entertainment

30 Days Blogging Challenge || Day 16: Toughts on Education

May 29, 2018



CLICK HERE FOR ENGLISH VERSION


PENTING BANGET!!!!

Yap, pake huruf gede semua. Karena menurut gw pendidikan itu amat sangat penting. Karena menurut gw, pendidikan itu nggak cuma ngajarin aljabar (yang akhirnya nggak kepakai), tapi banyak hal. 

Bagaimana pendidikan memberikan jalan terhadap mimpi-mimpi membangun diri jadi lebih baik. Punya pemahaman akan diri sendiri, dan sekitarnya. 

Bukan saatnya lagi punya pemikiran, sebagai perempuan "akhirnya cuma jadi istri" saja. 

Maksud gw, sudah berapa banyak dari kita semua yang punya pemikiran nggak apa-apa sih jadi istri orang, tapi untuk aktualisasi diri, gw bisa mengeksplor batasan gw sampai mana dengan pendidikan. Atau pasangan kita yang punya pemikiran yang sama?

Kalau gw nggak kuliah, mungkin gw bakalan bernasib sama seperti beberapa perempuan di keluarga gw, yang kebakaran jenggot waktu berusia 20-an tapi belum punya pasangan. Atau nggak punya alasan untuk mengatakan "nggak Ma, aku belum mau nikah, karena...."

Bukan berarti nikah di usia 20-an itu jelek. Beberapa temen gw juga udah nikah di usia 20. As long as itu pilihan mereka dengan sadar. Dan tau segala macam konsekuensi-nya.

Gw rasa, sebagai perempuan, kita harus bisa membekali diri dengan sebanyak-banyaknya pengetahuan. Bukan, bukan untuk akhirnya merendahkan atau menginjak-injak sesama perempuan atau pasangan kita. Tapi lebih kepada betapa beruntungnya jika kita memiliki pengetahuan lebih untuk diri kita yang bisa berguna untuk kita, pasangan, anak-anak, dan juga orang sekitar kita. 

Salah satu alasan gw kenapa akhirnya gw "belok" punya pasangan ke bule. Suatu hari waktu gw mengutarakan pengen lanjut S2, Mas Bojo langsung bilang "wow!! it's a great thing. If you think you can achieve it, go do it.

Yaps, mungkin beberapa dari Mbak dan Mas di sini bakalan bilang, lha gw juga bakalan ngomong gitu keles. Tapi berapa banyak? Dan seberapa tulus? Hehehe...

Keliatannya pesimis banget Mbak sama Laki Indo? 

Hehehe... Yah, sedikit sih, soalnya selama ini laki-laki yang mendukung gw untuk lanjut kuliah itu cuma bokap sama Mas Bojo. Dan tanpa embel-embel apa-apa. Seperti "boleh, tapi keluarga lebih penting." atau "boleh, tapi inget, anak-anak lebih penting." atau sejenisnya. 

Apalagi kalau misalnya mau belajar kemana mana. Mendapatkan ilmu dari berbagai macam sumber pendidikan juga bikin kita makin menyadari potensi diri kan? 

Buat gw, gw lahir di dunia ini punya misi, yang paling penting adalah misi untuk menggali diri sendiri seberapa besar keinginan gw untuk menjadi diri gw sendiri. Bukan gw yang dibentuk oleh orang-orang sekitar gw. 

sharing is caring

You Might Also Like

0 comments

Thank you for visiting my blog. Please leave your comment here, but apologize, any spams will go to bin immediately.