entertainment

L'arc~En~Ciel, Japanese Rock Band yang Selalu Bikin Nahan Fangirling

January 17, 2018

source: jpopasia.com
CLICK HERE FOR ENGLISH VERSION


Kalau kapan itu gw bilang gw suka banget sama anime dan manga, ada satu lagi dari Jepang yang selalu sukses bikin gw nahan fangirling walaupun cuma lihat di youtube. A J-Rock Band (bukan nama band Indonesia ya) yang namanya L'arc~En~Ciel atau Laruku. Laruku yang katanya singkatan dari kata L'arc itu sendiri kalau kena lidah orang Jepang jadinya Laruku

L'arc~En~Ciel (gw ngetiknya masih kagok) adalah Japanese Rock band senior, mereka terbentuk di 1991 di Osaka, dan masih bertahan sampai sekarang. Berapa tahun tuh? 26 tahun!!! 

Untuk sejarahnya, udah ada di mana mana. Tinggal cari bantuan di Oom gugel, ada banyak deh website yang membahas tentang sejarah mereka. Paling gampang mah Mbak Wiki(pedia), di sana udah di breakdown dari awal terbentuk sampai project terbaru mereka.


Formasi

Tapi ada yang tau nggak sih, kalau sebelum dengan formasi yang sekarang (Hyde, Tetsuya, Ken, Yukihiro), mereka tiga kali ganti formasi? Waktu masih jadi indie, ternyata gitaris mereka bukan Ken, tapi Hiro dan drummer nya bukan Yuki tapi Pero, tapi nggak lama Pero dan Hiro mengundurkan diri (alah dah seperti kerja aja) dari band, dan digantikan oleh Ken dan Sakura, yang kemudian Sakura digantikan sama Yukihiro karena kepemilikan narkoba (ck ck ck).

Formasi ini yang terus bertahan sampai sekarang. Gw sih nggak protes dengan formasi yang sekarang. Selain cuma pernah lihat Sakura di video klip Blurry Eyes mereka, selebihnya nggak pernah lihat. Selain itu, masing-masing dari anggota band ini juga punya solo project, ataupun project bareng dengan genre musik yang berbeda. Lagi-lagi gw nggak harus breakdown di sini lah ya, soalnya sudah nyebar di internet cerita tentang mereka, tinggal googling aja.


Lha terus?
Terus, gw mau cerita aja gitu, tentang kenapa sih gw bisa setia fangirling abis sama band satu ini. Jadi, gw mau jelasin aja alasan-alasan gw suka sama band ini.

Hyde's Charismatic and Handsome and Cute and Sexy Appearance 

Ah dah, kalau ngomongin vokalis satu ini, bisa bikin jantung deg-deg-an banget. Visual bapak satu ini (he was born at 1969) bener-bener ngalahin Jason Momoa menurut gw. Kalau sama Jason Momoa gw masih bisa ok, he's sexy beast. Kalau sama Pak Hyde ini gw bisa sampe nahan teriak-teriak di rumah, padahal cuma nonton konser mereka di youtube


Bisa dibilang semakin ke sini, mukanya semakin bikin gemes. Bahkan di setiap konser mereka, Hyde mah sukanya flirting sama fans nya. Siapa yang nggak gemes kalau di fans service-in begitu sama dia. Kadang dadah-dadah sambil senyum, atau bikin gesture nyium. 

Atau cuma dengan duduk habis nyanyi, terus ngeliat tajam tanpa ekspresi ke penonton. Aduh buibuuuu, nulis gini sambil bayangin dia aja udah bikin gw gemes sendiri.

Hyde's Voice

Sudah banyak yang bahas juga betapa kuat dan berkarakter sekali suara Hyde ini. Dan gw setuju banget. Di beberapa lagu super melow, suaranya bisa jadi super duper lembut, dan tegas. Bahkan bisa jadi lembut di sela-sela ngerock. 


Gw pernah nonton salah satu konser mereka (di youtube tentunya) di Jepang. Dan di sela-sela ketidak sadaran gw fangirling-in Hyde, gw takjub sama vokalnya yang tetap steady saat dia lagi jalan, lari, atau joget-joget.

Hyde's Fashion

Check his fashion styles:













Oh yes, ini fashion lelaki yang lahir tahun 1969. Kalau gw bilang, beyond believe. Then again dia kan orang Jepang ya, dimana bebas mau punya fashion style seperti apa. 

Gokil

Iya, gokil. Mereka. Beneran. Ada satu penyesalan gw kenapa gw nggak maksa gw sendiri buat nonton Laruku waktu dateng ke Jakarta beberapa tahun silam. Asli, waktu lihat di youtube (lagi), walaupun Hyde selalu kelihatan cool tapi enggak sama dua temennya, Ken & Tetsu.

Tetsuya and his banana 
Kalau sama-sama penggemar Laruku pasti tau kebiasaan Leader sekaligus bassist mereka, Tetsuya. Dia suka banget bagi-bagi pisang di saat konser. That's it? Enggak lah. Siapa gitu yang nggak heran ada orang mau bagi-bagi pisang di sela-sela konser mereka, selain Tetsuya. 

Ken bought gift for Hyde when the held their concert at Indonesia
Ken, the guitarist. Kalau lihat di setiap photo mereka, Ken ini tipikal muka orang-orang Jepang abis. Walaupun keliatannya setiap di photo cool, tapi nggak kalah gokil sama Tetsu. Again, banyak banget sudah video di youtube yang mengabadikan kegokilan si Ken. Plus waktu dateng ke Indonesia, effort nya untuk bisa ngomong Bahasa Indonesia bisa diacungkan jempol.

Easy Listening Rock Music

Sebenernya hampir semua J-rock band punya musik yang enak banget didengerin, nggak cuma Laruku sih. Tapi kalau lagu rock yang easy listening ini ditambah vokalis yang all in one ditambah anggota band yang juga humble, siapa gitu yang nggak suka sama mereka.

Di awal debut mereka, lagu seperti Blurry Eyes dan C'est La Vie yang menurut gw enak banget buat didengerin. Terus lagu seperti Drivers High atau Seventh Heaven yang mulai kerasa heavy nya. Terus kita bisa dibuat mellow seperti di lagu Anata dan Hitomi no Jyuunin. Menurut gw, yang sebenernya nggak cocok lagu berat seperti ACDC dkk tapi cocok lah sama Laruku ini.

Soundtrack Anime Terkenal


Listnya* antara lain:
  • Daybreak's Bell, opening and ending soundtrack for Mobile Suite Gundam
  • Spirit Dream Inside, opening soundtrack for  Final Fantasy
  • Blurry Eyes, opening soundtrack for D.N.A
  • Ready Steady Go, opening soundtrack for Fullmetal Alchemist
  • Link, opening soundtrack for Fullmetal Alchemist : The Conqueror of Shamballa
  • Good Luck My Way, ending soundtrack for Fullmetal Alchemist: The Sacred Star of Milos
  • Driver's High, opening and ending soundtrack for Great Teacher Onizuka (G.T.O)
  • Honey, ending soundtrack for ReLIFE
  • The Fourth Avenue Cafe, ending soundtrack for Rurouni Kenshin
  • Niji, opening soundtrack for Rurouni Kenshin - Ishinshishi e no Chinkonka
  • Shine, opening soundtrak for Seirei no Moribito.
*Sumber: www.myanimelist.com

Apalagi jaman masih SMP-SMA, dimana kita dimanjain sama banyaknya anime bertebaran di televisi kita, pastinya kan kita familiar sama lagu-lagu band ini.

Konser Rapi dan Megah


Entah karena memang orang Jepang kalau nonton konser tertib banget apa karena apa ya. Setiap kali gw lihat konser Laruku, terutama di Jepang, penontonnya pada rapiiiiii banget, bahkan ada dikasih tempat duduk segala, walaupun di stadium gitu.

Memang sih untuk bisa bikin konser semegah begini, mereka perlu waktu lama untuk manjat popularitas. Tapi pastinya semua kerja keras mereka terbayar lah ya. Dengan konser di dalam dan di luar Jepang yang selalu warbiyasak

Iya memang sih, kalau dibandingkan dengan k-pop yang mendunia dalam waktu cepat, Laruku butuh waktu lumayan lama untuk bisa melakukan world tour  mereka. Lama loh, mereka harus kerja keras selama duapuluh tahun untuk melakukan world tour mereka. Tentu aja waktu itu Jakarta juga kebagian. Ada yang nonton nggak? Gw enggak :( 


Itulah beberapa hal yang bikin gw suka sama Laruku. Selain beberapa lirik lagunya yang nggak melulu tentang cinta-cintaan. Tapi bukan berarti gw terus nggak suka beberapa lagu yang bertema romantis loh.

Sebut aja Hitomi no Jyuunin (satu-satunya dimatamu), lagu super melow yang sukses bikin gw mentasbihkan lagu ini harus jadi salah satu lagu wedding gw. Entah gimana caranya, LOL. Apalagi kalau yang nyanyi beneran Hyde. Hmmm... Mungkin bakalan mangap nggak percaya kali gw ya.

Yak, sekian deh penjelasan gw tentang kenapa gw bisa sebegitu gila nya suka sama band ini. Karena kemarin waktu dateng ke Jakarta gw nggak sempat nonton, gw punya rencana, kalau mereka datang ke Jakarta, Singapore, atau ke salah satu kota di Australia, gw akan datang. NO MATTER WHAT!! 

sharing is caring

You Might Also Like

4 comments

  1. guanteng banget yaaaa walaupun make up kayak gitu heheheh

    ReplyDelete
  2. Hitomi no Jyuunin juga salah satu lagu favorit saya!

    Beruntung banget waktu mereka ke Jakarta dulu saya sempat nonton. Bahagiaaaa XD

    Salam kenal ya Ghita!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Tanti, Salam kenal juga...

      Waaah sempet nonton konser mereka ya, duuuhhhh pasti keren abis yaaa... ak nyesel banget kmrn nggak maksa diri sendiri buat ikutan nonton. hehe

      Delete

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.