Books

Book Review: Fabric Animals, Baby Book Record by Bang On The Door

December 27, 2017


CLICK HERE FOR ENGLISH VERSION


Jadi,
Kita punya keluarga baru nih, bayi laki-laki ganteng dikasih nama Hudson Xavier. Setelah dua malam Ibu nya harus ada di rumah sakit buat melahirkan. Akhirnya lahir juga.

He is 3 months old in this picture
Baby Huddy (Doc), kita manggilnya, dapet banyak banget hadiah waktu dia lahir. Biasalah ya, sama seperti di Indonesia, setiap ada bayi baru lahir banyak banget hadiah lucu-lucu. Mulai dari pakaian bayi, "kosmetik" bayi, sampai mainan yang imut-imut.

Karena orang tua Huddy tinggal bareng kita, jadi otomatis beberapa barang bayi berserakan di mana-mana. Dimaklumi aja, namanya juga masih anak-anak (mereka masih dibawah 20 tahun). Salah satu barang yang bisa gw lihat diantar hadiah buat baby Huddy adalah beberapa buku. Buku-buku ini bukan buku cerita gitu. Tapi lebih mirip time capsule. Tahu time capsule kan? Itu loh, kotak, peti, atau apapun yang bisa diisi barang-barang kenangan yang kemudian disimpan, dan dalam waktu beberapa tahun bisa dibuka kembali.

Nah, buku ini semacam itu. Nggak perlu disimpan dan nggak dibuka buka sih. Tapi lebih menuliskan beberapa memori dari awal mau lahir sampai si bayi berusia empat tahun.

Salah satu bukunya judulnya Baby Record Book. Simple banget ya judulnya. Tapi seperti judulnya, buku ini memang digunakan untuk mencatat perkembangan si bayi loh.

Buku ini diproduksi oleh Penerbit Bang On The Door. Penerbit ini adalah salah satu penerbit yang menciptakan karakter-karakter yang banyak dijumpai di toko buku Gramedia loh (dulu sih, nggak tau sekarang), yaitu Classic Animals, FABric Animals, dan the Groovy Chick. Biasanya karakter ini ada di buku-buku catatan, ATK, tas, boneka, dll.

Berdiri pada tahun 1986, awalnya mereka hanya menciptakan desain yang simple dan lucu, yang kemudian berkembang menjadi produk-produk seperti tas, kaos, dll.

Untuk produk FABric Animals sendiri, mereka punya produk untuk ATK, buku, kaos, dan tas. Salah satu produknya ya Baby Record Book ini.


Judul: Baby Record Book
Penerbit: Bang On The Door (FABric Animals)
Penerbit di Australia : Ice Water Press
Halaman: 40 halaman
Dimensi: H 241mm X W 273mm X D 20mm
Harga: Australia AU$50.19 (Ebay Australia) / New Zealand: NZ$29.99 (thebabyfactory.co.nz)


Cover


Buku ini punya hard cover, dan covernya pun cantik. Dengan gambar hewan-hewan kain perca khas Bang On The Door, dan dihias cantik pakai pita biru. Untuk warna covernya sendiri dominan putih, dengan warna ungu di sisi bindingnya. Jadi nggak perlu khawatir kalau misalnya nggak tahu bayi yang lahir laki-laki atau perempuan, karena buku ini bisa dibilang gender neutral.

Gambarnya sendiri lucu-lucu loh. Bikin yang liat jadi seneng. Dan karena bayi identik sama lucu, cover yang lucu ini bikin kita jadi pengen catet perkembangan si bayi di buku ini ya.



Memories

Karena buku ini memang didesain untuk mencatat semua perkembangan bayi, jadi semua yang ada di sekitar bayi dan semua tentang bayi yang baru lahir bisa di catat di sini. Dan buku ini bisa menyimpan semua "memori" dari perkembangan si bayi sampai usia bayinya empat tahun loh.

Di Halaman pertama, tentu saja karena buku ini buku "rekaman" perkembangan bayi, adalah nama si bayi. Di cetak dengan font yang menarik, dan juga gambar-gambar khas FABric Animals, dan pastinya nggak norak dilihat mata.


Nggak cuma nama bayi loh, halaman berikutnya nggak kalah cantik dan lucu. Di buku ini juga membuat para orang tua kembali mengingat pertama kali mereka tahu tentang kehamilan sang ibu, dan jenis kelamin apa yang mereka harapkan. Yang paling seru (menurut gw) mereka kasih satu halaman full untuk memasang foto-foto dari pertama kali scan USG loh.

Setiap halamannya dari awal bercerita tentang perkembangan si bayi, dari awal orangtua melihat si bayi di kandungan, kemudian halaman saat bayi berada di dalam kandungan, halaman si ibu mengkonsumsi apa saja, dan ngapain aja, halaman saat bayi lahir, halaman disaat bayi lahir ada apa aja, halaman hari pertama lahir, halaman ada juga loh pohon keluarga, dimulai dari orangtuanya kakek si bayi, om dan tante, orangtua, sampai saudara kandung. Lucu deh.

Memang, perkembangan bayi kan nggak cuma setahun sekali ya, nah, perkembangan tiap bulannya pun bisa diabadikan di buku ini loh. Cuma segampang naruh poto bayi aja di halaman-halaman tertentu. Seperti dua halaman full perkembangan setiap tiga bulan sampai usia 12 bulan.

Buku ini juga punya halaman disaat ulang tahun pertama, kedua, ketiga dan keempat. Juga halaman pada saat usia pertama, kedua, dan ketiga, apa aja yang sudah dipelajari si bayi, dan tentu aja halaman khusus untuk menaruh poto, ataupun kenangan yang lain di hari itu.


Buat orangtua yang mau punya bayi, buku ini menarik banget loh buat diisi, terus dijadiin kenangan. Apalagi yang ditulis adalah kenangan-kenangan yang terkadang pengen banget diingat. Seperti pertama kali gigi si bayi tumbuh.

Buat si bayi, mereka bakalan bisa melihat empat tahun pertama mereka saat besar nanti. Jadi seperti buku kenang-kenangan kan.

Buku ini biasanya jadi buku hadiah buat orangtua yang punya bayi. Menurut gw, buku ini menyenangkan loh. Apalagi halaman-halamannya juga lucu-lucu. Buat mama-mama baru pasti seneng banget nulis perkembangan bayinya di buku ini.

Buat yang nanya gimana caranya nempelin poto-poto dan kenangan yang lainnya? Di dalamnya ada kantong khusus loh, ada juga amplop untuk menyimpan kenangan selain poto. Tentu saja dibuat semenarik mungkin.

Di Australia, buku ini di terbitkan oleh penerbit Ice Water Press. Buku-buku terbitan penerbit ini dijual di toko online di Melbourne. Sayangnya, buku ini bukan salah satu buku yang dicetak banyak banget, terutama di Melbourne. Karena waktu gw browsing beberapa supermarket yang menjual buku-buku serupa, buku ini sudah nggak ada lagi.

Di New Zealand lain lagi. Kalau cari buku ini, toko online di New Zealand, Baby Factory, masih menjualnya dengan harga NZ$29.99 atau setara dengan AU$27.30.

Tapi sayang, buku ini nggak dijual di Gramedia, Indonesia. Nggak tau ya kalau di toko buku yang lainnya. Sayang sih, tapi ini bisa jadi alternatif hadiah loh buat para orangtua baru.

Follow my blog with Bloglovin

sharing is caring

You Might Also Like

0 comments

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.