food

Resep Indonesia: Mie Aceh

September 03, 2018




Sebenernya ini sih musim dingin kedua gw di Melbourne. Tapi nggak tau kenapa musim dingin kali ini gw rasa lebih parah dari tahun lalu. 

Kalau tahun lalu memang sih gw meriang-meriang nggak jelas gitu. Badan berasa demam, tapi tetep masih bisa jalan-jalan, nggak ada pusing, nggak ada bersin-bersin. 

Musim dingin kedua ini, nggak meriang sih, nggak demam, tapi PILEK.

Tiap bangun pagi, selalu bindeng lah, hidung mampet lah, bahkan sampe pernah di satu hari, umbel nya darah. Mungkin karena keseringan ngucek hidung kali ya. Kalau flu kan kadang hidung gatel tuh, jadi di kucek gitu, sekeras mungkin, hahaha.

Yaudah deh, berdarah.

Nah, karena sup-sup an ala bule ini gw nggak begitu suka, karena teksturnya creamy gitu, jadi gw jarang juga makan sup-sup an sini. Paling enak makan ramen kuah kan, atau yang kuah-kuah ngepul ala soto gitu deh.

Karena, udah beberapa kali bikin soto, dan sudah lama nggak masak yang pedes sekaligus anget, jadi lah minggu ini niatnya bikin mie aceh. Pedes terus anget deh di badan. 

Baca Juga: Resep Soto Betawi

Awalnya sih sempet nggak jadi, karena biasanya kan hari Minggu adalah hari masakan Indonesia di rumah, tapi bertepatan sama hari Ayah. Anak perempuannya Mas Bojo awalnya mau bikin makan malam di rumah, jadilah gw simpen lagi semua bahan-bahan buat bikin Mie Aceh ini.

Eh, ternyata, pas jam 4 sore terus bilang, nggak jadi, keluarin lagi deh bahan-bahannya. 

Oh iya, karena di sini bumbu kari ala Aceh nggak ada, jadinya pakai bumbu kari yang biasa di jual di supermarket sini. Kata Mas Bojo sih nggak berasa India kari kok. 

Terus karena gw masukkin daging kepitingnya barengan sama udang, jadi nggak kerasa di akhir. Saran gw sih, kalau mau masukkin daging kepiting olahan seperti gw (surimi), dimasukkinnya akhir-akhir aja, biar kerasa. 

Kalau di Indonesia, mie yang dipakai sih disarankan mie kuning (mie celor), terus yang gemuk-gemuk. Nah kalau di sini, karena nggak nemu, seharusnya sih di supermarket yang biasa gw datengin tetiba nggak ada stock mie hokkien (mirip-mirip lah sama mie kuning yang dipakai), karena nggak ada, pakenya yang tipis deh. 

Ini dia resepnya:







sharing is caring

You Might Also Like

0 comments

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.