Journey

ANZAC Day, Hari Pahlawannya Australia

May 06, 2018

source
CLICK HERE FOR ENGLISH VERSION


Kalau di Indonesia setiap tanggal 10 November kita memperingati hari pahlawan, kalau di Australia setiap tanggal 25 April. Namanya ANZAC days, Australia & New Zealand Army Corps. Nggak jauh beda sama di Indonesia, hari ANZAC di"rayakan" dengan parade. 

Sama seperti di Indonesia, mereka juga melakukan upacara dan juga parade. Eh, masih nggak sih ada parade kebangsaan gitu pas hari pahlawan?? 

Eh bukan ya, kalau parade begituan pas hari kemerdekaan ya. Yang banyak anak-anak nan lucu pakai baju daerah, pakai baju profesi. Lain lagi sama ANZAC days nya Australia. 

ANZAC Day = Hari Libur Nasional

Setelah gw di Aussie, satu hal yang paling nggak menyenangkan adalah hari libur nasionalnya sedikit. Bisa dihitung sama jari. ANZAC day adalah salah satunya. Di hari ini, karena hari libur nasional, semua kantor dan bank tutup selama sehari. 

Tapi kalau tempat pelayanan publik seperti supermarket, ataupun cafe bukanya rada siangan, jam 10-an gitu. Kalau kebanyakan biasanya bakal buka sehabis makan siang (jam 1 siang). 

Masing-masing negara bagian sebenernya punya peraturan sendiri mengenai toko yang buka pas Anzac Day ini. Kalau di Victoria aturannya toko-toko besar (seperti supermarket dkk) bukanya jam 1 siang. Pernah baca sih di beberapa negara bagian bahkan mereka tutup seharian. 

Apa Sih ANZAC Day ini

  • Sejarah ANZAC DAY
Ya semacam hari pahlawan gitu, yang diperingati setiap tanggal 25 April. Kenapa dipilih tanggal 25 April? Katanya sih diambil dari hari pertama tentara Australia & Selandia Baru bergabung di Perang Dunia I. Kenapa jadi sangat spesial? Karena waktu PD I terjadi di 1914, Australia baru berdiri sebagai Negara Federasi selama 13 tahun, dan secara otomatis tentara Australia dikasih tempat sebagai bagian dari Commonwealth. 

Di waktu itu, mereka berangkat ke teluk Gallipoli (sekarang Turki), dan berperang melawan Turki, yang mana sebanyak lebih dari 8.000 tentara Australia gugur. Yang ternyata peperangan ini membawa dampak yang besar terhadap Negara Australia sendiri. Jadilah, tanggal 25 April serasa sangat istimewa buat Negara ini.

Di tahun 1916 pertama kalinya ANZAC day dirayakan. Tentara Australia dan New Zealand merayakan dengan parade di London, perayaan di Australia, dan juga acara seperti olahraga di camp Australia & Selandia Baru di Turki. 

Baru di tahun 1920an perayaan ANZAC ini dirayakan sebagai hari besar. Ditambah lagi di saat itu, tentara yang gugur sudah lebih dari 60.000 orang. 

  • Peringatan ANZAC Day Sekarang
Karena pada awalnya ANZAC ini untuk menghormati tentara Australia dan Selandia Baru yang gugur di medan perang, lama kelamaan, nggak cuma untuk mengenang mereka yang gugur di Perang Dunia I & II, tapi tentara yang gugur dalam tugas dimanapun. 

Jadi setiap peringatan ANZAC, pagi harinya kita bisa lihat parade para veteran, juga anak-anak sekolah, anak pramuka, dan keluarga veteran keliling kota. Habis itu diadakan upacara peringatan dengan menaruh karangan bunga (kebanyakan bunga poppy) di monumen ANZAC di masing-masing daerah.

Saat ini, ANZAC day diperingati bukan cuma untuk mengenang tentara Australia yang berperang (baik gugur maupun yang selamat) di Perang Dunia I dan II, tapi juga tentara Australia yang juga berperang di beberapa medan peperangan. Terutama untuk kedamaian dunia. 

Jadi nggak heran kalau di monumen di city center nya Cranbourne tertulis untuk mengenang tentara yang ikut berperang di Perang Dunia, Korea & Vietnam, Malaya, Timor, Iraq dan Afghanistan.

  • Bunga Poppy
one of the poppies wrath

Kalau lihat ANZAC day dan Remembrance Day (hari pahlawanannya Negara Commonwealth), pasti nggak akan asing sama bunga poppy. Kenapa bunga poppy, jadi ceritanya bunga ini tumbuh di tempat perang yang namanya Flanders waktu Perang Dunia I, dan warna merah merekah di bunga ini dijadiin simbol dari darah yang tumpah saat peperangan terjadi. 

  • Peringatan ANZAC Day di Turki
Karena intinya peringatan ini nggak cuma memperingati tentara Australia dan Selandia Baru yang gugur di Gallipoli, Turki, maka pemerintah Turki di tahun 1985 menamai tempat perang di Gallipoli sebagai "ANZAC Cove" dimana semua orang Australia, Selandia Baru, dan Inggris bisa datang ke tempat ini untuk memperingati.

Perayaan ANZAC di Cranbourne

Sama seperti perayaan di tempat lainnya, diawali sama parade diakhiri dengan ucapan terima kasih doa, sambutan - sambutan.

  • Parade
Nggak tau sih kalau di pusat kota parade nya seperti apa. Tapi di Cranbourne, paradenya sederhana banget cuy. Cuma parade veteran yang nggak sampe berbaris baris, terus ada parade anak-anak pramuka, parade anak-anak sekolah, sama yang paling keren itu parade moge tapi yang naikin para veteran.
the young veteran car

the veterans

Cranbourne Police

The army's families

Cranbourne Scouts

Veteran Harley Davidson Club

Veteran and their Harley Davidsons

Dan mereka paradenya nggak keliling kota, cukup keliling city center aja. Mereka yang ikut parade ngumpul di city center untuk ikutan upacara selanjutnya.

Oh iya, di parade ini juga ada kelompok Seikh loh. Itu tuh, kelompok agama di India yang pakai turban gitu. Ternyata sejarahnya, mereka juga ikut membantu tentara Australia dalam medan perang.

  • Upacara
Nggak jauh-jauh lah sama perayaan hari pahlawan di Indonesia, di Australia juga pakai upacara kok. nah karena Cranbourne ini suburb yang nggak begitu gede (suburb tengah-tengah sih kata gw. Kalau dari pusat kota ke daerah-daerah di bagian Selatan Victoria, biasanya ngelewatin Cranbourne) jadi pun nggak begitu banyak juga yang ngikut. Walaupun sih itungan gw lumayan banyak juga.



Maksud gw, selain masyarakat kotanya yang datang rame-rame buat ikutan, atau sekedar ngeliat parade, upacara ANZAC day nya juga nggak banyak yang ikutan seperti di kota. Malah sejauh mata memandang gw cuma liat masyarakat yang banyak antusias nya.

Nggak ada barisan anak-anak sekolah yang berbaris baris. Para veteran sih dikasih tempat duduk di depan lapangan, tapi itupun nggak spesial, karena juga campur dengan para masyarakat yang datang juga.


the families from the army lining up for put the flower at the monument

Nggak ada hiasan begini begitu juga. Cukup dengan beberapa bunga poppy di pinggiran jalan menuju monumen. Selain itu nggak ada yang lain.

Upacara dibuka pake MC yang kesannya formal, tapi nggak formal-formal banget (sekali lagi, karena Cranbourne mngkin kota kecil), diikuti dengan sambutan Major nya Cranbourne, yang juga membacakan sambutan dari Major-nya Victoria. Sudah cukup sampe situ aja, nggak sampe sambutan Perdana Menteri Turnbull segala. 

Setelah sambutan, ada pembacaan doa juga. Heist, karena di Australia mayoritas-nya Kristen, jadi pembacaan doanya ala Kristen dong, yang lain ngikutin. 


Sambutan udah , pembacaan doa udah, yang berikutnya, menyanyikan lagu kebangsaan Australia dan Selandia Baru, dan yang paling seru menurut gw, adalah ngeliatin beberapa perwakilan sekolah dan kelompok naruh karangan bunga di monumen.

Oh iya, di upacara ini ada tiga tiang bendera, dan ada tiga karangan bunga dengan warna yang berbeda di setiap tiang nya. Warna merah, putih, dan ungu. Warna merah melambangkan tentara Australia, putih melambangkan tentara perawat, dan ungu adalah hewan-hewan yang ikut gugur (so sweet). Yang pasti karangan bunganya selalu bunga poppy.

Kontroversi

Nggak cuma artis aja yang punya kontroversi, di Australia banyak kontroversi terjadi mengenai ANZAC day ini. Sebagian orang berpendapat kalau ANZAC day itu nggak perlu dirayakan, karena menurut mereka, ANZAC day ini sama aja seperti "tidak menghormati" penduduk asli Australia.

Bahkan di tahun ini seorang komedian pun dianggap terlalu berlebihan waktu bilang kalau terlalu berlebihan jika orang-orang menyamakan profesi tentara sama dengan pelayan negara. 




Tapi gw sih takjub gitu sama antusias warga Cranbourne yang dateng ke acara ini. Mereka kan bukan undangan resmi yang "wajib" dateng gitu, tapi mereka tetep dateng. Ikut mengheningkan cipta juga, ikut berdoa, sama nyanyi lagu kebangsaan juga. Jadi kerasa gitu deh kalau mereka juga ikut menghargai tentara mereka. 

Habis selesai upacara, kita disediain makanan gratis dari kelompok Seikh ini. Sayangnya pas datang ke sana kita kehabisan. Ya namanya juga gratis kan yaaaa...


sharing is caring

You Might Also Like

1 comments

  1. Setelah membaca tulisan ini, saya jadi tahu beberapa tentang Anzac day. Terima kasih sudah sharing, mbak..

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.