food

Resep Cinnamon Toast Dengan Isian Chocolate Hazelnut & Cinnamon Toast Muffin

February 08, 2018


Hi semua,

Sudah lama nggak nulis resep nih. Kali ini sederhana aja sih. Cuma resep yang diambil dari video masak yang kemarin-kemarin seliweran di facebook. 

Gw jadi tertarik karena kebetulan semua bahannya ada. Selain itu, bisa buat alternatif sarapan, atau snacking gitu. Apalagi ditambah coklat yang lumer. 

Karena nggak ada namanya, gw buat sendiri deh namanya jadi "Cinnamon Toast with Chocolate Hazelnut Filling".

Setelah buat resep pertama, jadi banyak roti tawar yang akhirnya sisa, karena cuma pakai bagian roti tawar yang sudah dibuat bulat. Tapi jangan khawatir, karena dengan bahan yang sama kita (gw) juga bisa bikin satu resep lagi. Kalau untuk resep yang kedua ini ada namanya, namanya "Cinnamon Toast Muffin."

Untuk sendok pengukur, gw menggunakan sendok takaran seperti gambar di bawah. Jadi takarannya sesuai dengan resep aslinya:








Untuk resep ini cukup dengan menyediakan:
  • muffin tin
  • roti tawar sebanyak 8 lembar
  • selai coklat hazelnut atau nutella
  • 4 buah telur
  • 2 sendok makan gula
  • 2 sendok teh ekstrak vanili
  • 2 sendok teh bubuk cinnamon
  • 1 cup susu cair

Sedangkan untuk taburan gula di resep pertama cukup dengan mencampur:
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh bubuk cinnamon







Cara membuatnya juga gampang banget: 
  1. Campur telur, gula, ekstrak vanili, bubuk cinamon, dan susu cair di satu wadah
  2. Cetak roti tawar menjadi lingkaran. Kalau gw pakainya cetakan telur, pakai mug juga bisa kok.
  3. Celupkan roti tawar yang sudah dicetak bulat ke dalam campuran telur tadi
  4. Masukkan roti tawar yang sudah dilumuri campuran telur ke muffin tin yang sudah dilumuri dengan margarin
  5. Isi tengahnya dengan coklat hazelnut
  6. tutup kembali dengan sisa roti tawar yang juga sudah dilumuri dengan campuran telur juga
  7. Taburi dengan taburan gula dan bubuk cinnamon
  8. Untuk sisa roti tawarnya, jangan dibuang, potong-potong dadu lalu campur dengan sisa campuran telur. Lalu aduk rata. 
  9. Setelah itu, masukkan juga ke dalam muffin tin yang sudah dilumuri dengan margarin sampai penuh
  10. Setelah semua selesai, tinggal masukkan muffin tin yang penuh dengan roti tawar tadi ke dalam oven. Panggang dengan suhu 150° celcius selama +/- 45 minutes.


Dan...
Jadi deh Cinnamon toast dengan isian chocolate hazelnut dan cinnamon toast muffin. Taburi cinnamon toast muffin nya dengan gula halus dan bubuk cinnamon, atau maple syrup. Jadi deh dua macam cinnamon toast yang berbeda.

Untuk Cinnamon Toast Muffin, kita bisa bikin alternatif lainnya dengan menambahkan apel hijau yang dipotong kubus kecil kecil saat mencampur bahan-bahannya, untuk bikin cita rasa yang sedikit berbeda. Dan apel dan cinnamon itu pasangan yang tepat kok :) 

Mudah loh cara membuatnya, nggak ribet dan nggak lama. 

Silahkan mencoba :)

sharing is caring

You Might Also Like

5 comments

  1. suka dengan segala kue dari cinnamon. Pasti wangi :)

    ReplyDelete
  2. Uuuuu kayaknya enaaak! Kebayang wangi cinnamonnya :'9

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak plus wangi banget sis, terus bertahan tiga hari di suhu ruangan juga. Yuk dicoba, gampang juga buatnya <3

      Delete
  3. Baca resepnya jadi kebayang wanginya cinnamon, pengen nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Raras, ayo dicoba praktekin Mbak :)

      Delete

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.