food

Membuat Ramen Versi Sendiri

January 07, 2018


CLICK HERE FOR ENGLISH VERSION


Ceritanya lagi bosen banget sama indomie goreng, dan Mas Bojo nggak begitu suka indomie kuah. Karena menurut dia rasanya kurang nendang. Iya sih kemarin gw cuma kasih coba rasa kaldu sama kari ayam. Menurut dia rasanya kurang nendang aja. Hasilnya di rumah nggak pernah ada indomie kuah, kalaupun mie berkuah, biasanya Mas Bojo lebih senang sama Ramen Korea. Bukan, bukan samyang, di sini susah banget cari samyang. Nggak seperti di Indonesia yang cari di indomaret aja ada Samyangnya.


Jadilah coba-coba bikin ramen dengan bahan yang ada di rumah. Sebelumnya sih browsing dulu bahan untuk ramen, terutama kuahnya apa aja. Akhirnya dengan berbekal beberapa resep ramen berbeda plus bahan-bahan apa aja yang bisa ditemukan di lemari dapur, mulai deh bereksperimen membuat ramen.

Bahan Kuah

Untuk kuahnya, gw cuma mencampurkan beberapa bahan seperti setengah sendok teh bawang putih yang dihancurkan, bubuk jahe, sesame oil, garam, merica, cuka, dan bubuk paprika, dan karena di sini jarang banget masak pakai MSG, jadinya pakai kaldu ayam, yang kaldu ayamnya pun nggak pakai MSG. Cukup satu blok kaldu ayam saja.

Semuanya dicampur ke dalam air mendidih. Kalau mau pedas, gw sih tinggal nambahin cabe yang sudah diuleg halus. Gw selalu sedia sambal uleg bikinan sendiri sih. Jadi tinggal dikasih ke campuran kuahnya, pedasnya tergantung selera aja. 

Setelah semua dicampur, biarkan sampai mendidih.


Ramen Noodle

Untuk mie ramennya sendiri sebenarnya mereka punya jenis mie sendiri kan. Tapi, karena di rumah nggak siap mie apapun, termasuk mie telor, jadinya pakai yang mirip mie lah... PASTA. Karena di rumah cuma ada fettuccine, jadi pakai fettuccine. Pastinya fettuccine nya direbus dulu sampai empuk, kurang lebih 3-5 menit. 

Namanya juga versi sendiri kan, jadi bisa pakai jenis mie apa aja. Nggak harus saklek sama satu jenis ramen noodle. Kecuali kalau mau beneran bikin ramen noodle yang mirip dengan ramen Jepang. Mau berapa banyak mie nya, itu juga tergantung selera. 

Topping

Untuk topping, sekali lagi, sesuai selera aja. Tapi yang wajib sih selalu telur rebus. Kalau versi gw selain telur rebus, gw pakai jamur juga, terus sosis sama mini spring roll. Nah ini saran gw aja, kalau mau daging2an, bisa kok beli frozen meat yang tinggal goreng, seperti nuget, atau ayam yg sudah di bumbuin, atau mini minian, seperti mini dimsum, mini spring roll, dll.



Nah, kalau semua bahan topping siap dan mie juga sudah matang, tinggal di tata cantik di mangkok. Setelah di tata, tinggal di siram deh mie nya pakai kuah ramen yang sudah mendidih. Taburin pakai daun bawang, terus sajikan deh panas-panas. 



rasanya enak banget, kuahnya juga kerasa banget rasa ayamnya. Hehehe... Untuk versi sendiri lumayan nggak ancur rasanya. Walaupun jauh dari ramen aslinya, tapi bisa jadi ramen alternatif nih. Yummm



Nah, mau coba bikin ramen versi kalian sendiri?
Jangan lupa mention gw yaaa... :)

Follow my blog with Bloglovin

sharing is caring

You Might Also Like

6 comments

  1. Ramen saya masih indomie + telor aja mbak. XD anak kosan banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... indomie itu enak loh plus ga ribet bikin kuahnya, mie sejuta umat di dunia. gada tandingannya pokoknya

      Delete
  2. Wah, ini kayanya endeus banget buat dicoba *q* Kebetulan di rumah ada spaghetti sama bakso ikan nganggur ^q^

    ReplyDelete
    Replies
    1. cusss dicoba Mbak, hehehe :) Selamat mencoba

      Delete
  3. Bisa alternatif kalau kangen ramen ya

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.