Apply Visa Berkunjung (Tourist Visa) Australia Untuk Saudara

By Miss Across the Sea - Tuesday, November 07, 2023

 

source

Si adek gw ini udah kuliah empat tahun lebih nggak lulus-lulus. Sebagai sole financial person kan agak kesel yes gw sebagai kakak. Padahal kurang ngomel apa coba gw. Karena si adek ini juga kerja, jadi kadang gw bilang nggak usah urus kerjaan, mending kuliah diurusin. Cape juga gw bayar tiap semester tapi yang dibayarin malah skripsinya dianggurin. Ketambahan si adek bontot ini punya pacar, AH! Mantap sudah ini sengsaranya si kakak. Jadilah gw bikin janji "kalau lu lulus akhir tahun ini, gw bawa lu liburan ke Aussie!" Sebagai penyemangat dia aja sih, biar cepet lulus.

Namanya juga si adek yang lagi terlena sama duit hasil keringat sendiri sama punya pacar kan, jadi janji gw ini dianggep ngawang-ngawang aja sama dia. 

Nggak putus semangat, tetep lah gw berjuang untuk si adek ini lulus kuliah. Plus minta bantuan papa sama mama juga. Si papa mah standar papa-papa lah ya, "ayo dek skripsinya diselesein." Udah gitu aja. Si mama malah ekstrim sih, "aduh dek, buruan itu skripsi diselesin. Kasian itu si kakak bayarin kuliah melulu tapi skripsi kamu jamuran."

Long short story, si adek akhirnya lulus juga, tapi nggak di 2022 juga, di 2023. Itu juga main tarik ulur macem karet sayur dah! Katanya wisuda Februari, terus mundur di Maret, eh akhirnya di Juni. Alasannya sih karena si dosen pembimbingnya lagi liburan. (Sial kau dosen pembimbing, enak-enak liburan, tapi gw tetep bayarin semesteran adek gw).

Untung sih si adek yang awalnya nggak tertarik dateng ke Australia berganti pikiran untuk mau dateng ke sini. Padahal hati gw udah panik melulu si adek kekeuh males dateng ke Australia. 

"Lu kalo ke sini, bisa poto-poto di tempat wisata, trus lu pamerin dah ke temen lu." Alasan gw buat ngajak si adek. Dasar anak Gen-Z kan ya, denger poto-poto langsung dah dia oke-in. Ya nggak apa-apa juga, yang penting dia mau ke sini. Masalahnya gw terlanjur janji mau bawa dia, bokap nyokap juga pengennya dia main ke sini.

Biasalah ya, hal pertama yang diurus kalau mau ke Australia: VISA!

Baca juga: Pengalaman Pertama Mengurus Visa Turis ke Australia

Isi Pakai Akun Kita

Sebagai orang yang punya immiaccount, gw (dan kalian) bisa apply visa berkunjung keluarga pakai akun kita. Waktu isi form untuk si adik, semua gw yang isi. Sebenarnya juga mudah kok isi form nya. Tinggal di isi aja semua yang diminta.
Lalu ada pertanyaan seperti:

"Does the applicant authorise another person to receive written correspondence on their behalf?"

Karena gw yang isi form adik gw, ya gw jawab aja: yes, another person. Yang nantinya dilanjut dengan isi detail gw sebagai authorise person

Setelah itu gw juga isi alamat email gw, yang mana email gw ini nantinya yang akan dikirimin visa yang sudah di grant sama immigrasi.  

Finansial Support & Dokumen

Sebagai sole financial person si adik gw ini, gw lah yang isi bagian ini. Gw jelaskan bahwa selama di Australia, semua kebutuhan finansial si adik di cover sama gw dan pasangan gw. Terus gw isi deh data diri gw, termasuk alamat tinggal di Australia.

Adik gw sama sekali nggak perlu kasih bukti keuangan dia. Karena gw menyebutkan gw dan pasangan yang akan support finansial adik gw, jadi gw yang kasih rekening bank gw dan pasangan gw, plus slip gaji gw dan pasangan gw. 

Oiya, waktu provide dokumen, selain rekening bank dan slip gaji, gw juga upload undangan pernikahan gw, dan juga itinerary  selama adik gw di Australia ngapain aja. 

Ke Email

Seperti biasa, karena gw memilih semua komunikasi via email, karena saat hari kerja gw nggak bisa bawa hape (baca: nggak boleh), jadi komunikasi via email jauh lebih baik. 

Setelah gw submit, dan bayar... 
Oh iya, visa adik gw ini gw lodge di akhir bulan Juli 2023, dengan biaya sebesar AUD $192.66, ada surcharge nya karena gw bayar pakai kartu.

Lanjut, jadi setelah gw submit dan bayar, gw dapat email dari immigrasi Australia yang isinya kalau gw adalah authorise person untuk koresponden visa adik gw ini.

Lama Waktu



Cuma butuh waktu 3 hari dari email pertama sampai ke email kalau visa adik gw sudah di granted. Dan adik gw juga punya 3 tahun multiple entry

Setelah visa granted, lalu mulai cari-cari tiket deh. Karena 3 tahun, jadi bisa dateng ke Australia kapan saja. Tapi si adik datang di bulan September 2023 kok. 


Jadi sekarang mudah banget apply visa berkunjung ke Australia untuk keluarga yang mau berkunjung ke Australia. Punya immiaccount juga nggak harus tinggal di Australia kok, jadi tinggal bikin aja, terus isi aja form untuk visa berkunjung. 

Menurut gw sih, kalau diurus sendiri malah lebih tahu apa aja yang diisi dan isi apa aja. Selain itu pengeluaran kita juga nggak bakal membengkak karena harus bayar travel agen untuk bikin visa kita. 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.