family

Hello Straya: Relay For Life, Cranbourne Narren 2017

December 24, 2017





CLICK HERE FOR ENGLISH VERSION


Follow my blog with Bloglovin

Sudah tau dong kalau Mas Bojo punya anak perempuan? Nah anak perempuannya Mas Bojo ini punya banyak banget kegiatan, salah satunya dia jadi salah satu member di Relay For Life. Relay for life ini acara tahunan yang diadakan oleh Cancer Council di seluruh dunia. Awalnya dimulai pada tahun 1985 di Amerika, dimana beberapa dokter mau menumbuhkan kesadaran terhadap penyakit kanker.

Pertama Kali Diadakan 

Di Australia sendiri, Relay for Life ini pertama kali dimulai pada tahun 1999, dan mengumpulkan dana sebesar $75,000 untuk Cancer Council. Semenjak itu, setiap tahun di semua negara bagian Australia. Nah terus dana dari acara ini nantinya akan dipergunakan oleh Cancer Council, sebuah lembaga non profit yang bergerak di penelitian penyakit kanker, untuk membiayai penelitian mereka seperti mempelajari deteksi dini penyakit kanker, cara mengurangi resiko terkena kanker, dan juga support dan juga penanganan yang tepat untuk penderita kanker.

Siapa Aja Yang Bisa Ikut

Kalau ditanya sebenernya siapa aja sih yang bisa ikutan di acara ini. Nggak mesti keluarga dari panitia kok. Yang pasti mereka yang ikut punya concern yang sama tentang penyakit kanker. Bisa mereka yang sudah pernah berjuang dari kanker dan sembuh total, mereka yang pernah kehilangan keluarganya karena kanker, atau mereka yang memang perduli dengan bahaya kanker. Kanker nya apa aja? Semua kanker, mulai dari kanker payudara sampai kanker kulit. Ngomong-ngomong tentang kanker kulit, dua dari tiga orang Australia terdeteksi kanker kulit loh.


Nggak ada batasan usia untuk peserta, mulai dari bayi (anaknya anak Mas Bojo yang masih 5 bulan juga diajak loh) sampai usia tua. Yang penting masih punya semangat untuk mendukung pengobatan terhadap kanker dan kuat jalan.

Sebagai bagian dari kelompok ini, tentu aja anaknya Mas Bojo juga ngajakin keluarganya untuk ikutan acara ini. Acaranya nggak aneh-aneh kok. Cuma jalan aja keliling lapangan. Dimulai dari jam 4 sore, dan selesai jam 12 siang besoknya. Biasanya mereka juga menyediakan hiburan. Mereka datang dengan membawa tenda yang cukup menampung keluarga mereka, karena kalau ikutan acara ini, berarti harus berada di tempat selama acara berlangsung.

Selain Mas Bojo dan gw, keluarga dari mantan istrinya Mas Bojo juga ada. Ini jadi acara tahunan buat keluarga mereka. Berbeda dengan Mas Bojo dan gw yang cuma mampir, dan cuma tiga atau empat kali muterin lapangan, kalau keluarga mantan istrinya Mas Bojo dari awal sudah hadir di lapangan. Selain support anaknya, mereka juga jadi bagian dari acara tahunan ini.

Apa Aja di Acara Ini

Relay for Life ini juga memanjakan pesertanya dengan menyediakan booth makanan ringan, dan juga masing-masing peserta juga bisa menjual hasil karya mereka, atau apapun di depan tenda mereka. Selain itu juga ada permainan baik dari panitianya ataupun dari pesertanya sendiri. Juga ada hiburan seperti live music juga. Juga ada hadiah buat mereka yang punya langkah terbanyak di hari itu.

Oh iya, mereka juga punya spot photo booth juga loh. Buat yang suka narsis macam gw, langsung deh poto-poto. Photo booth nya juga nggak sembarangan kok, bagus.


Karena datengnya dekat tengah malam, jadi beberapa orang sudah mulai duduk-duduk di tendanya masing-masing. Beberapa memang masih jalan mengelilingi lapangan. Beberapa tenda masih berjuang melawan ngantuk dengan ngobrol-ngobrol, ataupun bikin game di tenda sendiri, ada juga live music yang selesai tepat jam 11 malam.
Saat melakukan jalan keliling lapangan, panitia juga kasih beberapa banner dan papan di sekitar tempat jalan-jalan untuk mengingatkan kita semua akan bahaya kanker, dan juga beberapa cara untuk mencegah terjadinya kanker loh. Jadi acara ini benar-benar meningkatkan kewaspadaan kita untuk sedini mungkin menghindari bibit tumbuhnya kanker, dan juga deteksi dini terhadap kanker.


Cara Ikutan

Untuk jadi peserta di acara ini, tinggal daftarkan diri aja di website mereka. Kalau di Australia semua semua serba online, ini jadi memudahkan kita, nggak perlu dateng ke kantor mereka, ataupun harus kirim surat, hehehe. Awalnya cari dulu mau ikutan Relay di tempat yang mana. Kalau sudah, pilih deh, ikut jadi peserta jalan, atau team panitia, terus tinggal kasih tau ukuran kaos, terus tentukan tujuan amalnya, terus donasi deh. Minimum donasi cuma AU$25. Kalau sudah tinggal bayar dan konfirmasi, nah kalian bisa ikut di acara Relay for Life di daerah tempat kalian daftar.


Cuma di Australia Aja Ya?

Global Relay For Life Logo

Acara ini diselenggarakan di mana mana. Sampai saat ini, acara ini sudah diikuti oleh 29 Negara loh, antara lain Belgia, Jamaika, UK, Afrika Selatan, Australia, Irlandia, Denmark, India, Turki, Singapora, Philipina, dan tentu aja Amerika.

Relay For Life Australia Logo

Di Australia sendiri, semua negara bagian ikutan loh untuk acara ini. Mulai dari Northern Territory, sampai Victoria. Klik di website mereka, lalu pilih negara bagian mana yang mau diikuti, terus tinggal pilih Relay di tempat yang mana. Jadwal tahunan ada semua di website nya.

Di Victoria, sudah ada 26 wilayah yang terjadwal di tahun 2018 loh. Cranbourne Narre sendiri selalu kena di bulan November, jadi cuacanya kadang setengah dingin, kadang dingin banget, kadang malah hangat, karena sudah mulai masuk musim panas.

Sayangnya, diantara 29 negara yang sudah ikutan acara ini, Indonesia belum termasuk di salah satu Negara partisipan.



Buat gw sendiri ini adalah kali keduanya datang ke acara ini. Pertama datang waktu gw mau balik ke Indonesia, dan ini kali kedua. Walaupun nggak bisa ikut sepenuhnya di acara ini. Tapi dengan ikut acara ini gw jadi tau betapa banyak orang yang perduli dengan kesehatan, terutama pencegahan dan deteksi dini terhadap kanker. Selain itu juga bisa lihat bagaimana orang-orang kuat, penyintas kanker ikut memberikan donasi dan juga peserta di acara ini. Juga mereka yang telah kehilangan orang-orang terkasih mereka karena kanker.

Semua yang perduli tentang bahaya kanker jadi satu di sini, menyuarakan hal yang sama. Menurut kalian, di Indonesia bisa nggak ya menyelenggarakan acara global seperti ini? Mengingat Singapura dan Philipina sudah jadi bagian dari gerakan global ini.


Follow my blog with Bloglovin

sharing is caring

You Might Also Like

2 comments

  1. Nice event. Photo boothnya cantik ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, event nya simple sih tapi bagus banget. Hahaha, iyaaa photobooth nya cantik2 mmg Mbak, demi membahagiakan fakir selfie seperti aku, hehehe

      Delete

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.