food

Resep Indonesia: Sate Madura

November 19, 2018




CLICK HERE FOR ENGLISH VERSION

Pokoknya kalau untuk urusan kangen masakan Indonesia, yang dikangenin malah jajanannya. Seperti sate Madura ini.

Inget banget jaman dulu, waktu masih kecil (dan dunia masih indah-indahnya, nggak perlu mikirin hidup), tiap malem banyak banget jajanan lalu lalang di depan rumah ataupun "ngetem" di depan komplek rumah.

Pokoknya kalau sudah sore hari, itu waktunya kang bakso lalu lalang depan rumah. Sampai punya dua rombong bakso langganan. 

Sampai rombong baksonya gantiang ngetem di depan rumah. Soalnya kalau beli nggak pernah pakai mangkok mamang nya, pakainya mangkok sendiri. Kenapa, karena kalau mangkok sendiri lebih gede, lebih puas. Sekali beli minimal dua mangkok. Mamang baksonya mah seneng-seneng aja kalau nyokap borong.

Kalau malam, lebih beragam lagi.

Agak malam yang keliling biasanya tukang mie goreng. Jam 10 ke atas baru tukang sate lewat. Dulu yang punya rombong cuma satu, tapi rombongnya sampai 20 lebih. Mungkin karena nggak banyak sate Madura enak kali ya. 


Nah.
Di sini ada banget sate. Tapi, ya jelas beda lah ya untuk bumbunya.

Makanya tetiba pengen banget bikin sate ayam Madura ini.

Beberapa bulan yang lalu pernah bikin sate lilit Bali & Sate Padang loh. Sekarang cecoba deh sama makanan yang dulu jadi idola banget kalau laper tengah malam.

Bahannya pun ternyata nggak ribet, dan gampang banget di dapetin di supermarket sini.

Gw pakainya dada ayam karena di sini pilihannya kalau nggak ayam utuh, ya harus milih antara dada ayam, paha ayam, atau sayap ayam. Leher ayam, ada, tapi kan nggak ada dagingnya.

Selain itu, gw belum punya bakaran. Dan kalau bakar di dalam rumah agak khawatir juga, kan asepnya banyak tuh kalau bakar sate, bisa trigger smoke alarm ntar. Jadilah pakainya oven aja.

Walaupun pakai oven, rasanya sama enaknya kok. Yang penting bumbu satenya dibalurin ke seluruh daging ayam, terus kalau sudah 15-20 menitan, kalau mau, satenya di balik, terus di panggang lagi di oven selama 15-20 menit.

Kalau gw nggak pakai di balik sih. Hehehe... Rasanya juga sama enaknya kok.

Tinggal sajikan sama lontong, dan sambal kecap aja. Gw juga pakai potongan kubis dan mentimun, cuma karena pengen ada sayurannya aja sih. Hehehe.

Tips: Setelah membaluri daging ayam dengan saus kacang. Panaskan kembali saus kacang dengan kembali meletakkan ke atas kompor dengan api kecil. Jadi saat menyajikan, saus kacang masih hangat. 



 



sharing is caring

You Might Also Like

0 comments

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.