family

Pertama Kali Merayakan Natal di Keluarga Baru

January 10, 2018



CLICK HERE FOR ENGLISH VERSION


Karena bulan Desember ini gw di Australia, dan keluarga di sini merayakan Natal, jadilah gw ikut segala hingar bingar natal di Melbourne. Hawa natalnya sih sudah kerasa dari bulan November. Semua iklan di televisi sudah mulai iklan-iklan diskon natal. Yang paling banyak tentunya banyaknya iklan mainan berseliweran di televisi. Belum lagi paket khusus liburan natal ke sana sini. 

Natal di Australia itu nggak disambut sama salju yang numpuk di depan rumah, soalnya saljunya sudah lewat di pertengahan tahun. Jadi natal dan tahun baru di sini disambut sama terik matahari. Yappppssss, musim panas di sini buibu. Jadi nggak heran sih kalau di televisi banyak iklan tentang pantai, atau slurpee atau apalah yang berhubungan dengan air dan pantai. 


Nggak seperti di Indonesia yang banyak banget tanggal merahnya, di Australia bisa dihitung. Kalau di Indonesia ada yang namanya cuti bersama, di Australia nggak ada. Tapi, khusus untuk hari natal, mereka ada dua tanggal merah, tanggal 25 dan 26. Tanggal 25 nya natal tanggal 26 nya boxing day. Terus kalau misalnya tanggal merahnya kena di hari Minggu, liburnya dimajuin satu hari ke depan. Seperti tahun lalu, karena natalnya kena hari Minggu, jadi mereka libur lagi tanggal 26 dan 27 nya. 

Nah karena tahun ini natalnya kena di hari Senin, dan boxing day nya hari Selasa, jadi nggak ada tambahan libur, LOL. Walaupun begitu, tetap aja liburnya panjang. Buat mereka yang nggak kerja di hari Sabtu, mereka sudah mulai liburan. 

Tradisi Makan Bersama

Mas Bojo sama mantan istrinya dulu punya tradisi, kalau pas natal anak-anak mereka akan menghabiskan hari natal di rumah dua-duanya. Kalau misalnya makan siangnya di rumah mantan istrinya, jadinya makan malam di tempat Mas Bojo. Begitu pun sebaliknya. Kalau tahun ini makan siangnya di rumah mantan istrinya Mas Bojo, tahun depannya di rumah Mas Bojo. 

Tahun ini ternyata mereka berbeda. Karena anak-anak Mas Bojo merasa kalau makan siang mereka makan banyak, kadang mereka terlalu kenyang untuk makan malam yang sama-sama banyak menu nya. Mereka akhirnya minta untuk cuma makan siang di dua-duanya. Karena tahun ini mereka makan siang di rumah mantan istri Mas Bojo, kita kebagian makan siang di Boxing Day. Tahun depan akan dibalik. Makan siang di rumah Mas Bojo pas natal, dan makan siang di rumah mantan istrinya pas Boxing Day.

Gak Ikut Sibuk Tapi Ikut Capek

Karena Mas Bojo punya dua anak plus dua cucu, jadi dia punya kebiasaan kasih kado natal buat mereka. Biasanya sih lebih dari satu, tapi karena tahun ini kita berdua sibuk ngejar pergantian visa gw, jadinya secukupnya. Karena anak-anaknya sudah besar, dan keadaan finansial lagi mepet banget gegara gw (emot sedih), jadinya mereka nggak kebagian dibeliin kado natal (maap yaaahhh :( #emotsedihlagi). Untungnya mereka paham, dan si anak perempuan tetep dong minta kado natal, ya bukan sesuatu yang harus di beli sih, dia cuma minta Mas Bojo baikin sepedahnya. Walhasil, setiap pulang kerja, Mas Bojo menghabiskan 1 sampai 2 jam di garasi buat baikin sepedah anak perempuannya.

Tapi, Mas Bojo masih bisa beliin kedua cucunya hadiah natal. Apalagi karena dua-duanya masih kecil. Yang perempuan masih 3 tahun, yang laki-laki masih 6 bulan. Jadilah kita pergi ke pusat perbelanjaan buat cari-cari hadiah.

Mas Bojo pernah tanya ke cucu perempuannya mau hadiah apa. Nah, dianya minta kupu-kupu. Coba deh, kalau dimintain hadiah seperti itu, mau beliin apa buat anak umur 3 tahun yang minta kupu-kupu? Dua pusat perbelanjaan kita jabanin. 
He had a bad mood because we can't get the trolley
Belum lagi belanja buat menu makan siang. Which is isinya daging-dagingan melulu, menu natal Mas Bojo itu Lechon, sama Roasted Chicken & Lamb. Gondut, gondut dah. Plus rencana menghabiskan natal di pantai, karena pas hari natal nggak tau mau ngapain. Jadi deh kita juga belanja keperluan mantai.

Took us a good an hour before we can find a trolley for ouselves
Kita belanja dua hari dan sehari sebelum hari natal, yang mana kalau sudah deket-deket gini banyak bet dah orang-orang yang juga sama seperti kita. BELANJA. Apalagi biasanya toko-toko di sini punya diskon last minute gitu. Walaupun beneran banyak yang murah, banyak juga orang-orang yang belanja, URGH! Pusat perbelanjaan yang biasanya nggak begitu banyak orang, jadinya malah sumpek karena kebanyakan orang. Hari kedua udah lelah Hayati... tepar!!!

Menghabiskan Natal di Pantai

Well, it's summer here, artinya mantai!! Hehehe. Apalagi libur natal ini jadwal makan barengnya berubah. Jadi kita nggak repot di rumah nyiapin makan. Akhirnya gw memutuskan untuk liburan di pantai aja. Nggak banyak repot juga. Kebetulan pas hari natal cuacanya nggak begitu panas nggak juga terlalu dingin.

Karena pasti banyak orang yang juga berpikiran sama, pergi ke pantai, kitapun pergi ke tempat yang jarang ada turis nya. Walaupun ke arah Mornington, dan sempet cemas juga jangan-jangan pantainya full nih seperti Bondi*. Apalagi pas lihat Mornington Park yang buanyak banget pengunjungnya. 
*Bondi adalah Pantai iconic Australia, terletak di Sidney,New South Wales

Beruntungnya kita dapet pantai di Mt. Martha yang nggak banyak pengunjungnya. Apalagi ditambah bathing box di sekitaran tempat kita, plus nggak banyak orang juga. Pas kita dateng cuma ada tiga pengunjung plus kita jadi empat, jadi enak deh mantai.

Baca Juga: Hello Straya: Brighton Beach

Beach at Mt. Martha, only four groups visitors, and I like it 
Bawa tenda atau payung buat mayungin semua barang bawaan kita. Bawa ice box (atau kata orang sini eski) yang isinya minuman dingin, plus makanan yang buanyaaaakkk. Yakinlah begitu keluar dari air yang ada kita pasti kelaparan.
Tips, abis makan, sempatkan dulu istirahat 10 sampai 15 menitan baru main di air yak. 

Boxing Day Lunch

Pulang mantai, bukannya santai-santai kecapekan. Tapi mulai nyiapin ini itu buat makan siang besoknya. Daging buat lechon mulai di bersihin, kambing mulai di slow cooker semalaman. Kitapun harus bangun pagi buat nyiapin makanan, bersihin rumah (lagi), dan dekor meja makan. 

Keliatannya simple ya, enggak buibuuu T_T. Apalagi bangunnya udah lumayan siang, jam 9 pagi. LOL. Sedangkan makan siangnya jam setengah satu. Nggak buru-buru juga sih, tapi ya saking banyaknya yang dikerjain, dan gw nya nggak pehem. Apalah... Ya gw serahin aja urusan masak memasak makanan natal ke dia. Apalagi signature dish nya dia. Mbuh, inyonge orak mudeng.
Our Christmas Lunch at Boxing day
Jadinya gw yg lain deh, bersihin rumah, nata-nata meja makan, goreng-goreng yang perlu digoreng. Karena gw nya nggak pernah sibuk ngerayain apa-apa, jadi bingung total mau ngapain. 

Jam satu siang semuanya sudah datang, lengkap (tanpa mantan istrinya Mas Bojo tentunya). Baru deh kita semua mulai makan siang. Setelah makan siang, saatnya cucu Mas Bojo buka hadiah natal. Yes, setelah ubek-ubek dua shopping mall, akhirnya nemu juga sesuatu yang berhubungan sama kupu-kupu: SAYAP SAYAPAN YANG ADA GAMBAR KUPU-KUPUNYA. Hehehe...


Our lovely granddaughter with her butterfly wing
Walaupun si anak tetep kekeuh itu sayap buat halloween, bukan buat natal. Kitanya kekeuh itu kupu-kupu. Alasan aja sih, soalnya kalau nggak mau, bete juga kitanya, sudah beli dua biji pun, nggak mau dipake. Dikira cari sesuatu yang ada kupu-kupunya itu gampang apa ya.

Hadiah kedua, itu mainan pancing-pancingan. Gw itu orangnya strick banget masalah batas usia. Untungnya di Aussie, setiap mainan selalu dikasih tau batas usia minimum buat dimainin. Seperti mainan pancing-pancingan ini. Karena si anak usianya 3 tahun, gw yang jadi badan sensor nya Mas Bojo. Setiap dia pilih mainan, gw cek deh itu batas usianya. Sempet ambil yang buat 6 tahun ke atas, gw balikin, hahahaha. 

Padahal gw tau banget kalau cucu nya Mas Bojo ini sebenernya lagi seneng mainan "pura-pura jadi ibu," atau "pura-pura jadi guru." Bisa jadi sih karena dia tinggal sama neneknya (mantan istri Mas Bojo) dan banyak menghabiskan waktu di kinder atau playgroup kalau di Indonesia. Tapi, cari mainan yang ada hubungannya sama itu syusyeeehhhhh buibuuu. Boneka? Dah banyak dia punya. Mau gw beliin stroller mainan, eh ketinggian. Apalagi Mas Bojo bilang beli mainannya yang nggak bikin dia banyak mobile. Maklum aja, rumah kita nggak gede. Jadi deh beli mainan pancingan ini. Nggak sampe 10 menit dah bosen dia, karena nggak bisa nangkap ikannya, hahahhaa...

Dapet Hadiah  Natal Juga

Jangankan kado natal, kado ulang tahun aja terakhir kali itu juga karena gw mau pindah ke Aussie. Itu kado pertama setelah bertahun tahun nggak dikadoin. Hahahaha. Jadi waktu dikasih hadiah natal, gw terharu banget. HAHAHAHA. Apalagi yang ngadoin nggak cuma Mas Bojo, anak perempuannya juga ngasih kado buat gw. Dan dia tau banget kalau gw ini Pottermore. 
I have a Christmas present too from our daughter :)
Seneng sih, artinya gw bisa bikin hubungan gw nggak cuma spesial buat Mas Bojo aja, tapi juga ke anak-anak dan cucu-cucunya, plus mantan istrinya. Kok? Iya, gw punya hubungan baik juga ke mantan istrinya, malah gw masukkin mantan istrinya sebagai saksi hubungan gw dan Mas Bojo di aplikasi partner visa gw.


Buat gw, ini pertama kalinya ikut perayaan. Karena keluarga gw di Indonesia nggak punya "ritual" perayaan seperti ini. Mau itu hari besar kek mau itu ulang tahun kek, nggak ada yang istimewa. Makanya begitu ada begini gw jadi kagok bin terharu, hihihi...

sharing is caring

You Might Also Like

4 comments

  1. Pengalaman pertama bikin terharu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya Mbak, dimana mana yg pertama sllu bikin terharu :')

      Delete
  2. Wah ikut senang bacanya, Mba. Perayaan Natalnya lebih ke makan siang bersama ya dg anak2 dan cucu2. Enak ya udah diatur pembagiannya dg Mommy-nya anak2 mereka juga. Cucunya cantik banget, Mba. Hadiahnya harus kupu2 ya, haha... Namanya bocah ya, kekeuh... Kalau bule mah masalah dekat dg mantan istri udah hal yg biasa aja sih ya, mba. Apalagi ada anak2 dan cucu2. Langgeng2 selalu ya, mba dengan Mas Bojo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Nita,

      Iya Mbak, kalau sekarang lebih ke makan siang aja. Soalnya kalau di sini rame ngumpulnya keluarga pas makan siang, dan kebetulan mulai natal kemarin dibagi dua hari, nggak seperti sebelumnya. Jadi kena makan siang dua2nya. Hehehe... Cucu perempuan Mas Bojo emang cantik banget, matanya belo abis & biru cerah. Waktu ditanya minta hadiah natal apa sama Santa memang mintanya kupu-kupu Mbak, makanya dicariin kupu-kupu, hehe.

      Amiiin, terima kasih Mbak Nita...:)

      Delete

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.