Cosmetic

Membersihkan Kuas Kosmetik

January 14, 2018


Suatu hari gw ngerasa gitu kalau wajah gw ini timbul banyak jerawat merah-merah. Padahal sebelumnya nggak ada. Emang sih beberapa minggu sebelumnya gw sempet brintilan gitu mukanya. Ternyata ada salah satu produk pelembap wajah yang nggak cocok sama gw. Nah beberapa minggu setelah menghentikan pakai kosmetik, sempet jadi bersih dan nggak brintilan lagi, tapi habis itu tiba-tiba muncul jerawat gede-gede terus merah di daerah dagu dan pipi.

Bingung lah gw, sebenernya kenapa lagi. Apalagi sudah beberapa minggu gw nggak pakai kosmetik sama sekali. Mumpung juga sih, karena masih nggak kemana mana jadi gampang aja sama sekali detox diri dari kosmetik. 

Selidik punya selidik ternyata kuas kosmetik gw lah penyebabnya. Kenapa? Setelah gw pindah ke Australia, memang gw lebih rajin pakai kosmetik, plus lebih sering menggunakan kuas kosmetik (karena sudah lulus dua kelas makeup). Kuas kosmetik yang gw gunakan ternyata sudah kotor. Padahal waktu itu gw selalu bersihin kuas gw sebulan sekali loh. Ternyata sebulan sekali membersihkan kuas kosmetik juga nggak selalu bagus loh.

Penyebab Kuas Kosmetik Kita Kotor

Dengan seringnya kita menggunakan kuas kosmetik, maka partikel-partikel kosmetik akan semakin banyak menumpuk di kuas kosmetik kita. Partikel-partikel ini yang selain bikin riasan kita jadi nggak halus dan rapi, juga bikin kuas jadi kelihatan gembel. Belum lagi jadi terlihat dan terasa kaku kalau disapukan di wajah.

Selain partikel kosmetik, minyak di wajah juga jadi salah satu faktor penyebab kotornya kuas kosmetik kita loh. Karena minyak di wajah kita secara langsung ikut terbawa kuas saat kita menyapukan kosmetik ke wajah loh. 

Dan ternyata menyimpan kuas di udara terbuka juga bisa bikin kuas kotor loh. Karena partikel debu di udara bisa nyangkut di kuas kosmetik kita, dan semakin lama akan semakin menumpuk dan menyebabkan kuas kita kotor. Apalagi, kalau ditambahkan dengan minyak di wajah yang menempel di kuas.

Akibat Kuas Kosmetik yang Kotor

Nah, kalau kuas kosmetik kita kotor, akibatnya bikin wajah jerawatan. Karena partikel kosmetik yang tertinggal di kuas tersebut bisa tersapukan lagi ke wajah kita. Sehingga yang seharusnya kosmetik kita jadi tertempel sempurna di wajah. Akibatnya, bukan jadi flawless tapi malah kelihatan seperti baru pertama kali pakai kosmetik, belang blonteng kemana mana.
Cosmetic Brushes
Source: Kyle Cosmetics Website

Selain kosmetik yang hasilnya nggak sempurna, kuas yang kotor juga menyebabkan penuaan dini sis. Karena partikel kotoran yang nyangkut di kuas kosmetik tadi, ternyata bisa bikin wajah kita terkena serangan radikal bebas, dan bisa memecah kolagen dan elastisitas wajah kita. 

Plus, menyebabkan tersumbatnya pori-pori wajah kita. Hasilnya selain pori-pori wajah membesar, juga menyebabkan jerawat dan komedo. 

Cara Gw Mencuci Kuas Kosmetik

Instant Brush Cleancer
Source: Thin Lizzy Cosmetics Website

Banyak banget alat-alat untuk mencuci kosmetik sekarang yang beredar kan. Selain sabun khusus mencuci kuas, ada juga pembersih yang tinggal kita pasang di gagangnya, terus mereka bisa membersihkan kuas kita dengan putarannya.

Kalau gw sih mengandalkan sabun bayi baik yang cair maupun yang batangan. Pilihan gw cuma dua itu. Selain murah, sabun bayi itu formulanya lembut, dan wanginya juga nggak nyegrak. Sabun bayi juga meminimalisir alergi juga loh, karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sabun bayi berbeda dan tentu aja lebih lembut.

Source: Soakology Website
Caranya juga gampang kok, tinggal dibasahi aja sabun sama kuas kosmetiknya. Lalu kuas yang kotor diputar-putar di atas sabun, lalu diputar-putar kembali di telapak tangan kita atau di egg brush sampai busanya keluar. Nanti busa yang keluar akan berwarna kecoklatan. setelah itu, tekan kuas sampai semua kotoran di dalam kuas keluar bersama busa sabun tadi.

Untuk kedua metode di atas, tinggal diulang dua sampai tiga kali, sampai busa yang keluar warnanya putih, dan warna kuasnya kembali ke warna semula. Tentu saja waktu membersihkannya dengan menggunakan air yang mengalir ya.

Kalau sudah bersih, gw pakai dua cara berbeda untuk mengeringkan kuasnya. Cara yang paling gampang adalah dengan menggantung kuas dengan bulu kuas menghadap bawah. Tujuannya sih biar air yang masih ada di kuas akan jatuh ke bawah, bukan ke gagang kuas.

Yang kedua, dengan menaruh kuas ke handuk kering, dan menepuk dengan halus bulu kuasnya dengan handuk kering. Selain handuk kering, juga bisa pakai paper towel, atau kertas tisu yang buat menyerap minyak itu loh. Kalau sudah, gunakan handuk/ paper towel tadi sebagai base, lalu taruh di tempat yang kering dan nggak terpapar langsung sama matahari. Tujuannya biar bulu kuasnya nggak jadi kaku.

Biasanya sehari langsung kering sih. Setelah kering, baru bisa dipakai lagi deh. Pastinya aman dan nggak bikin was-was karena kuasnya kotor.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mencuci Kuas?


Menurut gw nih, semakin sering kalian menggunakan kuas kosmetik, semakin sering juga kalian membersihkannya. Misalnya, setiap hari kalian menggunakan kuas tersebut, artinya semakin sering juga partikel kosmetik, dan juga minyak wajah nempel di kuas kosmetik kita. Kalau sudah begitu, seminggu sekali waktu yang paling tepat untuk membersihkan kuas kosmetik kalian.

Saran sih kalian punya dua kuas kosmetik yang sama kegunaannya, jadi kalau salah satu dibersihkan, kalian masih punya kuas satunya. Kalau nggak punya, nggak apa-apa juga sih, gw juga nggak punya kok. Hehehe... Kalau sudah begitu, jangan paksakan pakai kosmetik dengan kuas yang masih basah ya, karena hasilnya malah kelihatan nggak bagus, dan bukannya jadi bersih, kuasnya malah semakin cepat kotor. 


Nah, itu dia tips ala gw untuk membersihkan kuas kosmetik. Menurut gw, selain mudah, nggak banyak keluar biaya juga, hehehe. Duitnya bisa buat beli kosmetik yang lain deh. 

Selamat mencoba :)

sharing is caring

You Might Also Like

12 comments

  1. waaah kebetulan banget. kuas makeup ku juga sudah kotor banget dan butuh dicuci. biasanya sih aku pake sabun mandi biasa. sejauh ini sih baik-baik aja. mungkin nanti nyoba pake sabun bayi kali ya biar lebih aman. thank infonyaa

    ReplyDelete
  2. Bener banget, aku pernah jerawatan parah karena kuas dan sponge makeup yg jarang aku bersihkan. Bolak balik nyari alasannya ternyata alat makeup yg kotor.
    btw selain pakai sabun bayi, bisa juga pakai sabun pembersih sponge yang di jual di daiso.Walau untuk sponge tapi bisa digunain juga di brush makeup. Harganya kalau dirupiah-in nggak nyampe 20rb. Bersih dan nggak terlalu banyak busa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus aku mulai cari Daiso, ternyata ada di sini, tapi website nya nggak nyantumin semua produk dan harganya, harus ke tokonya nih, hehe

      Delete
  3. Hahhaha, aku sering banget baca review yang karna kuasnya kotor wajah jadi jerawatan dll, oleh karena itu aku rutin cuci kuas maksimal 3 minggu sekali, tapi biasanya aku pake sabun mandi cair, oke deh besok coba pake sabun bayi hihhi, thks infonya.

    salam kenal, folback blogku jika berkenan, thks.
    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Mbak Ursula, iya hehehe... ternyata banyak dari kita yg "miss" masalah kebersihan kuas kosmetik, hihihi... Boleh dicoba kok pakai sabun bayi, kalau aku sih karena wanginya nggak nyegrak dan lembut Mbak, hihihi.

      Sudah di follback ya Mbak, salam kenal :)

      Delete
  4. terimakasih tipsnya mbak,,pas banget mau nyuci kuas lipstik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak Dian, terima kasih juga sudah mampir :)

      Delete
  5. thanks mbak for sharing :) aku suka males sih cuci makeup brush lol parah banget yak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi hi Mbak Nur ismaya, sama-sama :) Jangan lupa kebersihan makeup brush nya dijaga ya... biar tetep cantik paripurna :)

      Delete
  6. aku dulu pernah nyuci kuas kosmetik dan ternyata malah jadi bulukan dan kaku gitu. mungkin karena kuasnya yang murahan. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena waktu ngeringinnya posisinya nggak bener kali Mbak, hehehe... kalau habis cuci, ngeringinnya menghadap ke bawah. hehehe... Aku punya yg murahan dan masih bagus smpe sekarang mbak... :) smoga membantu :)

      Delete

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.