food

Resep: Tongseng Ayam

August 06, 2018




Keinget jaman masih kerja di lapangan. Kalau makan siang, selalu bareng sama salah satu sekretaris di department lain. Kita berdua emang hobinya kuliner siang-siang, panas terik. Walaupun si Mbak satu ini selalu ngeluh sama panasnya matahari yang menyengat. Maklum lah mahal perawatan.

Salah satu warung yang jadi favorit kita di tanggal gajian adalah warung makan yang suka nyediain tongseng kambing sama ayam bakar yang super duper enak.

Sayangnya memang kadang mereka nggak nyediain tongseng kambing, karena susah cari kambing sepertinya.

Jadi jarang banget kita bisa dapet tongseng kambing. Banter sih dapetnya juga ayam bakar. Sambalnya enak, plus warung makannya bersih pake banget. 

Setelah ada di Melbourne, mau bikin deh tongseng ini. Tapi karena gw nggak pernah lihat daging kambing, dan daging domba mahal pake banget*.

*Domba banyak di New Zealand ya sis, di sini sih ada, tapi nggak tau kenapa mahal banget.

Jadilah gw ganti pakai daging ayam aja. Murah meriah.

Bahan yang diperlukan juga nggak banyak-banyak amat kok.

Oh iya, sekali lagi, gw menyesuaikan bahan dengan apa yang bisa gw temui di supermarket langganan ya. 

Di resep ini gw buat dua versi, untuk memudahkan aja sih.

Ternyata tongseng ini adalah kulinari yang mengadaptasi dari gulai kambing loh. Katanya masakan ini adalah adaptasi dari gulai timur tengah yang dibawa oleh pedagang Arab jaman dulu (Sumber).











sharing is caring

You Might Also Like

0 comments

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.