Pengalaman Mengurus SKCK Online Untuk Visa

By Miss Across the Sea - Tuesday, April 17, 2018

Sudah baca post gw tentang apply de facto visa Australia belum? Baca dong sis, hehehe. Nah, intinya de facto visa ini membutuhkan banyak banget dokumen, baik dari gw maupun dari Mas Bojo. Salah satu dokumen yang dibutuhkan adalah SKCK.

Buat mereka yang apply Visa di luar Australia, gampang sih karena semua-semuanya diurus di Negara asal, apalagi sekarang bisa apply visa ini secara online.

Nah, buat gw dan beberapa orang lainnya, yang apply nya di Australia, repot juga kalau harus balik ke Indonesia. Yekaan...

Dan ternyata kepolisian Indonesia sekarang udah canggih bo'. Mereka sudah punya pelayanan SKCK online. Tentu aja ini SEDIKIT membantu buat mereka yang mau cari SKCK tapi di luar Indonesia, macam gw.

Website

Sumber
Website mereka sederhana banget, dan langsung ke point nya, yaitu pembuatan SKCK. Di halaman pertama, sebelum membuat SKCK, kita dikasih tau tentang data apa aja yang harus kita siapkan untuk membuat SKCK, seperti KTP yang masih aktif, Kartu Keluarga, pas photo dan juga akte lahir. 

Selain itu, di halaman pertama, mereka juga kasih penjelasan tentang SKCK, dan cara membuat SKCK via online. Selain itu, mereka juga kasih tau syarat dan ketentuan pembuatan SKCK buat WNI dan WNA, plus beberapa catatan juga.

Setelah kita baca semua (kalau mau dibaca), dan juga menyiapkan dokumen yang sudah discan, tinggal masuk deh ke halaman pembuataan SKCK.

  • Step 1
Di halaman pertama ini, kita dikasih form tentang beberapa data yang perlu kita isi. Data ini berupa data formal seperti keperluan kita membuat Visa, nama, alamat, dll. Tinggal diisi aja sesuai dengan data yang ada di KTP kita. 

  • Step 2

Di halaman berikutnya, karena gw keperluannya membuat visa, jadi mereka minta nomor passport beserta lampiran passport gw, halaman depan. Juga beberapa data dari passport gw. Di halaman ini juga diminta lampiran sidik jari kita, dan juga beberapa keterangan menyangkut ciri-ciri fisik kita. Juga diminta untuk melampirkan KTP, KK, dan juga akte lahir
  • Step 3
Di halaman berikutnya, mereka minta data keluarga. Nama ayah, ibu, dan juga saudara. Isi aja yang ada di KK. Setelah itu, isi deh hobi yang diminta sama mereka, yang menurut gw ini agak aneh sih, LOL. Lalu isi aja riwayat pendidikan kita dari SD sampai pendidikan terakhir. LOL.
  • Step 4
Langkah berikutnya, tinggal diisi aja apakah kita pernah kena tindak pidana dan pelanggaran sebelumnya. Kalau dua-duanya kita jawab tidak, kita nggak harus isi beberapa kolom di halaman berikutnya.

Setelah selesai semua, nanti kita akan dibawa ke halaman berikutnya, yaitu halaman yang menunjukkan form registrasi. Tinggal di print deh ini halaman.

Nomor registrasi yang sudah kita buat tadi cuma berlaku seminggu loh. Jadi memang harus sesegera mungkin, apalagi pelayanan SKCK itu cuma sampai jam 3 sore.

Gimana kalau lewat waktunya? Ulang lagi dari awal. Gw sampai 5 kali ngulang, karena waktunya temen gw miss terus.

Finger Print

Di form nya ada kolom untuk menyertakan cap jari (finger print). Buat orang-orang seperti gw, bikin cap jari dulu di kepolisian setempat. Kalau di Australia, harus telepon polisi dan jadwalin waktu untuk cap jari. 

Kalau jadwal sudah di tangan, tinggal datang ke kantor polisi tempat janjian, cuma butuh 10 menit kok, langsung jadi.

Nanti finger print ini yang di disertakan di form, dan dikasih ke teman/ saudara yang di Jakarta untuk dibawa lagi ke kantor polisi untuk di rumus terlebih dahulu. 

SKCK Online Hanya Untuk Nomor Registrasi

Tadi gw bilang kalau SKCK online ini SEDIKIT membantu kita-kita. Karena, yang kita lakukan seperti memasukkan data dan lain sebagainya mempermudah kita tanpa harus kembali memasukkan data-data yang dibutuhkan di kepolisian. 

Kenapa sedikit membantu? Karena setelah selesai semua step, dan dikasih nomor registrasi, nomor registrasi itulah yang nantinya akan kita bawa ke kantor polisi yang sesuai dengan keperluan pembuatan SKCK ini, beserta dokumen-dokumen yang kita lampirkan tadi.

Yap, untuk formulir SKCK sendiri harus diambil ke kantor polisi sesuai dengan keperluan. Karena gw perlunya untuk membuat Visa, jadinya gw harus ambil ke Mabes Polri di Kebayoran Baru, Jakarta. 

Bisa Diwakilkan

Bingung karena nggak bisa ngambil dalam waktu dekat, apalagi seperti gw yang nggak bisa bolak balik ke Indonesia dengan cepat. Apalagi nomor registrasinya cuma berlaku seminggu. Nggak usah bingung, bisa diwakilkan kok.

Caranya tinggal buat surat kuasa ke teman atau saudara yang mau mewakilkan kita untuk datang ke Mabes Polri. Sambil mereka dikasih dokumen yang sudah kita lampirkan di SKCK online, termasuk sidik jari juga loh.

Kalau sudah selesai rumus sidik jari, tinggal datang ke gedung pengurusan SKCK, dan ditunggu deh.

Nah, saudara atau teman kita bisa dateng deh ke Mabes Polri, sambil membawa semua dokumen. Waktu tunggunya nggak lama kok, dan biayanya juga murah. Cuma 5-10 menit aja, dan kalau nggak salah sih biayanya cuma Rp10.000.


  • Share:

You Might Also Like

32 comments

  1. Assalamu'alaikum...
    Sorry mau tanya,
    Saya tinggal di malaysia dan saya juga bingung mau ngurus sidik jari itu gimana ya?
    Kalau saya pergi ke polisi terdekat disini untuk sidik jari dan hasil sidik jari nya apakah cukup di scan atau harus hasil asli sidik nya di pos ke indonesia?
    Dan skck untuk pembuatan visa apakah harus pengambilan nya di kebayoran jakarta?
    Apa bisa pengambilannya di surabaya karena saya asal surabaya.
    Sebelum nya Terima kasih banyak atas info nya.
    Bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Kalau memang mau bikin sidik jari di Malaysia, bisa kok dikirim scan aja ke keluarga/ teman yang di Jakarta, nggak perlu dikirim aslinya.

      Untuk pembuatan visa (apapun itu) sayangnya harus dilakukan dan diambil di Jakarta (Mabes) Mbak.

      Semoga jawaban ini bisa membantu ya :)

      Delete
  2. Hi mba, terima kasih atas artikelnya ini ya sangat membantu saya untuk mendapatkan info dalam pembuatan skck online. Saya juga butuh skck karena mau apply kerjaan di sekolah. Kebetulan saya menetap di Inggris sekarang. Yang ingin saya tanyakan, apakah bisa saya melakukan sidik jari dikepolisian sini ya mba? Karena bukan untuk pembuatan visa. Terima kasih banyak 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak, terima kasih sudah mampir dan baca post aku. Untuk sidik jari di luar Indonesia, coba bikin janji ke kantor polisi di tempat Mbak. Kalau di sini mereka akan atur jadwal kapan dan dimana, karena nggak semua kantor polisi sini bisa bikin finger print. Finger print di kantor polisi di sini bisa buat apa aja, dan aku rasa sama aja dengan di Inggris, krna sama2 Commonwealth.

      Delete
    2. Terima kasih banyak mba, saya sudah telpon kepolisian setempat dan dapat jadwal hari selasa ini akan melakukan finger print. Semoga mba beserta keluarga selalu sehat dan dilindungi Tuhan. Sukses selalu ya mba. Terima kasih sekali lagi 🙏🙏

      Delete
    3. Awesome! All the best ya... Doa yang sama untuk dirimu... :)

      Delete
  3. Hi mba, ini aku lagi. Maaf ya tanya2 mulu 😅 klo boleh tau fingers print yang mba scan buat skck online itu semua jari kah atau ex. Bisa 3 jari ditengah saja begitu mba? Karena ternyata lumayan mahal ya bayarnya 😂😂 makasih mba 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi... setau aku semuanya deh. Hehehe.. Soalnya mereka ambil semua, se telapak tangan, terus tiga jari, jadi semuanya. Kmrn aku ga tanya sih bisa apa enggak, tapi silahkan di tanya ke cop shop nya ya, sapa tau bisa... :)

      Delete
  4. Hy mbak mau nanya..sekarang posisi saya di australia sudah menikah dan saya butuh skck kebetulan keluarga saya gak ada yg tinggal di jakarta..Kalo bikin visa scknya di polres di kampung atau polda jawa tengah bisa gak ya ? Atau perlu di mabes polri .?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, setau aku skck utk visa harus dibuat di mabes, gabisa di daerah.

      Delete

  5. Hallo kak
    Kak sebelum ke kepolisian Australia untuk fingerprints Apakah harus tlf dulu atau kirim document ke kjri Di Canberra ?

    ReplyDelete

  6. Hallo kak
    Kak sebelum ke kepolisian Australia untuk fingerprints Apakah harus tlf dulu atau kirim document ke kjri Di Canberra ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo say,
      Untuk fingerprint book nya di kantor polisi ya. Telpon saja kantor polisi, lalu bilang mau bikin fingerprint. Nanti mereka kasih tau kantor polisi mana yg available.

      Delete
  7. Anonymous12:53 AM

    Membantu bgt! Soalnya mau ngurusin visa kakak yg lg diluar diwakilin sm saya. Jd gausah pake surat pengantar rt rw kelurahan ya langsung ke mabes? Oh Iya kakak saya ngasih dokumen sidik jarinya masih berupa gambar semua cap jari gitu berarti itu ke INAFIS dulu ya untuk di bikin rumus baru ke loket skck nya? Makasih yahhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Kiki, iya bener banget. Langsung aja dtg ke Mabes dg nomor pendaftaran online & Surat kuasa.

      Kalau blm ada rumusa. sidik jari, mmg betul harus ke INAFIS dulu utk rumusan sidij jari.

      Semoga ini membantu ya... 😊

      Delete
  8. Anonymous8:18 PM

    Halo mau tanya untuk sidik jari yg perlu di rumus terlebih dahulu apakah bisa langsung di mabes polri saat pengambilan atau harus di rumus di kantor polisi terdekat terlebih dahulu sebelum di bawa ke mabes polri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengalaman saya sidik jari dibuat dlu sblm dibawa ke mabes. Mungkin bisa kalau ke mabes nya sendiri bukan diwakilkan ya.

      Delete
  9. Makasih ka, membantu bgt.
    Saya lg mau urus skck kk saya yg lg di Queensland.
    Mau tanya dong. Kalo surat kuasanya harus asli ya, atau boleh scan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...

      Utk surat kuasa boleh di scan kok. Asal ada ttd, dan materai ditempel saat tmn / saudara di Indonesia print suratnya.

      Delete
  10. Selamat siang kak, apakah untuk skck yang online tetap butuh surat pengantar rt rw dsb kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, ak kemarin bikin surat kuasa nggak perlu ada surat pengantar RT/RW tuh, cuma pakai materai aja

      Delete
  11. Halo kak, mau tanya
    Kalo udah upload data2 yang di perlukan (softcopy via online) apakah wakil kita perlu membawa data2 hardcopy nya ke mabes ? atau sudah cukup dengan membawa nomor registrasi dan surat kuasa saja? (untuk sidik jari saya sudah punya rumusan dari pembuatan SKCK sebelumnya.

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Untuk data yang diperlukan hard copy nya juga perlu dibawa. Aku kemarin cukup dengan print semua dokumen yang diminta + surat kuasa.

      Delete
    2. Imagina Kristi10:38 PM

      Halo kak, mau nanya untuk pengambilan sidik jari di kantor polisi australia apa ada biaya nya? dan untuk perwakilan nanti di Indo, berarti dari Australia mesti mengirimkan dokumen surat kuasa hard copy ke Jakarta ya kak? waktu itu kakak pake jasa pengiriman dokumen apa ya ke Indonesia? Terima kasih sebelumnya.

      Delete
  12. Hi, untuk pengambilan sidik jari di kantor polisi Australia ada biaya nya ya. Aku nggak tau harganya sekarang, klo ga salah bisa di cek di web immi / tanya langsung ke kantor polisinya. Kalau aku kmrn cuma kirim soft dokumen aja, tmn aku yg print. Materai juga tmnku yg kasi.

    Semoga membantu ya.

    Cheers

    ReplyDelete
  13. Anonymous5:41 PM

    Salam kenal Mba. Keren banget dan pastinya sangat membantu informasi nya detail banget. Love love deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, salam kenal juga. Terima kasih sudah mampir. Semoga post aku ini banyak membantu ya

      Delete
  14. Anonymous9:43 PM

    Hi Sis, mau tanya. Kalau sdh ada rumusan sidik jari dari SKCK sebelumnya, apakah cukup dengan melampirkan SKCK yg lama ? Dan SKCK kamu itu apakah alamatnya tetap sesuai KTP atau alamat domisili di Luar Negeri. Mohon informasinya ya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah punya mungkin dibawa aja dulu ke mabes dan tanyakan ke mereka ya. Setau aku mmg ga perlu bikin lagi, tapi langkahnya aku ga tau.

      Alamat yg aku pakai alamat sesuai KTP ya.

      Delete
    2. Anonymous12:01 AM

      terima kasih banyak utk informasinya ya Sis

      Delete
  15. Anonymous11:47 PM

    Kak aku juga mau buat SKCK online nih buat keperluan visa, untuk ngambilnya gak bisa di kaporli di tempat kita tinggal ya, kek kakk harus ambil di Jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, maaf ya ak telat bales. Setahu aku utk skck pembuatan visa harus di mabes ya. Mungkin skg aturannya berubah. Bisa di cek lagi aja di polres masing2.

      Delete

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.