food

Sunbites Snacks, A-Must-Try Snack Kalau Kamu Ke Australia

May 09, 2018

Photo by Fancycrave from Pexels
CLICK HERE FOR ENGLISH VERSION


Sebagai orang yang doyan makan, udah pasti kalau pergi kemana mana pengennya nyoba makanan yang ada di tempat yang dikunjungi. Sekalipun cuma kaki lima. Inget banget dulu waktu pergi ke Bangkok, nyempetin makan mie kuah pinggir jalan di stasiun kereta api. Enak banget, walaupun topping nya nggak banyak.

Kata temen gw sih enak karena campur sama keringet yang jual plus debu. Sebodo amat yak, namanya juga pertama kali nyoba.

Nggak jauh beda gitu begitu pindah ke Melbourne. Isinya pengen nyobain makanan ini itu. Enaknya lagi Mas Bojo juga orangnya doyan makan, jadi kan klop kitanya.

Nggak heran sih kalau akhirnya gw naik sampai 15 kilo. Bye bye deh perut rata dan pakaian dengan size SMALL. 

Belanja Mingguan Termasuk Snack

Karena di sini sistem bayaran gaji mingguan, jadi belanja kebutuhan juga bukan bulanan, tapi mingguan, jadi belanjanya pun mingguan. Nggak apa-apa juga sih. Jadi beberapa makanan yang nggak bisa disimpen lama juga bakalan kepake. 

Kebiasaan Mas Bojo ini selalu menyelipkan makanan ringan (snack) setiap belanja. Mau itu coklat, mau itu permen, mau itu chips. Bisa juga tiga jenis makanan ringan itu dibeli juga sama dia. 

Serunya (buat gw), makanan ringan di Australia ini banyak yang belum pernah gw coba. Jadi pasti lah gw ikutan exited kalau sudah sampai ke snack isle. Satu gang isinya makanan ringan yang belum pernah gw coba semua coba.

Sunbites Snacks


Diproduksi oleh SMITH, yang merupakan anak perusahaan dari PepsiCo. kalau di Indonesia biasa makan dan kenal makanan ringan seperti Lays, di Australia produknya ya Smith's Snack. Somehow mereka punya kemasan yang sama, tapi beda nama. 

SMITH awalnya adalah perusahaan Inggris, dan (pastinya) berekspansi ke Australia. Yang pada akhirnya dibeli sama Pepsi Co. 

Dengan jargon "Snack you can feel good about" Sunbites menawarkan berbagai macam makanan ringan yang berbahan dasar gandum, dan enak.

  • Sunbites GrainWaves
Diperkenalkan pertama kali di Australia di tahun 2009, nggak butuh waktu lama buat makanan ringan ini jadi salah satu makanan ringan kesukaan orang Australia. 


"Ini enak banget loh, beneran. Aku suka banget makan ini." Kata Mas Bojo waktu itu.

Gimana nggak langsung iya. Jadilah ini snack pertama yang gw rasain di Melbourne. 

Awalnya sih nggak kepikiran namanya grainwaves terus bentuknya mirip wave gitu. Pikiran gw sih cuma karena namanya Grainwaves jadi dibuat dari grain. Gitu aja. Ternyata bentuknya memang seperti waves.

Kenapa gw akhirnya juga bilang kalau ini enak, karena chips nya tebel. Karena bentuk chips nya tebel banget, jadi rasa gandumnya kerasaaaa banget. Makanya gw suka sama makanan ringan satu ini. 

Ternyata oh ternyata, karena dibuat dari gandum asli, dan 30% less fat dibandingkan dengan makanan ringan bebahan kentang.

source
variety of subites grain waves
Favorit gw sejauh ini yang rasanya sour cream and chives juga sweet chili. Tapi kalau disuruh milih diantara dua rasa itu, gw pilih sour cream and chives sih. 

Unik banget rasanya, menurut gw, karena walaupun didominasi sama rasa gandum, tapi rasa lainnya nggak tenggelam. 

  • Sunbites GrainWaves Varian Baru
Awalnya GrainWaves ini cuma ada tiga varian, tapi belakangan ini mereka punya varian baru, yang mereka kasih nama GrainWaves Plus. Dikasih embel-embel Plus karena mereka nambahin lagi tiga rasa baru, Sweet Potato with Cream Cheese & Herb, Beetroot with Sweet Chilli Jam  dan Sweet Potato with Honey & Rosemary.

Seperti pendahulunya, ketiga varian ini tetap dibuat dari gandum berkualitas dan ditambah dengan rasa baru tadi.

Gw sempet beli yang rasa Sweet Potato with Cream Cheese & Herb. Rasanya? Tbh, nggak seenak rasa originalnya. Malah menurut gw rasanya aneh, karena campur aduk gitu. Menurut gw varian baru yang ini nggak seenak varian aslinya. 
  • Sunbites Snack Crackers
Varian lainnya dari produk Sunbites ini adalah Snack Crackers. Bedanya dia nggak ada waves nya. Lempeng aja persegi panjang gitu bentuk chips nya. 

Selain itu, produk ini dibuat dari bahan yang sama ditambah dua bahan lagi yaitu quinoa dan buncis. Dari dua varian itu, terbitlah dua rasa di masing-masing varian. Caramelised onion & balsamic dan Cheddar & Chives untuk bahan dasarnya Quinoa, Lemon & Exotic Spice  dan Smoke Paprika untuk bahan dasarnya buncis.

Nah gw sih milih yang rasa Lemon & Exotic Spice, Smoke Paprika  sama Caramelised Onion & Balsamic

Dari ketiga varian rasa itu, gw sih nggak punya favorit. Karena kalau dirasa rasa, tiga rasa itu sebenernya aneh di lidah gw. Anehnya karena rasanya walaupun ada rasa gandumnya, tapi rasa lainnya juga kuat banget. 

Tapi kalau dipilih sih gw milih yang Smoke paprika. Karena gatau kenapa, dari tiga rasa yang gw rasain, gw berasa rasa smoke paprika ini lebih kena aja di gw. 
  • Coba Pake Cocolan
Nggak cuma pas makan Sunbites aja sih pakai cocolan. Tapi hampir semua makanan ringan di sini makannya bisa pakai cocolan. Dan di Australia sendiri sudah banyak banget cocolan di jual di supermarket. 

Kalau di Indonesia nggak ada, coba deh bikin sendiri dari mayones sama timun yang dipotong kotak kecil kecil. Atau coba pakai salad dressing. 



Kalau menurut gw secara keseluruhan, makanan ringan ini sebenernya enak. Apalagi dibuat dari gandum, jadi ada pilihan makanan ringan dengan bahan dasar yang lain. 

Gw bisa lihat kenapa Sunbites jadi makanan ringan favorit di Australia, karena memang rasanya yang enak plus karena chips nya tebal.

Kalau ke Australia jangan lupa belanja makanan ringan ini ya. Harganya cuma A$4 per bungkus yang isinya 210gr. Itu setara sama big size nya Lays loh. Puas deh.

sharing is caring

You Might Also Like

2 comments

  1. WAH SNACK BARU! dari grain lagi aduuuhh <3
    Baru di Aussie doang ya? Atau di Indo udah masuk?
    Mau nyobaa hehehe.

    Cheers,
    Cindy
    www.cindyartha.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru di Aussie deh ini sis... liburan ke Aussie sis, jgn lupa cobain snack ini. Dijamin enak bgt yg rasa chives nya

      Delete

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.