Kata Kita, Restoran Indonesia Dengan Vibe Modern di Melbourne, Australia

By Miss Across the Sea - Saturday, October 22, 2022

Semenjak pindah rumah, mau pesen makanan Indonesia online jadi tambah susah, karena pindahnya makin jauh. Selain itu, sekarang susah banget ngajakin temen-temen untuk makan siang bareng. Selain gw nya sibuk, temen-temen yang lain juga punya kesibukan masing-masing.

Selain itu, hobi baru gw adalah ngeliatin instagram reel gitu. Karena gw nya suka ngeliatin reel makanan-makanan (terutama makanan Indonesia), jadilah gw keseringan dilihatin beberapa restoran.

Namanya juga logaritme nya instagram yah, jadi selain dipamerin warung makan di Indonesia, juga sering dipamerin restoran di Melbourne juga. Kebanyakan sih campuran yah, nggak cuma restoran Indonesia. Jadi jarang banget gw lihat reel restoran Indonesia di Melbourne gitu.

Sampai akhirnya ada reel restoran Indonesia di Melbourne gitu, namanya Kata Kita. Iseng buka instagram page nya, eh vibe nya semacam fine dining gitu.

Namanya juga ala fine dining ya, jadi semua foto makanannya itu dibuat sedemikian rupa untuk menggugah selera yang melihat, termasuk gw.

Alasan ke Kata Kita

Kenapa akhirnya memutuskan untuk ke Kata Kita, padahal ada beberapa restoran Indonesia juga yang jadi favorit gw? Karena menu BABI GULING-nya. Kok Babi guling? Iya, ini sebenernya ingin membuat Mas Bojo merasakan babi guling yang lain, karena dia menganggap nggak ada babi guling yang paling enak dibadingkan Lechon (babi guling ala Phillipina) yang sering dia buat setiap Natal.

Seperti yang kita semua tahu, di Indonesia itu makanannya kaya akan rempah. Dan juga sebagai orang Indonesia yang tahu mantan Mas Bojo ini orang Philipina, jadi ada perasaan "bersaing" gitu sama mantannya.

Selain itu juga sebenernya, beberapa menu di restoran Kata Kita ini menggugah selera banget loh. Apalagi kalau dilihat di instagram mereka yang isinya bikin perut lapar. Yang bener-bener menarik perhatian gw sampai akhirnya memutuskan harus mengunjungi Kata Kita itu adalah tumis kangkung nya. Hahahaha... Entah kenapa, tumis kangkung restoran itu jauh lebih enak daripada tumis kangkung bikin sendiri.

Selain itu, di hari yang sama gw juga habis mengunjungi Forest Glade Garden, dan pulangnya memang ngelewatin pusat kota. Bisa enggak juga sih, tapi pas aja gitu, sekalian mampir ke pusat kota sebelum pulang. Selain itu gw juga kalau capek begitu, males masak makan malam.

Booking Disarankan

Nggak esensial sih, tapi disarankan banget. Karena ternyata pas jam makan malam, ini restoran rame banget dah. Untungnya cepet banget booking nya. Waktu itu gw booking juga satu jam sebelum waktunya.

Cukup buka website mereka, kalau nggak tahu, tinggal buka instagram mereka, sudah dikasih link ke website mereka. Tinggal cari tautan booking aja. Isi nama, berapa orang yang mau makan, dan kapan.

Instagram Kata Kita klik di SINI

Nggak booking sepertinya nggak apa-apa sih, asal datengnya pas nggak waktu rame-ramenya makan malam.

Waktu kita dateng, dan nunggu makanannya lagi sepi, jadi bisa foto-foto interiornya. Eh nggak lama, banyak orang dateng. Ini sekitar jam 5.30 sore ya.

Di website mereka juga waktu yang disarankan untuk booking sekitar jam 5 sore, 5.30 sore, terus loncat ke jam 7 malam. Mungkin ini jam 6 sampai jam 7 memang peak hour nya mereka. Ya waktu itu juga gw booking-nya pun sejam sebelumnya, jadi ya lumayan agak pendek sih waktu gw booking dan datang.

Menu
Ngomongin Menu, menu di restoran ini straight forward gitu, dan seperti kebanyakan restoran di Melbourne, mereka ada section menu pembuka, utama, penutup, dan menu minuman. Selain itu ada juga menu tambahan lainnya seperti menu minuman beralkohol.

(menu taken from Kata Kita's Website Here
Bahasa yang dipakai untuk menu mereka Bahasa Indonesia untuk nama makananya, dan ini gw suka banget. Nggak perlu di Inggris-Inggris-in, babi guling ya disebut babi guling, hehehe. Tapi, karena Melbourne mayoritas penduduknya paham Bahasa Inggris, jadi ada keterangannya di setiap nama menunya. Terus juga dikasih penjelasan, menu ini terdiri dari apa aja.

Untuk menu fushion nya, mereka memilih menggunakan Bahasa Inggris. Ini sih yang gw suka dari menu mereka. Menu asli Indonesia ditulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia, sedangkan yang fushion baru deh ditulis pakai Bahasa Inggris.

Baru kali ini sih, ketemu restoran Indonesia dengan berbagai macam pilihan minuman beralkohol. Dan yang menurut gw paling keren itu sih fushion minuman alkohol dicampur sama minuman tradisional Indonesia gitu. Misalnya kita bisa pesan Rambutan Martini yang terdiri dari puree rambutan di campur sama vodka dan dry vermouth, atau The Cendol yang terdiri dari rum, malibu, baileys, dicampur sama gula jawa, jus nanas, dan cendol. Tapi karena gw waktu itu lagi pengen cendol tradisional, jadi beli yang tradisional aja, nggak pake tambahan alkohol.

Oh iya, selain menu makan malam, mereka juga punya menu makan siang. Tapi mungkin karena ini menu makan siang, jadi nggak tersedia untuk menu makan malam.

Menu taken from Kata Kita's Website, HERE

Mereka juga ada menu untuk vegan, vegetarian, gluten free, dan dairy free. Jadi kalau kalian termasuk salah satunya, tinggal bilang aja ke salah satu staff mereka yang ramah-ramah.

Makanan

Gw nggak cobain semua makanan yang ada di menu sih. Ya karena cuma datang berdua, nggak bawa sekampung, jadi pesennya secukupnya kita berdua aja, dan itu pun masih berlebih. Saking makanan yang dateng emang porsinya cukup mengenyangkan.

Gw pesen ayam betutu. Sebenernya sih tadinya agak bingung antara ayam betutu atau bebek Madura. Kangen sambel itemnya bebek Madura sebenernya, tapi gw juga kangen ayam betutu gitu. Setelah menimbang, akhirnya memang memilih ayam betutu, kenapa? Karena teori gw kemarin berpikir ayam itu biasanya lebih gede dan dagingnya lebih banyak dari bebek. Nggak tau deh di restoran ini bebeknya segede apa. Ntar kapan-kapan main lagi deh ke restoran ini.

Ayam betutunya dateng dibalut dengan daun pisang. Gw suka banget makanan yang dibakar pakai daun pisang, wangi! Udah gitu porsinya gede banget. Mana empuk banget lagi ayamnya. Sumpah, ini mah sama enaknya seperti ayam betutu di Bali. Sayang aja, sambal nya kurang banyak, padahal sambalnya juga nggak kalah enak. Atau gw nya aja kali ya yang makan sambal di ayam-in.

Selain itu, gw juga pesen nasi liwet. Bosen gitu makan nasi biasa, dan ayamnya pun gw minta memang nggak usah ditambahin nasi. Nasi liwet ini datengnya satu pot lumayan gede sih, jadi gw bisa bagi dua sama Mas Bojo.

Ini nasi liwet juga juara! Mana cantik banget lagi penyajiannya. Dateng dengan pot, dan pas dibuka, aroma nasi liwetnya luar biasa wangi. Penataannya juga ciamik (ceileh ciamik!). Rapi banget, bikin nambah selera. Porsinya kurang lebih bisa untuk dua sampai tiga orang sih, kalau pesen sama menu lainnya. Rasanya, enak! Nggak keasinan, nggak terlalu eneg santan, PAS banget! Mas Bojo juga bilang kalau nasi liwetnya enak banget.

Mas Bojo sengaja gw pesenin babi guling. Nggak adil gitu, kalau dia selalu bilang Pork Lechon adalah masakan babi paling enak, padahal belum pernah rasain babi guling Bali. Ya, sebenernya buat ngasih tau ke Mas Bojo juga kalau di Indonesia itu makanannya macem-macem nggak seperti makanan yang sering gw masak di rumah.

Ya, ya... Gw akui, kalau gw ini nggak kreatif kalau disuruh masak makanan Indonesia. Banter juga soto, nasi goreng, sama mie goreng.

Apa kata Mas Bojo tentang babi gulingnya? Enak! Katanya memang rasanya beda sama lechon (YAIYALAHHHH!!!), lebih kaya rasa, dan enak. Dia juga suka sama lawar-nya. Katanya tambahan lawar bikin rasanya makin beragam tapi nggak overpowering. Oh iya, sambal mbe nya itu sebenernya pedes, tapi nggak pedes-pedes banget. Mas Bojo buktinya bisa menikmati sambalnya, dan dia suka juga ma sambalnya.

Oh iya, lawar dan sambal mbe nya itu udah jadi satu sama babi gulingnya.

Untuk makanan pembuka, Mas Bojo memilih dadar jagung, dan gw pilih lumpia. Tuh lihat, makanan yang kita pesan Indonesia banget dah. Walaupun ada beberapa makanan pembuka lainnya, tapi karena gw sudah sering buat di rumah, jadi di skip sama kita.

Mas Bojo sebenernya tahu kalau gw juga pernah bikin dadar jagung di rumah, tapi kalau di rumah dadar jagung gw itu ala nyokap gw. Resep dadar jagung nyokap itu, dia uleg kasar gitu jagungnya. Nah, di Kata Kita ini, jagungnya masih pipilan gitu. Rasanya ya standar dadar jagung gitu. Sambal yang digunakan untuk dadar jagung-nya ssepertinya sih sambal terasi matang gitu.

Untuk lumpia-nya, ini ala-ala lumpia goreng Semarangan. Ada daging ayamnya sama rebung. Gw paling demen sama lumpia dikasih rebung. Selain itu, isiannya banyak banget, puas deh makan lumpia di restoran ini. Sambalnya sih sepertinya sambal Bangkok ya, tapi nggak apa-apa, nggak pakai sambal udah enak kok lumpia-nya.

Untuk minumannya, gw pilih es cendol, nggak pake alkohol. Sedangkan Mas Bojo pilihannya segelas bir Asahi. Padahal sebenernya gw boleh kok minum alkohol karena SIM gw udah full lisence, tapi nggak tau kenapa masih takut gitu. Padahal juga, yang nyetir itu Mas Bojo, bukan gw, hahaha.

Sebenernya gw juga pengen pesen oseng kangkung sama es ketan item. Sayangnya meja dan perut kita berdua udah nggak muat. Maybe next time.

Suasana

Berbeda dengan kebanyakan restoran Indonesia di Melbourne, di Kata Kita, restoran ini terkesan modern, tapi ada sentuhan Indonesianya.

Tempat kita makan, suasannya seperti warung, tapi dibuat modern. Dengan hiasan bambu di dinding yang terkesan modern, nggak bener-bener menghilangkan kesan Indonesianya. Juga tempat duduknya yang terbuat dari kayu.

Selain itu, suasananya juga homy banget. Kesannya formal tapi nggak formal juga nggak apa-apa.

Dari tempat kita makan kita juga bisa lihat bar dan tempat mereka memasak pesanan kita. Dan ini dibuat dengan sentuhan modern. Kalau beruntung, kita bisa dilayani sama robot mereka ini. Gw belum beruntung sih, tapi nggak apa-apa, bisa ngobrol dikit-dikit sama staff-staff mereka yang ramah.

Lokasi

Lokasi Kata Kita restoran ini paling gampang di cari. Tepat ada di seberang Melbourne Central. Tapi ini yang di La Trobe Street nya ya. Jadi kalau keluar dari Stasiun kereta Melbourne Central (yang ada di dalam mall), langsung aja keluar ke La Trobe Street, pokoknya pintu keluarnya paling deket, setelah naik satu tingkat.

Terletak di daerah sibuk CBD Melbourne, gw pikir restoran ini pas banget deh lokasinya. Gampang pula ditemui. Papan namanya terpampang jelas kok. Hati-hati aja kalau mau nyebrang, karena ini daerah sibuk banget.

Oh iya,
Semua makanan yang gw pesen ini habisnya $137.70. Untuk restoran dengan berbagai macam pilihan menu, dan ada menu pembuka dan penutupnya sih ini wajar ya.

Cus sih, kalau liburan ke Melbourne, Australia cobain restoran ini ya.