life

Lapor Diri ke Konsulat Jenderal Indonesia Dulu

November 09, 2018




CLICK HERE FOR ENGLISH VERSION

Kok baru lapor diri sih Mbak?

Iya nih, baru tau. Seriusan. Setelah dua tahun tinggal di sini, baru tau kalau harus lapor diri. Hahaha. Parah ya. Enggak juga lah, yang penting kan ada niat buat lapor diri, dan menurut gw sih memudahkan juga. 

Menurut gw lagi, kenapa gw memutuskan untuk lapor diri, biar mempermudah aja. Karena bagaimanapun gw masih tetap warga negara Indonesia. Nggak lucu aja gitu, ikut pemilu, ganti passport, bikin visa, tapi nggak tercantum sebagai warga yang tinggal di luar negeri di konsulat.

Selain itu, mempermudah konsulat juga untuk menghubungi saudara di Indonesia kalau misalnya ada apa-apa. Dan mempermudah konsulat berkomunikasi juga dengan gw ataupun dengan keluarga gw di Indonesia. 

Ya menurut gw sih penting aja gitu. 

Terlepas dari pertanyaan mas Bojo yang selalu menganggap buat apa, toh saat daftar visa sudah seharusnya kedaftar di Immigrasi Indonesia, dan seharusnya nge-link lah sama urusan kependudukan yang lainnya. 

Tetep ajalah ya, kita nggak tau beneran langsung terkoneksi apa enggak, toh ya sudah ditulis ada kewajiban buat lapor diri kok di website nya. Walaupun di UU nya tertulis wajib, di website konsulat nya sih ditulis "sebaiknya". Yah baiklah, daripada gw harus bayar sejeti cuma gegara nggak lapor diri, mending lapor diri aja, gratis ini. 

Dokumen yang Dibawa


the requirement for reporting yourself at Indonesian Consulate if you are Indonesian citizen

Nah, jadi lapor dirinya sebenernya nggak susah kok. En nggak belibet juga. Kemarin sih gw sudah siapin semuanya, jadi nggak sampe 15 menit udah keluar dari konsulat. 

Formulirnya bisa di unduh di SINI. Tapi ada baiknya sih untuk selalu cek website nya, siapa tau formulirnya berubah. Siapa tau link yang gw kasih sudah expired beberapa tahun ke depan. 

Kalau kalian cuma masyarakat biasa seperti gw, cukup bawa passport, form, fotokopi passport, fotokopi bukti alamat tinggal di Australia, fotokopi bukti visa (yang  bisa diunduh di VEVO, tinggal print aja) sama photo passport.

Kalau sudah ada semua itu, tinggal dateng, serahin, nggak pake lama. Lamanya cuma nunggu antrian. Tapi keliatannya nggak lama juga sih. 

Perhatikan jam kerjanya ya 


Biasanya buat kita yang lapor diri, atau pengen urus visa, atau passport, dikasih waktunya di jam pagi hari. 

Nah, waktu lapor diri, setelah nyerahin semua dokumen, konsulat juga minta passport yang asli. Jadi kita dikasih bukti (semacam nota pembayaran) di situ tertulis tanggal dan waktu kalian bisa ambil kembali passport kalian.

Gw cuma butuh seminggu untuk dateng lagi ke konsulat. Jadi, balik lagi ke konsulat seminggu kemudian buat ambil passport.

Harus diambil lah ya passport. Kan gantinya KTP. Kalau ada apa-apa juga gampang identitasnya. 

Tapi di website konsulat semuanya jelas kok, mulai dari lapor diri, sampai ganti passport, sampai yang lainnya. Termasuk jam layanan kerja. 


Setelah Lapor Diri

Setelah dateng untuk serahin dokumen lapor diri, dan passport dipinjem konsulat selama seminggu. Minggu depan, sesuai dengan tanggal di bukti tanda terimanya, gw dateng lagi. Ya untuk ambil passportnya dong.

stamp from Indonesian Consulate for my present address in Australia

Di passport gw cuma dikasih keterangan tempat tinggal gw, dan dikasih cap konsulat. 

Udah gitu aja. Tapi yang pasti sih bikin aman dan nyaman hati aja. Toh mereka minta nomor telepon dan email gw. Jadi, bisa aja suatu waktu gw dikasih informasi ini itu. Namanya juga masih warga negara Indonesia kan ya.



Jadi kalau ada pertanyaan, kekira harus lapor diri apa enggak padahal cuma berwisata. Balik lagi ke kewajiban lapor dirinya. Di website nya konsulat sudah ditulis "setiap WNI yang berada di luar negeri sebaiknya melaporkan keberadaan dirinya kepada Perwakilan RI setempat apabila tinggal lebih dari 1 (satu) bulan di negara yang dikunjungi. 

Pokoknya kalau ke Victoria (state nya Melbourne) lebih dari sebulan, mau apapun itu alasannya, memang disarankan untuk lapor diri. Gratis kok. 


sharing is caring

You Might Also Like

0 comments

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.