food

Tempat Beli Makanan Indonesia di Australia || Indah Asian Store, Hampton Park

January 28, 2018


Lahir dan besar di Indonesia, tentu aja gw terbiasa dengan kuliner Indonesia. Faktanya menghabiskan 30 tahun di Indonesia dibandingkan beberapa bulan di negeri orang memang agak kagok, apalagi masalah kuliner. Bukan berarti kuliner di sini nggak enak. Enak-enak semua dong, plus ada pengalaman untuk merasakan kuliner yang belum dirasakan sama sekali.


Jadi, kalau biasanya gw lagi chatting sama temen-temen di Indonesia, pertanyaan yang umum memang berkisar antara kangen apa enggak sama masakan Indonesia. Entah kenapa ini selalu jadi pertanyaan mereka. 

Ya jelas lah gw jawabnya kangen. 30 tahun makanan pokoknya nasi, terus sekarang belum tentu seminggu sekali makan nasi (tapi berat badan nambah terus). Selain itu, masalah kebiasaan dong ya. Agak lucu aja kalau ada temen yang terus komentar, "emang sih, makanan Indonesia yang paling enak." Mmmm... Bisa iya bisa enggak.

Gini loh, karena gw dan temen-temen gw ini memang lahir dan berkembang biak di Indonesia, yang sudah terlanjur basah gobyos dengan kuliner Indonesia. Ya pasti aja lah, lidahnya sudah terbiasa dengan masakan Indonesia. Ya agak aneh aja gitu buat gw kalau ada yang bilang lebih enak makanan Indonesia, tapi dia memang lahir dan besar di Indonesia. Again, karena lidah kita terbiasa dengan masakan Indonesia.

Logikanya seperti ini. Orang Indonesia akan bilang masakan Indonesia lebih enak, begitu pula dengan orang Prancis yang bilang masakan Prancis lebih enak, sama dengan orang India yang bilang makanan India lebih enak. Jadi kalau mau bilang masakan di Negara sendiri paling enak, harusnya sih sudah berpetualang kemana mana dulu dari kecil. Menurut gw sih.

Jadi, karena salah satu restoran Indonesia di Melbourne yang rasanya otentik Indonesia, Fat Oma, tutup bulan Oktober 2017 kemarin, gw jadi sedih gitu. Soalnya selama cari restoran Indonesia, cuma Fat Oma yang bener-bener otentik rasanya.
why Fat Oma? Why?
Source: Fat Oma's Facebook

Selain itu, kebanyakan restoran Indonesia adanya di kota, dari tempat gw ke kota butuh waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam berkendara. Eits, 30 menit nya Melbourne itu seperti kalau kita pergi dari Bekasi ke Jakarta.

Kebetulan juga Mas Bojo ini tipe nya tipikal petualang kuliner. Kuliner apa aja dia jabanin. Buat dia cuma ada dua pilihan rasa di setiap makanan, enak sama enak banget. Dan karena dia cuma beberapa kali makan makanan Indonesia, jadi dia juga sama tertariknya sama makanan Indonesia.


Cari Toserba Yang Isinya Bumbu Masak Indonesia 

Karena kalau lagi pengen makanan Indonesia harus ke kota, dan Mas Bojo paling susah diajak ke kota, apalagi pas hari kerja. Selain jauh, waktunya nggak cukup, sampe sana baru pesen makanannya udah mau tutup aja warungnya, hehe.

Dan gw bukan tipikal orang yang bisa bikin masakan Indonesia dari nol, alias mengandalkan bumbu jadi. Alasannya sih karena lebih cepet aja bikinnya. Selain itu, kalau di Australia, mau beli bumbu masakan yang harus ngupasin kulit kencur dan ngulek semua bumbunya, agak rempong dan mahal juga.

Jadilah, daripada rempong-rempong ke kota, gw berencana buat beli bumbu jadi aja. Pergilah kita ke swalayan seperti Coles atau Woolworth, yang deket rumah. Mereka punya kok Asian aisle gitu. Biasanya sih nyampur dari India, Cina, Thailand, Jepang, beberapa ada sih Indonesia, tapi nggak banyak. Tapi, kalau pengen bikin rendang, atau soto, atau semur, atau yang lainnya, mereka nggak punya. Jadi agak susah mau bikin makanan yang memang khas Indonesia. Di saat-saat seperti inilah kadang gw kangen belanja di Carefour atau Alfamart/ Indomaret. Hehehe.

Jadi gw bilang ke Mas Bojo, pengen cari tempat yang jual (paling enggak) bumbu jadi buatan Indonesia gitu. Biar rasanya walaupun nggak seperti masakan mamah-mamah kita di dapur, tapi cita rasa Indonesianya masih ada.

Eh jangan salah, walaupun beberapa makanan punya nama yang sama, rasanya nggak bakalan sama dengan rasa di Indonesia. Sebut aja rendang. di swalayan sini ada beberapa bumbu rendang yang dijual botolan, tapi produksi Malaysia. Jadi rasanya ya rendang Malaysia gitu, kecuali kalau mau nambahin beberapa bumbu lainnya sih.

Indah Asian Store

Indah Store, placed right in the front corner of the shopping centre

Kebetulan pun di tempat kerjan Mas Bojo ada orang Pinoy yang kasih tau kalau di daerah Hampton Park ada Indonesian Store yang cukup lengkap. Namanya Indah Asian Store. Awalnya sih agak susah cari tempatnya, karena taunya cuma dikasih tau "Indonesian Store" dan temennya Mas Bojo lupa namanya. Apalagi kalau dilihat dari namanya, keliatan Indonesia banget ya. Kata temennya Mas bojo, tempat ini cukup lengkap loh barang-barangnya.

Karena tempatnya di sekitaran Hampton Park, jadi nggak cuma ada Indah aja, tapi beberapa toserba juga ada di sini, seperti toko daging halal, atau toko buah dan sayuran, dan toko-toko lainnya. Di tempat ini juga ada Woolworth.

Indah Store ini tempatnya di ujung, deket pintu keluar masuk gitu. Nggak keliatan seperti Indonesian store sih, malah lebih ke nuansa Tiongkok gitu, warna atapnya merah, terus ada lampion-lampionnya. Tulisan nama tokonya sebenarnya sih cukup gede, tapi waktu pertama kali gw nyarinya harus muter-muter dulu biar ketemu, hehe.

Lengkap Buat Ukuran Asian Store

Pertama kali masuk ke tokonya, lumayan besar loh untuk ukuran Asian Store. Gw pikir bakalan cuma ada dua sampai tiga isles aja. Ternyata banyak. Dan, walaupun namanya Indah, yang dijual nggak cuma produk Indonesia aja. Di sini, hampir semua produk Asia ada di sini. Mulai dari Malaysia, India, Jepang, Philippine, dll. 
Di isle mie instant misalnya. Nggak cuma nemu indomie aja, tapi banyak produk dari berbagai belahan Asia. Senengnya lagi, mereka jual juga loh produk yang lagi update di Indonesia, Samyang. Nggak cuma satu jenis Samyang, tapi berbagai jenis, dan nggak cuma bungkus, ada yang cup juga. Selain Indomie dan Samyang, mereka juga jual soba, ramen, juga mie instan lainnya dari Jepang dan Tiongkok.



spices isle at Indah, full of any canned spices from Asian countries
Nggak cuma mie instant aja, hampir semua produk bumbu dan saus juga dari mana-mana. Produk bumbu jadi aja mereka punya yang dari Indonesia, Malaysia, Tiongkok, bahkan Philippine. Selain bumbu yang berbagai macam, ada juga saus, dan juga makanan ringan lainnya. 
one of the ketchup isle at Indah
Mereka punya banyak banget pilihan, dan buat banyak Asian yang susah banget cari makanan khas mereka, di sini punya banyak pilihan loh. Mungkin buat para India dan juga Jepang, beberapa barang di sini terlihat sama dengan barang yang dijual di swalayan biasa di Australia. Tapi buat orang seperti gw, dan beberapa teman Philippine dan Korea, mungkin tempat ini luar biasa lengkapnya loh.

Selain bumbu jadi, dan makanan ringan, mereka juga punya banyak freezer yang isinya semua makanan beku dari hampir semua negara Asia. Dari Ikan beku, sampai dumpling, semuanya lengkap di sini. 

Bumbu & Penganan Indonesia

Yang bikin tambah seneng, di toko ini termasuk lengkap loh, walaupun nggak semua brand ada di sini, tapi pilihan bumbu nya lumayan loh. Jadi gw tetep masih bisa dapet bumbu jadi buat rendang, soto ayam, soto daging, sayur lodeh, sayur asem, dan lain sebagainya.

Selain bumbu jadi kemasan, mereka juga jual bumbu kalengan, ada juga yang botolan. Nah kalau pengen panganan tradisional Indonesia, walaupun mereka nggak bikin, tapi mereka juga jual tepung instan gitu loh. Jadi kalau lagi kangen sama kue cubit, klepon, atau kue-kue tradisional Indonesia lainnya, gw langsung aja dateng ke tempat ini.

Walaupun brand nya nggak banyak, tapi brand-brand ini yang biasa kita dapetin di Indonesia loh. Sebut aja kokita, bamboe, indofood racik, tepung kobe, semuanya bisa didapet di sini. Belum lagi mereka juga jualan kemasan botol untuk sambal-sambal khas Indonesia. Misalnya lagi males bikin bumbu pecel, mereka jual berbagai macam brand. Ada juga bumbu gado-gado. Yang doyan sama sambal bu Rudy, mereka juga jualan loh. Bahkan range sambal mereka banyak banget.

Nggak melulu bumbu, di toko ini mereka juga jual santan kara, teh kotak, kecap ABC, saus ABC, pokoknya yang biasa banget dan gampang banget kita temuin di warung sebelah. Jadi gw merasa bahagia banget kalau dateng ke tempat ini.

Selain itu, mereka juga jual kerupuk putih, hahaha. Itu loh, kerupuk yang biasanya disediain di kaleng warna biru di warung-warung, atau angkringan. Tapi mereka jualnya nggak di kaleng gitu, Dikemas di kemasan plastik, jadi kita bisa dengan gampang ngambil seplastik isi enam kerupuk. Selain kerupuk putih, mereka juga jualan kerupuk-kerupuk siap goreng loh. Kerupuk bawang, kerupuk udang, kerupuk ubi ungu, kerupuk melinjo juga ada. Buat yang biasa makan dengan lauk tambahan kerupuk pastinya bahagia banget dong gw.

Oh iya, saking lengkapnya, di freezer mereka juga ada ikan asin loh buibu. Hehehe... Selain itu, di freezer mereka juga ada tempe, tahu, daun pisang sama daun pandan. "

"Loh, tahu sama tempe kan juga di jual di Coles sama Woolworth neng?"

Iya, bener. Tapi kalau di swalayan biasa, tahunya standar tahu putih aja kan, plus sama tahu yang sudah dikasih bumbu gitu. Nah kalau kalian pengen bikin gorengan tahu isi, tanpa harus goreng tahunya dulu, di tempat ini juga sudah nyediain tahu goreng beku, hahahaha. Bahagia banget deh gwnya.


Tempenya pun sama seperti tempe-tempe di Indonesia. Coles satu-satunya swalayan di sini yang jual tempe. Tapi tempe mereka sudah berbumbu, nggak ada yang putih bersih seperti tempe di warung sebelah rumah.

Yang paling membahagiakan lagi, gw bisa nemu teh gopek di sini. Hehehehe. Karena seingat gw, waktu gw masih kerja di Kalimantan, nggak ada satupun swalayan di kota sana yang jual teh gopek, padahal teh ini kan laziz banget.



Jadi tempat ini tu semacam warung sebelah rumah tapi lebih bagus. Pastinya juga higienis, karena semuanya dikemas rapi dan pastinya higienis. Selain itu, kalau masuk ke tempat ini, di depan pintunya dipasang tirai plastik gitu, yang dipasang kalau kita mau masuk ke ruangan freezer di supermarket gitu. Kalau enggak higienis, izinnya pasti dicabut lah yaw.


Trip ke Indah Asian Store ini selalu menyenangkan buat gw. Artinya gw bisa beli beberapa makanan khas Indonesia walaupun jauh dari Indonesia. Nah ini beberapa barang yang gw beli di sana, termasuk Mochi dari Jepang, enak sih, hihihi


sharing is caring

You Might Also Like

4 comments

  1. mbak Ghita sala kenal. Perdana main ke blogmu. Duh langsung ngebayangin kalo aku yang di negara orang terus nemuin surga kecil seperti Indah Asian Strore ini, kayaknya bakal ngeborong gila2an buat stok, terutama ikan asinnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Imelda, salam kenal juga :) Makasih loh sudah nyempetin main ke blog aku #terharu ... hehe... Iya nih Mbak, aku kalau belanja di tempat ini berasa pengen borong semua Indonesian food yg ada di tempat ini, apalagi yang namanya cari makanan Indonesia di sini lumayan susah

      Delete
  2. Surga bgt ya, hihi... Ikut seneng bacanya...

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.