernostalgia rasanya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeee, sama banget Mbak, sampai nangis2 akunya waktu komiknya dipinjem selamanya sama temenku. Sekarang ada lanjutannya bikin penasaran banget.

      Delete
  3. ini udah sampe episode 22 yg clear card hen, tapi gantung gitu.
    akiho masih keadaan tidur, kaito juga bilang masih tunggu kartu lengkap baru bisa pake senjata pusaka. terus jg kunci nadeshiko yg dipegang sakura jg masih tanda tanya. pokonya masih banyak yg ngegantung ceritanya, tapi pas episode 22 tulisannya udah tamat. ini buat cari tau bakal ada lanjutan atau engganya dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin akan ada sequel nya lagi sepertinya... Tapi belum ada kabar atau berita apa2 setelah episode 22 di internet nih. Mari berharap akan ada lanjutannya yaa, krna di manga nya sendiri juga nggantung...

      Delete

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.